Perbedaan Setor Tunai, Tarik Tunai dan Non Tunai

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM merupakan fasilitas yang diberikan oleh bank untuk mempermudah para nasabahnya dalam transaksi keuangannya. Semakin kesini mesin ATM terus menerus mengalami banyak perubahan mulai dari fungsi, hingga teknologi yang dimilikinya.

Keuntungan yang paling dirasakan ketika melakukan transaksi di mesin ATM adalah tidak harus datang ke bank dan antri untuk dapat melakukan transaksi uang. Terlebih ATM dapat diakses kapan saja 24 jam dan dapat ditemukan di banyak tempat sehingga semakin mempermudah kamu sebagai nasabah.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Mesin ATM mengalami banyak perubahan fungsi dari hanya dapat menarik tunai saja, lalu setor tunai, sekarang juga bisa melakukan tarik tunai dan setor tunai di ATM tanpa perlu menggunakan kartu ATM.

Oleh karenanya kini mesin ATM terbagi dengan beberapa jenis yaitu ATM tarik tunai, ATM setor tarik, ATM setor tunai, sertan ATM non tunai. Lantas apa sih yang membedakan dari mesin-mesin ATM tersebut?

Biar kamu nggak bingung, kamu harus menyimak dengan baik pembahasan lengkapnya dibawah ini!

Tarik Tunai – ATM Tarik Tunai

Mesin ATM satu ini merupakan mesin ATM pertama kali yang diperkenalkan bank untuk para nasabahnya, sehingga jumlah keberadaannya memang paling banyak di antara mesin ATM lainnya.

Dengan mesin ATM tarik tunai ini kamu dapat melakukan tarik tunai dengan kartu ATM yang bersumber dari saldo rekening milikmu. Kamu dapat menarik tunai di ATM dengan nominal pecahan Rp. 20.000, Rp. 50.000 dan Rp. 100.000.

Tapi sayangnya kini mesin ATM tarik tunai jarang sekali yang menyediakan penarikan dengan nominal pecahan Rp. 20.000. Walau di beberapa kawasan kampus masih ada, tapi sangat sulit sekali ditemukan.

Umumnya mesin ATM tarik tunai sekarang hanya menyediakan tarik tunai dengan nominal pecahan Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Jadi, jika kamu ingin tarik tunai jumlah yang kamu tarik harus kelipatan dari dua nominal uang pecahan tersebut.

Fungsi lainnya dari ATM tarik tunai selain untuk mengambil uang tunai dari saldo rekening. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas yang disediakan mesin ATM tarik tunai, yaitu transfer saldo, bayar tagihan, top up e money, cek saldo, dan fasilitas lainnya yang sangat memudahkan kamu.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Setor Tarik – ATM Setor Tunai

ATM setor tunai merupakan jenis ATM yang dapat digunakan untuk setor uang tunai dengan menggunakan mesin ATM. Perkembangan mesin ATM ini tentunya menjadi angin segar untuk para nasabah yang sering kali melakukan setoran.

Jadi, sekarang kamu tidak perlu lagi anti lama di bank untuk setor melalui teller bank. Kamu hanya perlu datang ke ATM setor tunai, dan mempersiapkan uang setoran mu dalam pecahan 50 ribu atau 100 ribu.

Mesin ATM setor tunai ini terbagi menjadi dua jenis mesin ATM, yaitu ATM setor tarik dan ATM setor tunai. Berikut dibawah ini penjelasannya:

ATM setor tarik

Mesin ATM setor tarik ini memiliki fungsi untuk melakukan penarikan saldo dan setor tunai di mesin ATM. Kini sudah banyak bank yang menggunakan mesin berjins ini.

Dengan adanya mesin ATM setor tarik semakin memudahkan para nasabah untuk melakukan penyetoran dan penarikan hanya dalam satu mesin ATM saja.

ATM setor

Mesin ATM setor merupakan mesin yang hanya bisa digunakan untuk melakukan setor tunai saja. Bisanya mesin ATM setor tunai ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan ATM center, atau ditempat yang banyak ATM nya.

Ada sedikit informasi untuk kamu jika menggunakan ATM setor tunai. Informasi ini akan membantu kamu melancarkan transaksi setor tunaimu via ATM.

  1. Carilah lokasi ATM setor yang aman atau berada ditempat yang terdapat satpamnya, jika perlu cari tempat ATM yang tertutup. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Gunakan pecahan Rp 50.000 dan Rp.100.000 untuk melakukan setor tunai. Selain pecahan nominal tersebut uang yang kamu setorkan tidak akan diterima oleh mesin ATM setor tunai.
  3. Kondisi uang harus dalam keadaan baik tidak boleh rusak, terlipat, kotor, sobek, ada bekas klip, ada solasiban. Apabila uang dengan kondisi tersebut yang kamu setorkan mesin ATM akan menolaknya.
  4. Apabila uang setoran yang kamu masukan kembali lagi, maka kamu harus merapikan ulang uang tersebut dan masukan kembali ke tempat setoran yang sudah disediakan. Jika sudah ketiga kalinya uang tersebut tidak dapat diproses oleh mesin ATM, gantilah dengan yang lain.
  5. Mesin ATM setor tunai hanya menerima uang setoran dengan jumlah maksimal 50 lembar
  6. Uang yang kamu setor tunai via ATM akan langsung masuk ke dalam rekening yang terhubung dengan kartu ATM tersebut.

Non Tunai – ATM Non Tunai

Mesin ATM non tunai merupakan ATM yang tidak bisa digunakan untuk menarik uang tunai, apalagi setor tunai. At mini hanya berfungsi untuk melakukan transaksi nontunai misalnya cek saldo, transfer saldo, top up e money, daftar mobile banking, pembayaran tagihan, pembayaran belanja online, pembelian produk digital, dan transaksi nontunai lainya.

ATM non tunai memiliki kelebihan yaitu tersedianya fitur menyimpan rekening yang sering bertransaksi yang akan tersimpan pada rekening favorit.

Nah, jika kamu menggunakan mesin nontunai ini, dan kemudian hari melakukan transaksi dengan mesin non tunai kembali, kamu tidak perlu mengetik ulang nomor rekening tujuan, kamu hanya tinggal mencarinya di rekening favorit yang sudah disimpan datanya oleh mesin ATM non tunai ini.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh mesin ATM non tunai ini adalah adanya papan ketik berbentuk qwerty sehingga memudahkan kamu untuk menuliskan pesan pada saat dilakukannya transaksi.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Perbedaan Tarik Tunai, Setor Tunai, dan Non Tunai di ATM

Setelah membahas ketika jenis mesin tersebut kini saatnya menarik kesimpulan tentang perbedaan dari ketiganya.

Perbedaan tarik tunai, setor tunai, dan non tunai adalah mesin ATM tarik tunai hanya bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang tunai saja, sedangkan mesin ATM setor tunai bisa digunakan untuk melakukan setoran uang tunai serta melakukan penarikan tunai sekaligus di mesin ATM yang sama.

Sedangkan mesin ATM non tunai tidak dapat digunakan untuk melakukan penarikan atau setoran uang tunai, hanya bisa digunakan untuk transaksi nontunai saja.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah paham kan perbedaan dari setor tunai, tarik tunai, dan non tunai.

Instagram