Perayaan Lebaran di Berbagai Daerah

Lebaran menjadi salah satu momen yang selalu ditunggu oleh umat Muslim mengingat acara ini hanya ada setahun sekali. Perayaan lebaran di berbagai daerah Indonesia pun sangat beragam dengan mengusung tradisi yang berbeda.

Lebaran yang dirayakan pada Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan untuk umat Muslim tidak hanya di Indonesia namun juga dunia. Tradisi lebaran ini adalah salah satu kekayaan dan keindahaan yang dimiliki oleh Indonesia dengan perayaan sangat meriah.

Perayaan Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Mengingat banyaknya tradisi yang dilakukan pada saat lebaran. Inilah beberapa tradisi yang banyak dilakukan di Indonesia dan berbeda setiap masing-masing daerah:

Bedulang

Salah satu tradisi yang dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri oleh penduduk Bangka di Kepulauan Bangka Belitung dengan sebutan Bedulang. Tradisi unik dalam merayakan hari kebersamaan lebaran ini menjadi momen yang biasa dilakukan sebagai ajang silaturahmi dan saling maaf memaafkan dan tradisi makan begara atau makan bersama.

Akan tetapi karena penyajian hidangannya menggunakan tudung saji maka disebut dengan nama Bedulang dan uniknya dalam menyantap makanan tidak boleh dengan sendok melainkan harus langsung dari tangan. Sehingga setiap orang tua harus cuci tangan terlebih dahulu dan dilanjutkan oleh orang muda.

Ronjok Sayak

Perayaan lebaran di berbagai daerah yang terbilang unik adaklah Ronjok Sayak. Tradisi lebaran ini merupakan kepercayaan dari masyarakat Bengkulu yang menganggap bahwa api adalah penghubung antara manusia dengan leluhurnya dan melahirkan tradisi Ronjok Sayak atau Bakar Gunung Api.

Tradisi lebaran yang satun ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan dilakukan oleh suku Serawai pada malam takbiran. Biasanya suku Sewarai ini akan membuat susunan batok kelapa sampai menjulang tinggi dan dibakar di depan rumahnya masing-masing penduduk.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Festival Tumbilotohe

Bagi kamu yang berasal dari daerah Gorontalo sudah tidak asing dengan sebutan perayaan lebaran ini. festival Tumbilotohe asalnya dari Gorontalo dan sebagai tradisi para masyarakat Gorontalo akan menyalakan lampu yang menggunakan bahan bakar minyak tanah untuk membuat penerangan di sepanjang jalan kota Gorontalo.

Tujuan melakukan perayaan ini adalah untuk memberikan penerangan bagi warga yang akan membagikan zakat. Tradisi ini biasanya juga dimeriahkan dengan adanya tabuhan bedug serta meriam yang terbuat dari bahan bambu.

Batobo

Tradisi perayaan lebaran di berbagai daerah salah satunya Riau dengan mengusung konsep yang unik. Pada perayaan ini penduduk Riau akan mudik ke kampung halamannya dan menyambut kemeriahan oleh keluarga dan warga desa setempat.

Selain itu kemeriahannya dengan adanya iringan pukulan rebana saat menuju waktu buka bersama. Biasanya tradisi ini juga diisi dengan acara pengajian dan lomba baca Alqur’an serta ada hadiah dari para orang pemudik yang tengah pulang kampung.

Meugang

Tradisi Hari Raya Idul Fitri yang cukup meriah lainnya berlangsung di daerah Aceh dengan adanya tradisi Meugang. Meugang merupakan salah satu tradisi yang hanya dilakukan setiap tahun dan pada saat menjelang Idul Fitri.

Semua warga akan berkumpul menjadi satu di masjid untuk melakukan kegiatan memasak dagung dan memakannya secara bersama-sama. Selain itu juga daging yang dimasak akan dibagikan pada semua orang yang membutuhkan sebagi bentuk saling berbagi di bulan Ramadhan, tradisi ini tidak hanya pada Idul Fitri saja namun juga Idul Adha.

Festival Meriam Karbit

Tradisi perayaan hari lebaran yang sangat meriah lainnya berlangsung di Pontianak. Tradisi ini sudah dilakukan oleh penduduk Pontianak selama 200 tahun lebih.

Festival Meriam Karbit merupakan tradisi yang menggunakan meriam dari bahan bambu berukuran besar dan diletakkan di pinggir Sungai Kapuas. Biasanya dilakukan menjelang malam takbiran dan para penduduk Pontianak akan berkumpul di pinggir sungai guna menyalakan meriam besar sebagai pertanda datangnya hari kemenangan

Pukul Sapu

Perayaan hari lebaran memang sangat unik, termasuk yang dilakukan oleh masyarakat Leihitu Maluku Tengah dan terkenal sangat ekstrem. Tradisi lebaran ini biasanya digelar pada hari ke 7 lebaran dan dilakukan para perwakilan pria dari setiap desa yang meliputi desa Mamala dan Morella.

Perwakilan tersebut akan berkumpul di halaman masjid yang besar dan akan saling memukul punggung satu sala lain dengan lidi terbuat dari pohon enau. Tradisi yang satu ini berlangsung selama 30 menitan dan biasanya bisa membuat kulit menjadi sobek sampai berdarah.

Ngejot

Tradisi perayaan lebaran di berbagai daerah termasuk Bali sebagai kota yang mayoritasnya menganut agama Hindu namun juga merayakan tradisi lebaran dengan nama Ngejot. Tradisi umat Mulsim ini dirayakan dengan membagi-bagikan makanan untuk semua warga tanpa harus membedakan agama yang tengah dianutnya.

Tradisi yang dilakukan tiap tahun ini memiliki tujuan dalam menciptakan hubungan baik dan harmonis antar umat agama di Bali. Tradisi Ngejot ini juga sering dilakukan oleh umat Hindu yang merayakan hari besar agama Hindu.

Grebeg Syawal

Perayaan hari lebaran yang sangat meriah berlangsung di Yogyakarta dengan nama tradisi Grebeg Syawal. Sebenarnya tradisi yang satu ini merupakan perayaan oleh keraton dalam menyambut 1 syawal.

Perayaan akan di awali oleh para masyarakat yang mengarak berbagai macam hasil bumi yang disusun rapi dengan membentuk kerucut berukuran sangat besar dari pangeran keraton ke halaman masjid Agung Kauman. Setelah nanti didoakan maka hasil bumi yang tersusun rapi tersebut akan menjadi bahan rebutan para masyarakat yang datang ke perayaan Grebeg Syawal.

Demikianlah beberapa daftar perayaan lebaran di berbagai daerah yang berlangsung sangat meriah sebagai penunjuk hari kemenangan. Meskipun perayaan tradisinya berbeda-beda namun intinya sama dengan bagi setiap daerah yakni menyambut suka cita Hari Raya Idul Fitri.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram