Model Bisnis Subscription untuk Pengelolaan Pendapatan

Model bisnis subscription merupakan salah satu model bisnis dengan pelanggan yang diharapkan untuk bisa melakukan pembayaran biaya secara berulang supaya bisa mendapatkan akses atas produk ataupun layanan tertentu dengan sistem berkelanjutan. Jika kamu sudah terjun di dunia bisnis tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya subscription business model.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Produk yang dihadirkan oleh perusahaan dengan model bisnis yang satu ini tentunya sudah ada di kehidupan saat ini dan sudah menjadi konsumsi wajib yang digunakan setiap hari. Selain itu model bisnis yang satu ini bisa dimulai sebagai salah satu cara dari majalah dan surat kabar supaya bisa menarik pembaca setelah audience-nya mereka beralih ke media digital.

Model Bisnis Subscription untuk Pengelolaan Pendapatan

Apa Itu Model Bisnis Subscription

Subscription business model atau SCM sudah sangat berkembang menjadi pendekatan yang cukup strategis guna melakukan pengelolaan pendapatan, pertumbuhan serta brand loyalty untuk semua jenis bisnis yang ada di semua industri. Dengan menggunakan model bisnis ini tentunya pelanggan bisa mendapatkan akses terkait produk jualnya secara berkelanjutan.

Subscription business model tentunya dibedakan dengan adanya model bisnis lain yang sesuai fokus utama mereka yaitu prediktabilitas, nilai dan hubungan pelanggan. Selain itu juga meletakkan fokus pada retensi dan justru bukan pada akuisisi pelanggan sehingga model bisnis yang satu ini mampu menghasilkan pendapatan dengan cara jumlah pembayaran pelanggan pada akses jangka panjang atas barang ataupun layanan perusahaan.

Fokus Utama Model Bisnis Subscription

SCM pada umumnya sudah mempunyai fokus utama yang dibedakan dari adanya jenis model bisnis lain. Sementara untuk aspek yang dijadikan sebagai fokus utama SCM justru banyak dianggap menjadi dasar pemikiran yang menjadikan model bisnis yang satu ini bisa meraup banyak keuntungan.

Dalam hal ini untuk fokus utama dari SCM yaitu prediktabilitas, nilai dan hubungan pelanggan. Berikut ini beberapa uraian terkait fokus utama dari subscription business model:

1. Prediktabilitas atau Predictability

Subscription business model berjalan secara natural guna melancarkan alur permintaan dari pihak customer. Maka dari itu perusahaan yang sedang menjalankan operasi bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Bahkan untuk setiap bulannya saja perusahaan sudah mengetahui seberapa banyak pelanggan yang nantinya akan mereka miliki. Dari pihak perusahaan juga bisa melakukan prediksi atas berapa banyak jumlah pendapatan yang nantinya akan dihasilkan pada setiap bulannya.

2. Nilai atau Value

Dengan menggunakan model bisnis subscription tentunya sebagai metode berlangganan secara substansial yang kemungkinan besar bisa membantu meningkatkan kesetiaan pelanggan pada produk yang dijual oleh perusahaan. Dengan demikian jika sudah menjalankan subscription business model pastinya dari perusahaan bisa membangun hubungan untuk jangka panjang dengan mendapatkan pelanggan yang melampaui dari sekali melakukan kegiatan transaksi penjualan produk.

Hal ini tentunya menghasilkan hubungan dan komunikasi secara berkelanjutan yang bisa mendorong pelanggan untuk tetap menikmati produk ataupun layanan dari perusahaan. Sehingga hasil metode secara berkelanjutan ini akan memberikan keuntungan yang cukup besar untuk jalannya transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

3. Hubungan Pelanggan Atau Customer Relationship

Fokus utama dari metode bisnis subscription memfokuskan pada hubungan dengan pelanggan dan keistimewaan dengan menggunakan model bisnis yang satu ini bahwasanya perusahaan akan memiliki kemampuan untuk memberikan pemilik bisnis jauh lebih banyak kesempatan dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan. Prosesnya ini tidak sama dengan bisnis retail bahwasanya pengguna subscription bisnis model bisa melihat tanggapan dari pelanggan terkait produk ataupun layanan mereka sehingga bisa mendapatkan feedback setiap bulan.

Hal ini dapat memberikan pemilik bisnis jauh lebih banyak kesempatan supaya bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari produk ataupun layanannya. Apabila perusahaan melakukan model bisnis yang satu ini maka pemilik juga bisa mengubah dan melakukan perbaikan bisnis yang telah dijalankan guna memastikan bahwasanya kebutuhan pelanggan sudah terpenuhi dengan baik.

Kelebihan Subscription Business Model

Bahwasanya kesuksesan dengan menggunakan model bisnis subscription terbilang sangat besar sampai produk perusahaan yang menggunakan model bisnis ini sudah mengelilingi kehidupan kita setiap hari. Saat ini sudah banyak produk hingga layanan yang sangat terkenal yang menggunakan subscription bisnis model.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Digital Marketing
Bisnis Jasa Gestun
Bisnis Jasa Hukum
Bisnis Jasa Konstruksi
Bisnis Jasa Keuangan

Dengan begitu tentunya dari perusahaan yang menggunakan subscription business model akan merasakan banyak kelebihan ketika sudah menjalankannya. Adapun untuk beberapa kelebihan yang dapat kamu ketahui ketika sudah menggunakan subscription bisnis modal sebagai berikut:

• Mendorong customer retention

• Menawarkan adanya kemudahan dan predictabilitas untuk menjalankan bisnis

• Mampu meningkatkan loyalitas pelanggan atas produk dan layanan yang telah diberikan

• Membantu dalam menciptakan dasar yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pemasaran

• Fleksibel dan bagus jika digunakan sebagai strategi dalam jangka panjang dengan menggunakan subscription bisnis model

Manfaat Bisnis Model Berlangganan

Bisnis yang menggunakan sistem pembayaran secara berlangganan tentunya tidak hanya akan memberikan keuntungan besar pada perusahaan. Perusahaan dan pelanggan juga akan merasakan banyak manfaat dengan menggunakan sistem yang satu ini, berikut uraian manfaat yang dapat kamu ketahui:

1. Manfaat Bagi Perusahaan

Dengan menggunakan model bisnis subscription maka perusahaan jauh lebih mudah dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan bahkan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra supaya bisa mengakuisisi pelanggan baru dalam setiap bulan. Dalam hal ini perusahaan juga mendapatkan penghasilan secara pasti dan tetap mempunyai kesempatan guna menaikkan pendapatan dan selain dari hubungan antara perusahaan juga pelanggan akan lebih intens.

2. Manfaat Bagi Pelanggan

Ketika menggunakan subscription bisnis model tentunya pelanggan akan merasakan tidak perlu lagi untuk melakukan pemesanan kembali ketika sedang menginginkan sebuah layanan. Selain itu pelanggan juga akan membuat perencanaan yang mudah untuk anggaran bulanan yang lebih konsisten.

Bahkan dari beberapa perusahaan akan menawarkan diskon pada sistem berlangganan yang ditawarkan pada pelanggannya. Tentunya hal seperti ini sangat disukai oleh pelanggan karena bisa lebih hemat budget yang nantinya akan dikeluarkan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah pembahasan terkait model bisnis subscription yang banyak digunakan oleh perusahaan dan memberikan keuntungan bagi pelanggan. Model bisnis ini sebenarnya sudah berjalan cukup lama dan sudah ada di sekitar kita setiap hari untuk memenuhi kebutuhan.

Instagram