Tarif Grab Malaysia Naik Karena Kebijakan Linsensi Khusus dari Pemerintah

Tarif Grab Malaysia sudah dinaikkan oleh raksasa Raid highlight sebagai peluang khusus dari adanya salah satu kebijakan di negara Malaysia tersebut. Belum lama ini pemerintah Malaysia telah mewajibkan untuk semua mitra pengemudi transportasi online harus memiliki lisensi khusus sehingga membuat biaya yang dikeluarkan pun juga lebih banyak.

Dalam hal ini pihak Grab meminta adanya pengertian dari pengguna jika mengalami waktu tunggu yang cukup lama karena kesulitan untuk mendapatkan driver dan bahkan dari Grab sendiri juga memberikan saran pada pengguna untuk melakukan pemesanan kendaraan melalui aplikasi lebih awal. Hal ini dikarenakan kenaikan tarif Grab yang ada di negara Malaysia ini memang cenderung lebih mahal karena setiap mitra driver juga harus memiliki lisensi khusus.

Tarif Grab Malaysia Naik Karena Kebijakan Linsensi Khusus dari Pemerintah

1. Penerapan Tarif Grab Malaysia yang Berubah-Ubah

Di negara Malaysia sendiri penggunaan Grab cenderung menerapkan tarif yang sangat dinamis ataupun berubah-ubah. Dengan demikian pihak Grab juga memberikan saran kepada penggunanya untuk menghindari pemesanan layanan pada jam-jam sibuk seperti ini hanya 7 pagi sampai 9 pagi serta 5 sore sampai 8 malam.

Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Malaysia ini hanya akan mempengaruhi layanan mobil panggilan seperti halnya GrabCar, Grabcar plus, JustGrab, ataupun GrabCar premium. Dari pihak kementerian transportasi Malaysia sudah mengingatkan pada semua mitra pengemudi ataupun driver Grab supaya segera mempunyai lisensi PSV atau public service vehicle, dan biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan lisensi ini sebesar 15 Ringgit Malaysia atau kisaran Rp 392.000 setiap tahunnya.

2. Tarif Grab Malaysia pada Semua Layanan Terbaru

Kebijakan terkait kenaikan biaya layanan pada Grab yang ada di Malaysia ini sebenarnya hanya mempengaruhi beberapa layanan mobil panggilan saja. Dengan demikian untuk para pengguna layanan Grab selain pengguna jenis layanan mobil panggilan tersebut tentunya masih bisa mendapatkan tarif layanan yang sama dan terbilang tidak terlalu mahal.

Bagi kamu yang ingin mengetahui tarif Grab Malaysia bisa menyimak daftar tarif di bawah ini:

No Keterangan Tarif Grab di Malaysia:
1.   Base Fare RM 1.00
2.  Per KM RM 0.70 – 0.95
3.  Per Min RM 0.20 – 0.30
4.  Min Fare RM 5.00
5.  KLIA/KLIA 2 Fare RM 65.00

3. Syarat dan Ketentuan Tarif Grab Malaysia

Ketentuan yang diterapkan pada tarif Grab yang ada di Malaysia dan di Indonesia tentunya cukup berbeda. Adapun untuk syarat dan ketentuan yang diterapkan pada penetapan tarif Grab yang ada di Malaysia sebagai berikut:

• Biaya tol tidak masuk ke dalam perkiraan tarif yang telah disebutkan di atas
• Semua tarif yang dikenakan memiliki harga yang cukup fleksibel karena dari pihak pemerintah Malaysia pun juga menerapkan penawaran hingga batas durasi tertentu pada setiap wilayah yang ada di Malaysia.
• Hal ini berbeda dengan tarif Grab yang ada di Indonesia, bahkan hampir semua biaya Grab yang ada di Malaysia ini menggunakan sistem dinamis atau berubah-ubah. Pihak Grab Malaysia pun juga memberikan saran kepada setiap pengguna Grab supaya bisa menghindari pemesanan pada jam-jam sibuk.

