Pengertian Pinjaman Bank Tanpa Jaminan

Pinjaman bank tanpa jaminan merupakan salah satu produk pinjaman yang sangat diminati oleh masyarakat. Jenis yang kerap disebut sebagai KTA atau Kredit Tanpa Agunan ini begitu disukai karena nasabah dapat meminjam uang dengan cepat tanpa perlu menyetorkan jaminan barang apapun.

Walaupun terlihat menyenangkan dan, namun setiap nasabah perlu memahami dulu seperti apa konsep dari pinjaman bank tanpa jaminan tersebut. Oleh sebab itu, kita simak dulu pengertiannya hingga berbagai persyaratannya sebagai berikut.

Pengertian Pinjaman Bank Tanpa Jaminan

Pinjaman bank tanpa jaminan atau sering juga disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pengajuan pinjaman dana tanpa menggunakan sebuah jaminan barang. KTA juga menjadi salah satu layanan kredit yang dikeluarkan oleh beberapa bank di Indonesia kepada nasabah. Pinjaman Bank tanpa pinjaman ini memiliki proses pengajuan yang lebih mudah.

Dokumen syarat pengajuan yang diminta juga biasanya tidak banyak. Proses pengajuan pinjaman ini bahkan sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis-jenis kredit lain. KTA akan cocok untuk kamu yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Meskipun begitu, ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi nasabah.

Nasabah akan dinilai terlebih dahulu berdasarkan riwayat kredit.Biasanya riwayat tersebut akan dilihat dari kredit lain seperti KPR, mobil, motor, hingga pinjaman online. KTA sendiri juga bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan yang bermanfaat. Sebab, saat ini jumlah pinjaman yang ditawarkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Pengertian Pinjaman Bank Tanpa Jaminan Hingga Persyaratannya

Jenis-Jenis Pinjaman Bank Tanpa Jaminan

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada lima jenis pinjaman bank tanpa jaminan yang populer di masyarakat. Beberapa jenis tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

KTA Dana Cepat

Produk pinjaman bank tanpa jaminan pertama ini bisa cair dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam waktu kurang dari satu minggu saja. KTA Dana Cepat ini sangat cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan dana bersifat mendesak.

Kamu juga bisa mendapatkan pencairan dana dalam jumlah besar. Dengan begitu, kamu bisa gunakan uangnya untuk berbagai macam keperluan pembiayaan.

KTA Tenor Panjang

Sesuai dengan namanya, jenis pinjaman bank tanpa jaminan ini menawarkan jangka waktu pelunasan atau tenor yang cukup lama. Dengan begitu, dana cicilan yang kamu keluarkan pun tergolong ringan.

KTA tenor panjang yang beredar saat ini tersedia dari 1 hingga 3 tahun. Produk pinjaman bank tanpa jaminan ini sangat cocok untuk para nasabah yang butuh jumlah pinjaman besar dengan pengembalian lebih lama.

Selain itu, pinjaman dengan tenor lama juga sangat cocok untuk kamu yang mengajukan pinjaman modal usaha. Seperti kita ketahui, pinjaman modal biasanya diajukan dalam jumlah yang besar.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

KTA Early Payment Fee

Selanjutnya ada KTA Early Payment Fee yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat. Pinjaman bank tanpa jaminan ini merupakan jenis pinjaman yang pelunasannya lebih dipercepat.

Dipercepat yang dimaksud bukan berarti harus membayar sesegera mungkin. Akan tetapi, ada keistimewaan yang bisa diperoleh jika membayar lebih cepat. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa bank biasanya memberlakukan penalti pada nasabah yang ingin membayar lebih cepat.

Pada KTA early payment fee merupakan produk pinjaman yang tidak memberlakukan penalti tersebut. Artinya, nasabah yang ingin membayarnya lebih cepat bisa langsung memprosesnya tanpa terkena denda sama sekali.

KTA Payroll

Produk pinjaman bank tanpa jaminan ini juga dikenal dengan istilah lain, yaitu KTA gaji. Jenis satu ini cocok sekali untuk nasabah yang ingin menyalurkan penghasilannya pada bank tertentu. Dengan adanya payroll, maka pihak bank akan sangat yakin dengan kemampuan pembayaran nasabah tersebut.

Pihak bank juga dapat mengetahui secara pasti pendapatan nasabah setiap bulannya. Hal ini juga mereka gunakan untuk mengetahui kemampuan melunasi kreditnya. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh KTA ini adalah dari segi bunga yang cukup kompetitif.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

KTA Tanpa Kartu Kredit

Jenis pinjaman bank tanpa jaminan terakhir yang populer adalah KTA Tanpa Kartu Kredit. Secara umum, KTA yang menawarkan jumlah pinjaman besar mengharuskan nasabahnya memiliki kartu kredit. Namun disisi lain, jenis KTA tanpa kartu kredit ini tidak menjadi persyaratan utama.

Produk pinjaman ini sangat cocok untuk kamu yang malas mengajukan kartu kredit terlebih dahulu sebelum memproses pinjaman. Kartu kredit biasanya dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui histori kredit nasabah tersebut. Dengan begitu, bank bisa menilai sejauh mana kemampuan nasabah dalam membayar pinjaman.

Proses pengajuan kredit tanpa agunan ini juga tidak jauh berbeda dengan yang lain. Begitu juga dengan suku bunganya yang tergolong cukup beragam sesuai regulasi setiap bank.

Persyaratan Pinjaman Bank Tanpa Jaminan

Sebelum kamu mengajukan pinjaman bank tanpa jaminan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja persyaratannya lebih dulu. Perlu diperhatikan bahwa persyaratan ini bisa berbeda-beda tergantung bank yang kamu pilih.

Beberapa persyaratan umum dalam pinjaman bank tanpa jaminan adalah sebagai berikut.

Domisili Nasabah

Perlu dipahami bahwa tidak semua produk KTA di suatu bank tersedia untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Oleh sebab itu, cek terlebih dahulu syarat domisili bank terkait untuk mengetahuinya. Pastikan daerahmu masuk ke dalam domisili persyaratannya.

E-KTP dan NPWP

Saat ini syarat dokumen KTP sudah berubah menjadi e-KTP seiring dengan perkembangan regulasi yang lebih modern. Selain itu, siapkan juga NPWP karena beberapa bank mengharuskan kamu untuk memilikinya sebagai persyaratan wajib pengajuan pinjaman.

Meskipun begitu, ada juga yang tidak mewajibkan nasabahnya untuk menyetorkan NPWP sebagai syarat utamanya. Oleh sebab itu, pada bagian NPWP sangat situasional.

Penghasilan Bulanan

Hal yang tidak kalah penting adalah nasabah harus memiliki penghasilan bulanan. Untuk jumlahnya biasanya sangat tergantung pada bank maupun jenis pinjaman yang ditawarkan.

Kartu Kredit

Untuk pinjaman bank tanpa jaminan dengan dana besar, maka nasabahnya diwajibkan memiliki kartu kredit. Selain itu, ketahui juga minimum batasan kartu kreditnya. Untuk bagian ini, biasanya tergantung dari bank yang kamu pilih.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian pengertian pinjaman bank tanpa jaminan hingga persyaratannya. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.