Perpanjang Paspor Online dengan Menggunakan Aplikasi Resmi

Bagaimana cara perpanjang paspor online? Saat paspor memiliki masa berlaku kurang dari 6 bulan maka lakukan perpanjangan paspor tersebut dengan segera di Kantor Imigrasi terdekat. Dalam mengurus perpanjang paspor online pun menjadi pilihan yang mudah dan cepat hanya dengan menggunakan ponsel saja.

Kamu cukup dengan menggunakan layanan paspor online (APAPO) yang menjadi salah satu aplikasi resmi dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM yang ada sejak tahun 2018. Dengan mengurusnya secara online maka kamu tidak perlu antri lagi di kantor Imigrasi.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Cara Perpanjang Paspor Online

Perpanjang Paspor Online dengan Menggunakan Aplikasi Resmi

Inilah beberapa langkah cara yang dapat kamu gunakan untuk memperpanjang paspor secara online menggunakan aplikasi APAPO yang sangat mudah dilakukan:

1. Mengunduh Aplikasi APAPO di HP

Jika sebelumnya kamu tidak memiliki aplikasi APAPO maka silahkan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store ataupun App Store tergantung dari penggunaan ponselnya dengan mengetik kata kunci layanan paspor online.

Setelah itu kamu bisa langsung mendaftarkan diri secara online mengingat sudah ada aplikasi yang bisa digunakan. Pasalnya selama masa pandemi, kantor Imigrasi pun tidak melayani pembuatan ataupun perpanjangan paspor secara offline.

2. Membuat Akun di Aplikasi APAPO

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan melakukan pendaftaran, klik tombol Google ataupun Facebook pada halaman yang tersedia. Lalu isikan form data diri secara lengkap sesuai dengan KTP dan masukkan nomor HP yang aktif.

Jika dalam prosesnya ini kamu mengalami masalah pada saat melakukan pengisian form seperti halnya NIK tidak sesuai maka cukup dengan mengganti 6 digit kedua NIK dengan tanggal, bulan dan tanggal lahir.

Apabila terdapat masalah saat pengisian nomor HP sudah digunakan maka isikan dengan nomor HP yang belum pernah didaftarkan sebelumnya.

3. Memilih Antrean Paspor

Jika sudah mengisikan form dengan lengkap maka akan ada 2 pilihan yakni antri paspor dan juga informasi panduannya. Lalu kamu pilih saja antrian paspor guna memilih kantor Imigrasi yang akan kamu tuju.

Dalam memilih kantor imigrasi maka sebaiknya aktifkan fitur lokasi yang ada di HP supaya dapat mengatur lokasi terdekat dari tempat tinggal kamu saat ini. Untuk melakukan proses perpanjangan paspor dapat dilakukan di kantor imigrasi manapun sehingga tidak harus pada lokasi paspor tersebut diterbitkan.

4. Isi Jumlah Pemohon

Pada langkah berikutnya pada perpanjang paspor online kamu cukup dengan mengisikan jumlah pemohonnya. Dalam penggunaan satu akun maka kamu bisa mendaftarkan untuk 1 sampai 5 jumlah pemohon pada satu kali pemrosesan.

Sehingga dapat mendaftarkan anggota keluarga kamu yang ada di dalam satu KK seperti halnya suami dan anak. Dengan demikian prosesnya akan jauh lebih mudah karena tidak perlu mendaftarkan satu per satu.

5. Memilih Tanggal dan Waktu Kedatangannya

Langkah selanjutnya dalam perpanjang paspor online dengan memilih tanggal kedatangan. Caranya dengan klik warna hijau untuk tanggal yang memiliki kuota tersedia.

Selain itu untuk tanggal yang memiliki latar belakang merah artinya kuota telah habis dan kamu tidak bisa daftar di tanggal tersebut. Sementara itu untuk warna kuning artinya kuota belum disediakan di dalam aplikasi atau kantor Imigrasi dan warna abu-abu merupakan hari libur nasional.

6. Mengisi Data Pemohon

Pada aplikasi yang kamu gunakan akan ada halaman dengan menu data pemohon. Kamu tinggal mengisikan saja datanya sebagai pemilik akun yang ada di kolom Data Pemohon 1 ataupun bagian paling teratas.

Lalu setelah itu silahkan untuk memilihkan anggota keluarga dalam data pemohon yang termasuk ke dalam satu KK. Masukkan semua sampai anggota keluarga terdaftar pada layanan perpanjangan paspor.

7. Memilih Jenis Permohonan

Pada tahapan yang satu ini kamu cukup dengan memilih jenis permohonannya. Mengingat kamu akan perpanjang paspor online maka pilihlah keterangan perpanjangan atau penggantian paspor, maka dengan begitu kamu akan mendapatkan notifikasi permintaan untuk mengarahkan kamera HP pada paspor yang lama.

Arahkanlah kamera di lembar paspor yang isinya data guna melakukan pembacaan data yang dapat dilakukan secara otomatis. Dengan demikian form isian yang tersedia akan terisi secara otomatis, jika semuanya telah selesai maka klik Lanjut guna menerbitkan jadwal kedatangan di kantor Imigrasi.

8. Menyimpan Barcode Pendaftaran

Apabila semua proses perpanjangan paspor secara online ini telah selesai maka akan mendapatkan file dalam bentuk PDF yang isinya kode QR antrean online. Simpanlah PDF tersebut sebagai bukti pendaftaran untuk nantinya ditunjukkan pada petugas yang ada pada saat kedatangan di kantor Imigrasi.

Syarat Perpanjang Paspor Online Tahun 2009 dan Setelahnya

Perpanjangan paspor sebaiknya dilakukan jika masa berlakunya kurang dari 6 bulan. Hal ini dikarenakan setiap negara yang akan menjadi tujuan kunjungan mengharuskan pendatangnya mempunyai paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan.

Proses dalam memperpanjang paspor jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengganti paspor. Beberapa persyaratan yang harus dilengkapi yakni paspor lama, KTP dan fotokopinya ataupun surat keterangan sedang dalam proses pembuatan KTP bagi yang belum memilikinya.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Syarat Perpanjangan Paspor di Bawah Tahun 2009

• KTP dan fotokopi
• Paspor lama
• Akta kelahiran, ijazah terakhir, surat nikah, surat baptis dan fotokopinya
• Surat kewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang telah menjadi WNI
• Surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang yang menggantikan nama
• KK dan fotokopi

Biaya Perpanjangan Paspor

• Paspor biasa untuk 48 halaman sebesar Rp 350 ribu
• Paspor biasa untuk 48 halaman elektronik Rp 650 ribu
• Selain itu untuk layanan dalam percepatan paspor selesai pada hari yang sama dengan biaya Rp 1 juta di luar biaya untuk penerbitan paspor

Dalam penggantian paspor yang dikarenakan rusak atau hilang dikenakan dengan biaya:

• Biaya paspor hilang Rp 1 juta
• Biaya paspor rusak Rp 500 ribu
• Biaya beban paspor hilang atau rusak dikarenakan keadaan kahar Rp 0.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai perpanjang paspor online yang sangat mudah dan cepat. Perhatikan cara dengan menggunakan aplikasi agar prosesnya sesuai ketentuan.

Instagram