profil halimah yacoba presiden singapura

Profil Halimah Yacoba presiden Singapura yang sekarang ini banyak diperbincangkan oleh dunia dengan semua kisah dan perjalanannya hingga bisa sampai ke tahapan menjadi presiden Singapura.

Halimah Yacoba telah menjadi presiden Singapura tanpa pemungutan suara, Hal ini dikarenakan Halimah yacob dianggap sebagai kandidat yang layak untuk menempati posisi sebagai presiden Singapura.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Tidak heran jika Halimah Yacob dikenal oleh banyak orang dan menjadi Wanita pertama kalinya sebagai presiden ke 8 negara Singapura.

Fakta menarik Profil Halimah Yacoba Presiden Singapura

profil halimah yacoba presiden singapura

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai profil dari Halimah Yacob sebagai presiden Singapura kedelapan. Maka kamu kamu harus mengetahui fakta menarik tentang Halimah Yacob yang pernah diancam oleh pendukung ISIS.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

Inilah beberapa fakta menarik yang dapat diketahui oleh masyarakat umum tentang profil Halimah Yacob yang pernah menjabat presiden Singapura ke 8:

1. Mencetak Sejarah di Singapura

Halimah Yacob tidak hanya menjadi wanita pertama nama yang menduduki jabatan sebagai presiden Singapura akan tetapi ia juga menjadi muslim pertama yang telah dipilih karena memang dianggap sangat layak dibandingkan 4 kandidat yang lainnya. Wanita yang berusia 65 tahun ini bahkan pernah menjadi pemimpin Singapura pertama dari etnis Melayu selama 47 tahun terakhir.

Hal inilah yang membuat Halimah Yacob meraup sejumlah prestasi penghargaan yang diakui oleh masyarakatnya sendiri dan bahkan negara. Sejarah ini membuat Halimah Yacob sangat dikenal dan tidak akan dilupakan sepanjang sejarah Singapura.

2. Dibesarkan Sejak Kecil Oleh Ibunya

Halimah Yacob lahir di Queen Street Singapura pada tanggal 23 Agustus 1954 dan ayah Halimah Yacob merupakan seorang muslim yang berasal dari keturunan India yang bekerja sebagai penjaga keamanan. Akan tetapi sayangnya Halimah Yacob tidak bisa bersama dengan ayahnya karena sang ayah telah meninggal dunia pada saat usia Halimah masih 8 tahun.

Sejak saat itulah Halimah Yacob di besarkan sendiri oleh sang ibu sebagai seorang yang berasal dari keturunan etnis Melayu bernama Abdullah. Halimah sendiri merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara dan menjadi anak perempuan satu-satunya karena keempat kakaknya adalah laki-laki.

3. Sejak Kecil Membantu Ibunya Berjualan

Profil Halimah Yacoba presiden Singapura pada saat masih kecil ibunya Halimah Yacob berjualan nasi padang. Maka dari itu Halimah Yacob membantu sang Ibu berjualan nasi padang dan Halimah mengaku seringkali bolos sekolah dan ia juga sering membantu ibunya mencuci piring, membersihkan meja dan bahkan melayani pembeli yang datang untuk beli nasi padang milik ibunya.

karena Halimah Yakob kerap membolos di sekolah dengan alasan membantu ibunya membuat Halimah harus dikeluarkan dari sekolah di Singapore Chinese Girl School. Di sekolah inilah Halimah Yacob bersekolah dan dia jadi kaum minoritas pada saat itu karena sekolah ini merupakan sekolah khusus untuk warga keturunan Cina.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

4. Halimah Yacob Pernah Diancam untuk Dibunuh Oleh Pendukung ISIS

Profil Halimah Yacoba Presiden Singapura pada tahun 2017 tempat mendapatkan ancaman pembunuhan dari seorang remaja yang berusia 15 tahun dan hal ini ini telah disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Singapura bahwa pelajar tersebut menduduki sekolah menengah dan memposting gambar Halimah Yacob di sosial media dan meminta ISIS untuk membunuh Halimah Yacob dengan cara memenggal kepalanya.

Pada saat itu Halimah Yacob Memang baru terpilih menjadi presiden Singapura dan remaja berusia 15 tahun tersebut memberikan anggapan bahwa negaranya sebagai negara kafir.

Menurut pernyataan yang pernah beredar di mata seorang remaja tersebut, ISIS merupakan kelompok kuat yang berjuang demi menjunjung agama Islam dan menggunakan kekerasan dan terhadap semua lawannya untuk sebuah keadilan, mengingat anak tersebut masih dibawah umur maka dari itu hanya diberikan konseling agama dan tidak mendapat hukuman namun tetap saja tidak mengalami perubahan.

Di tahun 2020 remaja yang saat itu berusia 17 tahun ditahan, akan tetapi remaja tersebut tetap mendapatkan haknya sebagai pelajar untuk bisa belajar dan bertemu dengan orang tuanya, Namun harus mengikuti program rehabilitasi holistik seperti halnya Psikologi dan konseling agama.

5. Perjalanan Politik Halimah Yacob

Profil Halimah Yacoba Presiden Singapura sebelum ia terjun di dunia politik, Halimah pernah menjadi wakil sekretaris jenderal di Kongres Serikat Perdagangan Nasional atau NTUC dan ia sebagai lulusan hukum di University of Singapore ini kemudian memutuskan untuk terjun di dunia politik atas dorongan dari mantan Perdana Menteri Singapura Goh Chong Tong.

Hingga pada akhirnya Halimah Yacob mencalonkan dirinya sebagai anggota parlemen memenangkan empat pemilu sejak tahun 2001 dan di tahun 2011 ia ditunjuk sebagai Menteri negara di Kementerian Pengembangan Masyarakat, Urusan Pemuda dan Olahraga Singapura.

Perjalanan karir di dunia politik Halimah Yacob terus berjalan dan di tahun 2013 setelah mencetak sejarah karena Halimah Yacob menduduki jabatan ketua parlemen Singapura yang ditunjuk oleh partai aksi rakyat atau PAP.

Setelah 4 tahun menjabat kini profil Halimah Yacob presiden Singapura ini mengundurkan diri pada tahun 2017 tas dan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden.

6. Kehidupan Pribadi

Halimah Yacob menikah dengan Muhammad Abdullah Albabshee sebagai seorang pensiunan dari keturunan Arab. Dari pernikahannya ini Halimah Yacob memiliki 5 anak dan Ia merupakan seorang muslim.

Halimah Yacob dan keluarganya tinggal di dupleks HDB publik di Yishun. Tempat tinggalnya ini terdiri dari satu 5 kamar rata dan juga Satu 4 kamar rata bergabung menjadi satu dengan menghancurkan inding bagian Tengah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai profil Halimah Yacoba presiden Singapura yang memiliki perjalanan kehidupan yang panjang dan menjadi pengalaman hidup dari Halimah Yacob. Hingga pada akhirnya ia bisa membuktikan dirinya di dunia politik khususnya sebagai presiden Singapura

Instagram