Cara Mudah untuk Membuat QRIS Dana dan Syaratnya

QRIS Dana telah ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai QR tunggal untuk mendukung transaksi pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran digital. Dalam hal ini pengguna cukup membutuhkan satu QRIS saja untuk mendukung kegiatan pembayaran memanfaatkan aplikasi pembayaran digital pilihan dari masing-masing pengguna.

Salah satunya aplikasi pembayaran digital Dana yang memberikan dukungan penuh untuk melancarkan kegiatan transaksi pembayaran. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menggunakan banyak aplikasi yang bisa mendukung proses pembayaran QRIS.

Cara membuat QRIS Dana

Cara Mudah untuk Membuat QRIS Dana dan Syaratnya

QRIS merupakan sebuah metode pembayaran yang dilakukan secara non tunai yang telah dikembangkan oleh Bank Indonesia dengan asosiasi sistem pembayaran Indonesia. Pada jenis metode pembayaran yang satu ini dapat dilakukan dengan cara scan QR code yang telah disediakan oleh penjual.

Baca juga artikel tentang QRIS lainnya di Blog Transfez

Mengenal Apa Itu QRIS, Tujuan dan Manfaat Penggunaannya
Karakteristik QRIS Bank Indonesia sebagai Metode Pembayaran
Apa Itu QRIS Bank Mandiri dan Cara untuk Mengunakannya
Alasan Penggunaan QRIS Bank Nobu dan Fitur yang Ditawarkan

Bahkan sekarang ini untuk penggunaan QRIS juga sudah didukung oleh beberapa bank nasional hingga dompet digital untuk memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran. Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk pembuatan QRIS menggunakan dompet digital Dana sebagai berikut:

1. Memilih menu lihat semua

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mendaftar QRIS dari aplikasi Dana ini maka silahkan masuk terlebih dahulu pada aplikasi Dana yang ada di ponsel milik kamu. Pada saat kamu sudah berhasil masuk pada aplikasi Dana dan berada di halaman utama maka lanjutkan dengan memilih menu lihat semua dengan icon titik empat.

2. Pilih Dana bisnis

Pada langkah berikutnya yang harus kamu lakukan untuk proses pendaftaran QRIS melalui aplikasi Dana ini maka kamu akan diarahkan pada halaman baru setelah memilih menu lihat semua. Di tahapan yang satu ini silahkan kamu mencari menu Dana bisnis yang ada di halaman aplikasi Dana tersebut.

Jika ternyata di bagian atas tersebut kamu tidak melihat adanya menu Dana bisnis. Maka silakan kamu melanjutkan proses ini dengan scroll down hingga menemukan menu Dana bisnis yang berada di bagian kategori keuangan.

3. Pilih daftar sekarang

Pada saat kamu sudah memilih menu Dana bisnis yang ada di kategori keuangan tersebut. Maka langkah berikutnya kamu akan diarahkan ke halaman baru yang nantinya bisa membantu kamu untuk pendaftaran QRIS Dana.

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan pada proses ini yaitu tinggal memilih menu daftar sekarang. Tombol menu daftar sekarang ini terletak di bagian paling bawah yang nantinya bisa mengarahkan kamu untuk proses pendaftaran QRIS di aplikasi Dana.

4. Mengisi profil bisnis

Setelah kamu sudah klik menu pendaftaran tersebut maka sistem akan meminta kamu untuk melakukan pengisian profile bisnis. Dalam hal ini kelengkapan yang diminta oleh sistem seperti halnya nama bisnis, jenis bisnis, jam operasional dari bisnis yang dilakukan hingga apa saja produk jual yang ditawarkan.

Pastikanlah kamu memasukkan informasi data dengan benar supaya sistem lebih mudah untuk mengenali dan memprosesnya. Jika semua data yang kamu masukkan tersebut sudah lengkap dan benar maka silakan pilih menu lanjutkan yang ada di bagian bawah dari form pengisian data tersebut.

5. Mengisi lokasi bisnis

Pada langkah berikutnya untuk proses pendaftaran QRIS Dana, maka kamu akan diminta oleh aplikasi Dana untuk melakukan pengisian informasi lokasi bisnis. Di tahapan yang satu ini silahkan kamu memasukkan informasi lokasi bisnis dengan benar mulai dari alamat lengkap, provinsi, kabupaten, Kecamatan hingga kode pos.

Sebelum kamu melanjutkan ke tahapan berikutnya maka lakukan pengecekan terlebih dahulu bahwasanya alamat lokasi bisnis tersebut sudah benar. Jika semua informasi tersebut sudah benar maka bisa melanjutkan dengan klik tombol lanjutkan yang ada di bagian bawah.

6. Konfirmasi pendaftaran QRIS Dana

Pada langkah yang satu ini akan muncul berupa halaman konfirmasi. Dengan demikian kamu bisa melakukan pemeriksaan kembali terhadap data profile bisnis serta keberadaan lokasi yang sebelumnya kamu sudah isi dengan.

Pastikanlah dari semua data yang telah kamu isikan tersebut sudah benar supaya bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. Jika memang kamu sudah yakin bahwasanya data tersebut sudah benar maka pilihlah tombol konfirmasi di bagian bawah.

7. Membuat kode QRIS

Selanjutnya dari pihak apa aplikasi Dana akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap semua data yang sudah kamu masukkan dengan benar dan lengkap tersebut. Jika dalam proses verifikasi tersebut sudah berhasil dilakukan maka tentunya kamu bisa membuat kode QRIS untuk aplikasi Dana dalam menunjang kegiatan transaksi pembayaran yang lebih mudah dan cepat.

8. Kode QRIS akan disiapkan

Ketika kamu sudah berhasil dalam proses pembuatan kode QRIS melalui aplikasi Dana. Maka tentunya hasil dari kode QRIS yang telah kamu dapatkan sebelumnya sudah siap untuk digunakan dalam mendukung kegiatan transaksi pembayaran.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Dalam hal ini kamu bisa membagikan kode QRIS tersebut ataupun mengunduh kode dalam bentuk PDF yang nantinya bisa di print. Dengan demikian kamu bisa memanfaatkan kode QRIS tersebut dalam menunjang kegiatan transaksi.

Syarat untuk membuat QRIS di aplikasi Dana

Sebelum kamu bisa membuat QRIS di aplikasi Dana maka terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, syarat utama dalam pembuatan QRIS yaitu upgrade akun yang kamu gunakan tersebut menjadi premium dan melakukan pendaftaran akun bisnis.

Sementara itu syarat yang dibutuhkan dalam upgrade akun aplikasi Dana menjadi premium yaitu berupa foto KTP dan foto selfie, sehingga harus memastikan bahwasanya foto tersebut tampak jelas.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Dengan demikian akan lebih mudah dalam menjalankan proses verifikasi data yang nantinya bisa diproses dengan cepat dan berhasil untuk digunakan. Hal ini dikarenakan dalam beberapa hal terdapat masalah kegagalan ketika melakukan upgrade akun Dana menjadi premium yang ditimbulkan pada kesalahan upload foto KTP karena tidak terlalu jelas dari segi pencahayaan ataupun kondisi KTP yang sudah rusak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendaftar QRIS Dana melalui aplikasi. Dalam melakukan pendaftaran harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh aplikasi Dana supaya bisa membuat kode QR.