Pengertian dan Contoh Lengkap Autodebet

Pembahasan autodebet. Masyarakat sangat mengharapkan kemudahan dalam segala bidang seiringnya kemajuan teknologi yang cukup pesat yang saat ini terjadi.

Memanfaatkan kemajuan teknologi pada saat ini, bank-bank juga sudah mengembangkan teknologi untuk melakukan pembayaran dengan lebih praktis dan mudah, yaitu dengan menggunakan autodebet.

Apa itu autodebet?

Pengertian dan Contoh Lengkap Autodebet

Pengertian Autodebet

Autodebet merupakan sistem pembayaran dengan menggunakan metode otomatis mengurangi saldo dalam rekening karena terjadinya transaksi yang dilakukan seseorang sebagai nasabah.

Tagihan-tagihan yang berupa kartu kredit, BPJS, asuransi, kredit kendaraan atau pinjaman dan lainnya biasanya yang dilakukan nasabah dalam transaksinya.

Telah adanya kesepakatan terlebih dahulu antara pihak nasabah dan bank sebelum pengurangan saldo secara otomatis tersebut terjadi. Nominal saldo yang dipotong untuk pembayaran tagihan dan waktu pengurangan tersebut akan dilakukan setelah adanya kesepakatan di awal.

Nasabah akan mengerti bahwa saldonya akan berkurang di tanggal yang sama pada setiap bulannya dengan adanya kesepakatan yang terjadi sebelumnya. Pihak bank juga akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada nasabah tersebut setiap kali melakukan pemotongan saldo selain lewat kesepakatan tadi.

Pemberitahuan dari pihak bank tersebut biasanya dikirimkan melalui layanan SMS, Mbanking ataupun rekening koran. Dengan notifikasi tersebut maka nasabah akan tetap bisa mengetahui setiap transaksi yang terjadi.

Contoh Penerapan Autodebet

Autodebet dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai pembayaran, seperti yang telah disebutkan pada sebelumnya.

Pembayaran subscription adalah salah satu jenis pembayaran yang paling sering digunakan dalam autodebet. Wujud persetujuan nasabah untuk pembayaran rutin pada waktu tertentu merupakan arti dari subscription pada autodebet.

Pembayaran SPP sekolah atau universitas yang pasti pada setiap bulannya biasanya menggunakan pembayaran rutin ini.

Pembayaran rutin ini juga tak hanya untuk pembayaran dalam universitas dan sekolah, tetapi juga bisa untuk melakukan pembayaran iuran membership gym, asuransi, cicilan rumah, supplier bisnis dan daycare anak.

Dengan begitu kamu yang menggunakan pembayaran rutin ini tak perlu lagi capek atau repot untuk dapat melakukan pembayaran di masa yang akan datang.

Kelebihan autodebet

[:id]Alternatif Kirim Uang ke Luar Negeri[:]
Photo by Hello I’m Nik 🎞 on Unsplash

– Memudahkan untuk mencapai target

Menggunakan sistem autodebet untuk mengurus tagihan-tagihan yang belum lunas cocok untuk kamu yang memiliki tujuan finansial seperti menabung dan berinvestasi. Pengeluaran utama untuk membayar tagihan akan diprioritaskan jika kamu menggunakan sistem ini.

Kamu dapat mengatur keuangan dengan lebih gampang ketika tagihan bulanan kamu telah dibayarkan atau dilunasi.

Baca Juga Cara Transfer uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer uang ke USA
Cara Transfer uang ke Singapura
Cara Transfer uang ke Cina
Cara Transfer uang ke Malaysia
Cara Transfer uang ke Jepang

Kamu akan bisa menjadi lebih konsisten dan bertanggung jawab dalam mengatur keuangan dengan sistem ini karena dengan sistem ini kamu dapat memisahkan uang sesuai dengan pos masing-masing sebagai contohnya untuk kebutuhan sehari-hari, menabung, berinvestasi dan leisure budget.

– Menghemat dan terhindar dari denda

Selain kepraktisannya, sistem autodebet ini juga dapat membantu kamu dalam menghemat pengeluaran supaya tak menjadi sangat boros. Hal tersebut dikarenakan kamu tidak memerlukan lagi perangko sebagai alat bukti pembayaran tagihan dan juga tidak butuh melakukan mobilitas yang tinggi untuk datang ke kantor bank.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Kamu juga dapat terhindar dari kelupaan atau keterlambatan dalam pelunasan tagihan walaupun kamu sedang dalam kesibukan, karena saldo yang kamu miliki dalam rekening akan terpotong otomatis ketika sudah masuk dalam jatuh tempo pembayaran tagihan atau iuran.

Jadi kamu dapat terhindar dari denda keterlambatan yang harus kamu bayar karena tidak bisa membayar tagihan sesuai waktu yang telah ditentukan.

– Ramah lingkungan

Kamu telah berkontribusi dalam hal yang positif dalam pelestarian lingkungan ketika kamu telah memilih sistem autodebet ini, karena pembuatan kertas dapat dikurangi sedikit demi sedikit yang membuat penebangan pohon pun akan menjadi berkurang.

Meminimalkan penggunaan kertas ini dapat dilakukan dengan adanya sistem dalam jaringan seperti autodebet ini. Sebab, semua dokumen tagihan yang selama ini dikirimkan lewat surat kertas, kini dapat dikirimkan melalui surat elektronik atau yang biasa dikenal dengan sebutan e-mail.

Pihak bank akan segera mengurangi saldo dalam rekening tabungan kamu sesuai dengan tagihan yang dikirimkan melalui email tersebut. Dengan begitu sistem ini menjadikan semua praktis karena segala urusan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Kekurangan autodebet

cara setor uang ke atm bni

– Nyaman membayar dalam jumlah minim

Kamu akan merasa nyaman dan tidak menjadi ingin segera melunasi iuran atau tagihan ketika memiliki uang yang cukup untuk bisa membayar semua tagihan kamu.

Hal tersebut membuat kami terlena jika saja jumlah utang tersebut besar dengan bunga yang tinggi maka ini akan membuat akumulasi tagihan akan semakin besar pula.

– Lebih pasif dalam bertransaksi

Seluruh urusan yang berkaitan dengan tagihan bulanan sudah diurus pihak bank, ini membuat kamu akan menjadi lebih pasif dalam melakukan transaksi keuangan.

Jika memang begitu, maka sistem autodebet ini kurang cocok bagi kamu yang lebih menyukai mengawasi langsung setiap transaksi atau setiap pengeluaran bulanan yang terjadi pada rekening kamu.

– Sulit lakukan perubahan manual

Untuk dapat mengubah ke pembayaran manual ketika kamu sudah memilih pembayaran autodebet akan terasa sulit.

Hal itu dapat terjadi ketika suatu saat kamu ingin berhenti dan memilih untuk mengurus semuanya secara langsung dan mandiri.

– Membayar sesuatu yang tidak penting

Pemotongan secara otomatis dalam rekening kamu yang sesuai dengan tagihan yang ada sebelumnya adalah cara kerja sistem autodebet ini. Hal tersebut dapat merepotkan kamu jika ternyata kamu lupa karena telah mengikuti layanan tertentu yang mana sebenarnya layanan itu sudah tidak penting lagi akan tetapi iuran atau tagihan dari layanan tersebut masih berjalan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi mengenai Autodebet dari pengertian serta contohnya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!