4. Persyaratan Sebagai Driver Grab

Tarif Grab Malaysia memang cenderung lebih mahal dengan adanya kebijakan yang dilayangkan oleh pemerintah Malaysia, demikian dari pihak driver Grab juga harus memenuhi beberapa persyaratan lain supaya bisa tetap menjalankan profesinya ini. Travel Grab harus memenuhi persyaratan lain berupa kendaraan harus lurus pengecekan dari computerised vehicle inspection center Malaysia atau Puspakom, membeli asuransi tambahan pada kendaraan, lulus tes kesehatan serta melengkapi kendaraan dengan adanya peralatan keselamatan termasuk dengan adanya alat pemadam kebakaran.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Sementara itu untuk perkiraan total biaya yang harus dikeluarkan pada driver Grab guna memenuhi semua pernyataan tersebut bisa mencapai 800 Ringgit atau setara dengan nilai 2,7 juta. Asosiasi ride hailing Malaysia juga telah memperkirakan pasti akan ada pengurangan jumlah driver Grab secara signifikan karena adanya kebijakan pemerintah Malaysia ini dan bahkan tarif juga diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga 50% namun tergantung dari permintaan, penawaran serta waktu pemesanan.

5. Layanan Aplikasi Grab

1. GrabCar

GrabCar merupakan salah satu layanan yang mengedepankan adanya rasa kenyamanan dan aman ketika bepergian menggunakan mobil. Kan itu layanan yang satu ini juga menjamin kendaraan dalam kondisi yang sangat bersih dan prima, serta dari pihak mitra pengemudinya pun sudah mendapat pelatihan secara khusus bagaimana cara untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap penumpangnya.

2. Grabbike

Pilihan untuk penggunaan GrabBike ini sangat cocok bagi mereka yang tidak menyukai terjebak kemacetan ketika jam-jam sibuk ingin pergi ke kantor terlebih di kawasan kota-kota besar. Layanan yang dihadirkan oleh Grab ini sudah diklaim bisa membawa konsumen untuk menerjang kemacetan akan tetapi juga tetap mengutamakan dari segi keselamatan serta kenyamanan bagi penumpang itu sendiri.

3. GrabTaxi

Salah satu layanan berkendara yang dihadirkan oleh Grab dan layanan ini telah mengawali berdirinya Grab sejak tahun 2012 lalu. Berawal dari nama MyTeksi yang ada di Malaysia, sekarang ini justru Grab sudah melakukan ekspansi dengan meluaskan jangkauannya pada 8 negara yang ada di kawasan Asia tenggara.

4. GrabFood

layanan yang saat ini tengah menjadi salah satu favorit bagi banyak orang khususnya di negara Indonesia. Layanan GrabFood yang dihadirkan oleh Grab ini menjadi penyelamat ketika haus ataupun lapar menyerang namun pembeli tidak ingin keluar rumah sehingga bisa melakukan pemesanan makanan ataupun minuman melalui layanan GrabFood ini.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Bahkan sampai sekarang keberadaan layanan GrabFood sendiri sudah melakukan kerjasama dengan berbagai merchant, cafe, restoran ataupun warung sehingga memberikan banyak pilihan menu pada pembeli. Adanya layanan GrabFood ini memberikan banyak kemudahan bagi pembeli karena tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan makanan sesuai keinginannya.

5. Grab Express

Kehadiran dari Grab Express cenderung baru sebagai layanan yang dapat dipilih oleh kalangan masyarakat ketika ingin mengirimkan sebuah paket ataupun barang akan tetapi tidak memiliki waktu luang untuk mengirimkannya sendiri. Layanan dari Grab Express ini dapat membantu untuk mengirimkan dokumen ataupun barang kapan saja dan menariknya dari layanan yang satu ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pelacakan hingga tiba ke alamat tujuan serta setiap pengiriman otomatis akan diasuransikan oleh Grab.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait tarif Grab Malaysia yang mengalami kenaikan karena adanya kebijakan dari pemerintah Malaysia mengenai lisensi khusus sebagai driver ojek online. Biaya yang mahal untuk mendapatkan sebuah lisensi membuat para driver banyak yang mengundurkan diri dan ini berdampak pada kenaikan tarif Grab yang ada di negara Malaysia.