Kota Termahal di Italia yang Berperan Penting di UE

Italia adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki beberapa kota besar dengan biaya hidup yang murah hingga yang paling mahal. Italia sangat terkenal dengan destinasi wisatanya yang populer di kalangan wisatawan asing dan tidak heran jika negaranya selalu dikunjungi dari orang-orang berbagai negara.

Kota termahal di Italia juga bisa menjadi tujuan utama banyak orang apabila ingin menikmati suasana khas Italia yang nyaman dan menyenangkan. Lalu, kota apa sajakah yang memiliki biaya hidup mahal di Italia?

Kota Termahal di Italia

Kota Termahal di Italia yang Berperan Penting di UE

1. Florence

Florence merupakan ibukota Tuscany Italia dan menjadi kota terpadat di Tuscany, Florence sebagai pusat perdagangan dan keuangan di Eropa saat abad pertengahan serta menjadi kota terkaya di masanya sehingga dianggap oleh berbagai akademisi sebagai tempat kelahiran renaisans, pusat budaya, seni, ekonomi, politik hingga keuangan utama. Saat masih berada di masa ini ternyata Florence juga telah mencapai posisinya karena memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap Italia, Eropa dan beberapa negara di sekitarnya, bahkan sejarah politiknya dipenuhi oleh gejolak yang mencakup periode pemerintahan keluarga medici yang berkuasa dan beberapa revolusi Republik hingga agama.

Kota Florence mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing di setiap tahunnya dan bahkan UNESCO telah mendeklarasikan tempat wisata pusat sejarah Florence menjadi situs warisan dunia di tahun 1982. Kota ini memang tujuan wisata karena terkenal dengan seni, budaya, renaisans, monumen dan arsitektur yang terdiri dari berbagai museum hingga galeri ternama serta memiliki pengaruh besar terhadap bidang seni, budaya dan politik.

2. Milan

Milan adalah salah satu kota termahal di Italia yang berada di Italia Utara, sebagai ibukota regional Lombardy, serta kota paling padat kedua di Italia sesudah Roma dengan wilayah perkotaan Milan paling besar keempat di Uni Eropa dan menjadikannya sebagai wilayah metropolitan terbesar di Italia dan terbesar di UE. Milan termasuk ibukota ekonomi Italia serta menjadi salah satu ibukota ekonomi Eropa hingga pusat keuangan yang peranannya sebagai kota Alfa Global terkemuka yang mempunyai kekuatan dalam bidang bahan kimia, seni, desain, perdagangan, hiburan, pendidikan, keuangan, mode, media atau komunikasi, kesehatan, pariwisata, penelitian dan jasa.

Selain itu, Milan termasuk kawasan bisnis sebagai tuan rumah dari bursa saham Italia dan kantor pusat bank serta perusahaan nasional dan internasional yang ada di kota ini, sehingga tidak heran jika biaya hidup di kota Milan memang cenderung lebih tinggi dibandingkan beberapa kota lain di Italia. Jika dilihat dari segi PDB tentunya Milan merupakan kota terkaya di Italia karena mempunyai perekonomian terbesar ketiga di beberapa kota Uni Eropa sesudah Paris dan Madrid, bahkan juga sebagai kota terkaya di beberapa kota non ibukota Uni Eropa.

3. Venesia

Venesia memasuki daftar kota termahal di Italia yang merupakan ibukota regional Veneto serta provinsi Venesia di negara Italia yang juga termasuk wilayah metropolitan ternama Italia. Kota ini sebagai salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Italia, sebagai pusat budaya utama dan bahkan sudah berkali-kali dinobatkan menjadi kota terindah di dunia yang sangat terkenal dengan sarana transportasi air yang digunakan yakni gondola .

Venesia didirikan oleh para penduduk yang berasal dari wilayah veneto yang cukup besar sebagai tempat perlindungan dari tindakan inovasi barbar Saat memasuki kekaisaran Romawi barat yang telah jatuh. Ekonomi di kota ini ternyata bergantung di sektor pariwisata, jasa, pembuatan kapal, ekspor industri dan perdagangan serta produksi kaca Venesia yang ada di Murano hingga produksi renda di Burano yang memiliki peranan sangat penting dengan pengaruhnya yang besar terhadap perekonomian Venesia.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

4. Positano

Positano adalah kota termahal di Italia yang sebenarnya adalah desa serta Komune berada di pantai Amalfi Provinsi Salerno Campania Italia khususnya di kawasan kantong perbukitan yang lebih mengarah ke pantai. Penghasilan paling besar dari kota ini berasal dari pariwisata yang merupakan industri utama dengan keberadaannya yang cukup populer karena terdapat Limoncellondan L’Albertissimo, salah satu minuman beralkohol yang hanya bisa didapatkan di warung kecil yang ada di pelabuhan utama.

Kota ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan berdampak pada kenaikan biaya hidup yang lebih mahal dari sebelumnya, seperti pertumbuhan kotanya sendiri berasal dari desa nelayan kecil sebagai tujuan internasional yang dikarenakan adanya kebangkitan terhadap industri pariwisata. Selain itu juga destinasi wisata ternama hingga situs bersejarah mampu menarik perhatian para wisatawan di dunia dan mendatangkan keuntungan untuk membuat Positano sebagai kota dengan biaya hidup tinggi.

5. Roma

Roma adalah kota dan komune khusus yang ada di Italia dan menjadi ibukota Italia serta regionel Lazio, menjadi comune paling padat dan paling besar di negara Italia hingga kota terpadat peringkat keempat di Uni Eropa jika dilihat dari jumlah populasi pada batas kotanya sendiri, bahkan juga sebagai kota metropolitan yang lokasinya di bagian barat tengah semenanjung Italia, di dalam Lazio tepat di sepanjang pesisir sungai Tiber. Kota Vatikan adalah negara independen dari segi geografisnya berada di dalam batasan kota Roma dan menjadi contoh negara yang ada di dalam kota sehingga Roma lebih sering dikenal sebagai ibukota dua negara.

Meski perekonomian di kota Roma pada ketiadaan industri berat dan lebih umum didominasi oleh perusahaan teknologi tinggi seperti TI, pertahanan, kedirgantaraan, juga terdapat bidang jasa, konstruksi dan komersial khususnya perbankan, aktivitas penelitian dan pengembangan pariwisata yang cukup besar sangat dinamis karena memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung perkembangan perekonomian di Roma serta negara Italia itu sendiri, hal ini menjadikan kota Roma sebagai salah satu kota termahal di Italia karena beberapa faktor ekonomi yang menjadi penyebabnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 27 Mei 2024