sejarah dan pengertian IHSG

Pada tahun 1983 Bursa Efek Indonesia mengeluarkan fitur indeksasi saham yaitu Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG. IHSG ini sangat berguna untuk membaca saham bagi para investor yang ingin menganalisa data saham.

IHSG disusun dengan visual statistik yang ringkas oleh BEI berfungsi untuk menunjukan data laju saham keseluruhan yang dilihat dalam satu grafik. Dalam perkembanganya melihat IHSG semakin mudah karena hanya perlu mengaksesnya lewat internet, tanpa harus datang langsung ke BEI.

Nah, agar kamu lebih memahami tentang IHSG. Mari disimak pembahasan lebih lanjut dibawah ini ya!

Pengertian IHSG

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya IHSG adalah singkatan dari Indeks Saham Gabungan merupakan grafik saham yang didalamnya perlihatkan laju seluruh saham dengan perhitungan rata-rata di BEI atau di bursa efek.

IHSG mempermudah investor untuk melihat rangkuman dari situasi pasar modal BEI secara real-time. Sehingga investor tidak perlu lagi menganalisa satu per satu instrumen saham.

BEI menjelaskan tentang HIS adalah indeks saham yang mengukur kinerja seluruh efek pada papah utama dan papan pegembangan BEI. Indonesia Composite Index atau disingkat ICI merupakan sebutan lain dari IHSG.

Contoh lain dari indeks saham selain IHSG yaitu IDX 80, IDX Quality 30, LQ45, ISSI dan lainnya.

cara hitung ihsg

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Proses IHSG Terbentuk

BEI memberikan beberapa fasilitas indeksasi saham salah satunya adalah grafik IHSG. IHSG ini sangat memudahkan investor dan banyak pihak yang berkepentingan untuk melakukan pengecekan kinerja dari instrumen investasi yang ingin mereka tanamkan modalnya.

IHSG dikatakan juga merupakan cerminan dari ‘iklim” investasi pada pasar modal Indonesia. IHSG secara real time dapat di cek hanya dengan mengetikan “IHSG hari ini” di google, maka pada bagian atas google akan memberikan angka IHSG terakurat.

Sebelum IHSG tersebut ditampilkan ke publik BEI harus menghitung IHSG dengan perhitungan Market Capitalization Weighted. Lalu setelah selesai perhitungan tersebut, maka BEI akan merilis harga IHSG terupdate di situs resmi dan pasar modal.

Harga IHSG tersebut akan dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pihak yang mengambil keputusan dalam investasi.

Manfaat IHSG

IHSG memiliki manfaat yang dapat dirasakan seluruh pihak yang terlibat dalam transaksi pasar bursa. Berikut adalah manfaatnya:

Menunjukkan Pergerakan Pasar

IHSG dalam grafiknya akan menunjukkan pergerakan saham yang sedang melantai di pasar modal. Dari pergerakan saham itulah para pelaku pasar modal bisa menganalisa kinerja instrumen saham secara real time di suatu negara.

Memperlihatkan Tolak Ukur Kinerja Portofolio Efek

Manfaat selanjutnya yang dirasakan oleh para calon investor adalah menampilkan informasi rata-rata saham yang dijadikan acuan para investor. Apabila harga saham semakin tinggi per lot nya dibandingkan harga IHSG berarti semakin tinggi juga nilai saham tersebut bagi investor.

Menunjukan Estimasi Profit

IHSG dapat menunjukkan estimasi profit terutama untuk para calon investor.

Menjadi Produk Investasi Pasif

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Beberapa Istilah di IHSG

IHSG memiliki beberapa istilah yang perlu kamu pahami, agar pemahamanmu akan IHSG lebih jelas lagi. Berikut adalah ulasannya:

  1. Bubble, penyebutan untuk kenaikan harga saham secara tiba-tiba dan sangat tinggi.
  2. Portofolio, pelaporan kinerja saham yang berisi naik turun harga sampai dengan tren permintaan dalam waktu yang sudah ditentukan.
  3. Fluktuasi,  menggambarkan harga saham secara kolektif atas naik dan turunnya dalam pasar
  4. Likuiditas, Aspek yang mempengaruhi untuk menentukan harga IHSG
  5. Cut Loss, kondisi ketika investor harus menjual instrumennya agar terhindar dari kerugian

Metode perhitungan IHSG

Perhitungan IHSG sudah ada sejak tanggal 10 Agustus 1082, oleh karena IHSG adalah catatan jumlah total saham dari tanggal tersebut.

Cara penghitungan adalah dengan mengalikan total setiap saham yang tercatat, kecuali untuk perusahaan atau lembaga yang sedang dalam restrukturisasi pada harga BEJ di hari tersebut.

Cara Menghitungnya adalah

P = harga penutupan di pasar reguler

X = jumlah saham

D = nilai dasar

Meluai sistem perdagangan lelang perhitungan indek merupakan gambaran atas pergerakan saham di bursa. Terjadinya perubahan modal emiten atau faktor lainnya yang melekat pada harga saham bisa disesuaikan dengan nilai dasar.

Bila ada tambahan emiten baru seperti HMETD, partial, lising, waran serta obligasi konversi, merupakan delisting yang dapat disesuaikan juga. Jika terjadi stock split, deviden saham , maka nilai dasar tidak disesuaikan sebab nilai pasar tidak mempengaruhi.

Harga saham digunakan pada perhitungan IHSG merupakan harga saham di bursa efek yang dilandasi pada harga sistem lelang. Setiap harinya dilakukan perhitungan HIS setelah penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia.

Indeks Lain Selain IHSG

Ada beberapa indeks selain IHSG yang dapat digunakan para investor untuk melihat pergerakan saham gabungan yaitu

  • LQ45, indeks yang mengukur kekuatan dari 45 saham tertinggi pada tingkat likuiditas dan kapitalisasi
  • IDX30, indeks yang mengukur kekuatan dari 30 saham tertinggi pada tingkat likuiditas dan kapitalisasi pasar.
  • Kompas 100, melihat kinerja 100 saham pada tingkatan likuiditas terbaik dan kapitalisasi pasar yang besar. Dikelola oleh Kompas Gramedia Group.
  • Bisnis 27, indeks yang mengukur performa kedua saham yang dipilih melalui komite indeks bisnis Indonesia. Dikelola oleh PT Jurnalindo Aksara Grafika.

Sejarah IHSG

Pada tanggal 1 april 1983 merupakan awal perkenalan dari IHSG ini yang digunakan untuk pergerakan harga saham di BEJ. Setelah tanggal tersebut perhitungan dasar dari IHSG adalah pada tanggal 10 Agustus 1982.

Di tanggal 10 Agustus 1982 indeks di tetap pada nilai 100 dan saham tercatat 13 saham. IHSG pernah mengalami posisis tertinggi intraday yaitu 6.704,46 yaitu pada tanggal 11 November 2021 dan posisi penutupan tertinggi juga terjadi pada hari itu yang mencapai poin 6.691,34.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Demikianlah informasi tentang IHSG mulai dari pengertian dan cara menghitungnya.

Instagram