Pengajuan Pinjaman Tanpa Jaminan

Pinjaman tanpa jaminan tersedia berbagai macam pilihan yang ditawarkan oleh layanan perbankan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dari nasabah. Apabila ingin melakukan pengajuan pinjaman dengan berurusan pada layanan perbankan tentunya harus menyesuaikan dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Meskipun memang untuk belajar pinjaman ini tidak ada jaminan serta tanpa kartu kredit akan tetapi juga harus memenuhi persyaratan sebagai nasabah supaya pengajuan disetujui oleh bank. Syarat untuk pengajuan pinjaman sebenarnya tidak terlalu sulit karena hanya membutuhkan kelengkapan dokumen dan bank memiliki tujuan untuk memastikan bahwasanya angsuran dapat dibayarkan secara rutin.

Syarat untuk Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan

Adanya pinjaman tanpa dikenakan jaminan ataupun kartu kredit ini sebenarnya untuk proses pengajuannya terbilang sangat mudah. Bahkan pada beberapa hal untuk proses pengajuannya dapat dilakukan secara online sehingga harus menyesuaikan dengan prosedur dan syarat yang berlaku.

Berikut ini adalah beberapa syarat yang dapat kamu penuhi untuk melakukan pengajuan pinjaman tanpa agunan:

Sebagai WNI

Apabila melakukan pengajuan di Indonesia tentunya kamu harus memenuhi peraturan sebagai WNI atau warga negara Indonesia. Persyaratan paling utama yang satu ini harus dipenuhi oleh pihak yang melakukan pengajuan pinjaman dengan membuktikan identitas diri KTP sebagai WNI dan menetap di wilayah negara Indonesia.

Persyaratan Dalam Pengajuan Pinjaman Tanpa Jaminan

Batasan Usia

Pada proses pengajuan pinjaman tanpa jaminan tentunya terdapat batasan usia yang menjadi persyaratan yaitu minimal 21 tahun dan batasan maksimalnya 60 tahun meskipun memang dari sejumlah lembaga penyedia pinjaman juga memberikan kelonggaran tersendiri untuk usia minimal 18 tahun sudah bisa mengajukan pinjaman.

Akan tetapi sebaiknya tidak perlu melakukan pengajuan pinjaman jika belum mencapai usia 21 tahun karena hal ini berhubungan dengan tingkat kematangan dari pola pikir dan untuk usia 21 tahun ke atas tentunya telah memiliki pola pikir yang matang dibandingkan 18 tahun. Dalam hal ini pihak yang melakukan pinjaman bisa lebih paham terhadap prosedur serta persyaratan untuk pengajuan pinjaman tersebut sehingga paham terhadap konsekuensi yang akan diterima dalam proses pembayaran cicilan kreditnya.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Batas Penghasilan

Setiap lembaga penyedia jasa pinjaman biasanya memiliki kebijakan yang berbeda terkait batasan minimal penghasilan tetap setiap bulan dari calon nasabah yang melakukan pengajuan pinjaman tanpa jaminan. Selain itu juga terdapat kebijakan internal bahwasanya kondisi perekonomian di suatu daerah juga menjadi faktor penentu batasan minimal untuk penghasilan tetap bagi nasabah yang mengajukan pinjaman.

Dengan demikian batasan penghasilan juga ditetapkan oleh UMR setiap bulan di sebuah wilayah dan kemungkinan besar apabila memiliki pendapatan UMR akan lebih mudah untuk mendapat persetujuan. Begitupun sebaliknya ketika penghasilan yang didapatkan setiap bulan di bawah dari UMR maka akan sulit untuk memperoleh persetujuan atas pinjaman yang diajukan.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Pilihan Tabungan Pendidikan Anak yang Menguntungkan
Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak
Rekomendasi Bank Dengan Layanan Tabungan Anak Sekolahan
Apa Itu Tabungan Anak BRI, Jenis dan Keuntungannya

Limit Pinjaman

Jenis pinjaman yang satu ini untuk jangka pendek dengan kisaran 15 hari hingga maksimalnya 30 hari dengan jumlah nominal yang diberikan kisaran 3 juta hingga 5 juta. Sementara itu untuk bunga yang akan dibebankan ini bisa mencapai 1% per hari dan untuk total keseluruhan dari beban bunganya bisa mencapai 30% dalam 30 hari.

Selain itu dari pihak peminjam juga akan dibebankan biaya keterlambatan apabila tidak melakukan pembayaran angsuran tepat waktu dan hari pertama biaya keterlambatan biasanya 50.000 hingga 10.000. Sehingga untuk ketentuan dari limit pinjaman ini dapat disesuaikan dengan layanan jasa pinjaman yang kamu pilih untuk pengajuan.

Slip Gaji

Pengajuan pinjaman yang satu ini sangat cocok bagi karyawan yang memang memiliki gaji tetap setiap bulan dan tidak memiliki jaminan ketika ingin melakukan pinjaman. Pada proses peminjamannya sendiri tidak menggunakan jaminan baik itu berupa sertifikat ataupun BPKB hingga kartu kredit nantinya memberikan kemudahan pada proses pengajuan pinjaman.

Ketika melakukan pengajuan pinjaman calon nasabah tersebut cukup untuk melampirkan adanya surat keterangan kerja yang berasal dari perusahaan tempatnya bekerja. Proses yang satu ini memang tergolong sangat mudah karena kamu cukup melampirkan slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman baik itu secara online ataupun offline.

Cara Memilih Pinjaman Tanpa Jaminan yang Mudah dan Lancar

Meskipun memang kamu membutuhkan dana dalam waktu dekat namun tidak ada salahnya untuk melakukan pemilihan lembaga keuangan ataupun layanan perbankan yang telah menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan yang memberikan keuntungan bagi nasabah. Ciri-ciri dari pinjaman yang tidak membebankan jaminan harus memastikan kredibilitasnya supaya bisa memilih layanan pinjaman yang memberikan sistem pengajuan lebih mudah dan cepat dalam proses pencairan dana yang telah disetujui.

Dalam memilih pinjaman tanpa agunan ini sebaiknya harus berhati-hati terlebih jika pengajuannya melalui online maka kamu harus memperhatikan dengan benar supaya tidak menimbulkan risiko kerugian di kemudian hari. Selain itu kamu juga harus bisa memilih jenis layanan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak membebankan pada saat proses pembayaran angsuran setiap bulan tepat waktu.

Memahami Prosedur yang Berlaku

Dalam proses pengajuan pinjaman secara tunai tanpa adanya jaminan serta tanpa menggunakan kartu kredit dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari apabila memang dapat mengaplikasikannya secara bijaksana dan tepat. Ketika pengajuan proses pinjaman akan lebih baik saat kamu mengetahui bagaimana prosedur dan apa saja syarat yang berlaku supaya lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan yang nantinya tidak menambahkan beban di kemudian hari.

Semakin canggihnya teknologi saat ini tentunya bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk melancarkan proses pengajuan pinjaman melalui lembaga keuangan online dengan memenuhi adanya beberapa persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga penting bagi pihak peminjam untuk melakukan pengajuan pinjaman kredit sesuai dengan kemampuan dari kondisi finansial dan pendapatan setiap bulan supaya nantinya tidak menimbulkan masalah karena terlalu berat untuk melakukan pembayaran angsuran rutin.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait cara dan syarat yang perlu dilengkapi untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan di lembaga keuangan. Apabila sudah memenuhi syarat dari lembaga keuangan tersebut akan lebih mudah untuk memperoleh persetujuan dari pengajuan pinjaman kredit.

Instagram