Kota Termahal di Rusia dengan Populasi Terbanyak

Kota termahal di Rusia yang sangat terkenal adalah Moskow yang selalu terlintas di pikiran banyak orang untuk dikunjungi guna melihat kemegahan negara Rusia, meskipun untuk jaraknya sendiri sangat jauh dari Indonesia. Namun banyak sekali dari warga Indonesia yang tertarik tinggal di Moskow baik itu untuk kerja ataupun keperluan studi.

Bahkan beberapa orang tertarik datang ke Moskow Rusia untuk tujuan wisata dan tidak tinggal secara permanen. Rusia juga masih memiliki beberapa kota dengan biaya hidup termahal untuk bisa tinggal di kota tersebut.

Kota Termahal di Rusia

Kota Termahal di Rusia dengan Populasi Terbanyak

1. Moskow

Moskow masih menempati posisi pertama sebagai kota termahal di Rusia karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti harga sewa tempat tinggal, belanja bahan makanan sehari-hari, kebutuhan transportasi, hingga hiburan. Hampir semua hal di Moskow ini memiliki harga yang sangat mahal sehingga bisa dipertimbangkan terlebih dahulu ketika ingin berkunjung ke salah satu kota di Rusia Karena untuk harganya sendiri bisa mencapai 2 sampai 3 kali lipat dibandingkan beberapa kota lain di Rusia.

Moskow adalah ibukota Rusia dan pusat ekonomi, politik, budaya dan sains utama dengan kotanya memiliki penduduk paling banyak di Rusia dan Eropa serta sebagai kawasan urban paling besar peringkat keenam di dunia yang sudah melakukan perluasan kota ke arah barat daya ke kawasan Oblast Moskwa dengan luasnya bertambah 2,5 kali lipat. Kota yang sangat terkenal di Rusia ini adalah kota terbanyak dihuni oleh orang-orang kaya di dunia dan menjadi kota yang memiliki ekonomi paling besar di Eropa karena memberikan kontribusi hingga 22% PDB Rusia, sehingga peranannya sangat besar sebagai pusat keuangan Rusia dan rumah untuk bank terbesar di negara rusia hingga adanya banyak perusahaan lain seperti halnya raksasa gas alam Gazprom.

2. St. Petersburg

St. Petersburg adalah kota termahal di Rusia dan kota terbesar peringkat kedua di Rusia sesudah Moskow dengan lokasinya berada di sungai Neva, terletak di ujung teluk Finlandia tepatnya di laut Baltik, sebagai kota terpadat ke-4 di Eropa, kota paling utara di dunia hingga kota terpadat di laut Baltik. Kota ini adalah ibukota kekaisaran Rusia serta memiliki pelabuhan yang sangat strategis secara historis yang telah diatur sebagai kota federal dan menjadi pusat kebudayaan Rusia yang telah menerima banyak jutaan wisatawan asing yang mengunjungi kota ini.

Bahkan dikenal sebagai pusat ekonomi, pariwisata dan ilmu pengetahuan yang peranannya sangat penting untuk menunjang perekonomian di Rusia hingga Eropa dan di zaman modern lebih dikenal dengan julukan ibukota Utara Rusia sebagai rumah untuk badan pemerintah federal terkemuka. Keberadaan kota ini memang menawarkan biaya hidup yang sangat mahal namun juga ditunjang dengan kelengkapan berbagai fasilitas yang telah disediakan, faktor utamanya yang menyebabkan biaya hidup tinggi adalah banyak pusat sejarah, museum seni terbesar, situs warisan dunia UNESCO dan lain sebagainya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

3. Anadyr

Anadyr termasuk salah satu kota termahal di Rusia yang berbeda dari beberapa kota mahal lainnya karena lokasinya sendiri memiliki cuaca dingin dan jauh dari berbagai hal, namun untuk segi harga memang sangat tinggi dalam kebutuhan makanan serta membeli perumahan sebagai tempat tinggal. Jika ingin datang ke kota ini tentunya Anda akan disajikan dengan harga di setiap toko lokal yang sangat mengejutkan hingga tiga sampai empat kali lipat lebih mahal dibandingkan harga rata-rata untuk negara Rusia, tetapi kota ini tetap memiliki daya tarik lokal tersendiri yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Biayanya yang sangat tinggi tersebut disebabkan pada jenis produk paling sederhana atau beberapa barang biasa lain dikirimkan hanya melalui laut dan hanya ketika cuacanya sedang dalam keadaan baik dan hal ini memang sangat jarang terjadi, pasalnya untuk kondisi geografis serta iklimnya yang keras, tidak tersedia jalan biasa, dan tidak ada rel kereta api yang melalui kota Anadyr, meski terdapat pesawat namun harganya akan jauh lebih mahal. Tidak hanya dari segi makanan saja yang harganya sangat fantastis, perumahan di kota ini untuk semua jenisnya sebagai komoditas mahal karena lokasinya berada di provinsi terpencil yang akan dikenakan biaya jauh lebih tinggi dibandingkan kota besar lain di Rusia, bahkan untuk harga apartemen saja sebanding dengan biaya yang dikeluarkan di Moskow.

4. Sochi

Sochi merupakan resort terbesar di Rusia dan menjadi salah satu kota termahal di Rusia dengan lokasinya berada di sungai Shoci, di sepanjang Laut Hitam Rusia Selatan, kota terbesar kelima pada distrik federal Selatan, kota terbesar ke-6 di Laut Hitam hingga kota terbesar kedua di Krasnodar Krai. Sochi sebagai negara paling mahal di Rusia karena pesisir Laut Hitam merupakan kawasan yang sangat populer untuk melakukan pembelian properti dan ini menjadi penghasilan utama di kota ini khususnya untuk Sochi dan Anapa, sehingga dengan mahalnya properti berpengaruh terhadap biaya hidup yang tinggi.

Sochi adalah pusat ekonomi di Rusia dan Krasnodar Krai, pusat industri terbesar yang menjadi motor atau penggerak pembangunan hingga menjadi penentu prospek serta arah pembangunan negara yang didasarkan pada konstruksi, perdagangan, pariwisata hingga resort yang telah dimiliki di kota ini sehingga menjadikannya sebagai pusat pariwisata yang sangat populer dan Pusat keuangan terkemuka di Rusia.

5. Novosibirsk

Novosibirsk adalah kota paling besar sebagai pusat administrasi Oblast Novosibirsk serta distrik federal Siberia yang ada di Rusia yang menjadikannya sebagai kota paling padat di Siberia serta kota terpadat ketiga di Rusia sesudah Moskow dan St. Petersburg yang lokasinya berada di barat daya Siberia tepat di tepian sungai Ob. Kota ini mengalami perkembangan yang sangat cepat sebagai pusat transportasi, industri utama hingga komersial dan membuatnya sebagai kota termahal di Rusia, meski sebelumnya telah dilanda perang saudara Rusia namun pulih kembali di awal periode Soviet dan memperoleh namanya hingga sekarang ini.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Selain itu juga sebagai salah satu pusat industri paling besar di Siberia, sesudah pecahnya Perang Dunia II berperan sebagai tuan rumah untuk banyak pabrik yang telah direlokasi dari pusat Rusia, kompleks industrinya sendiri terdapat 214 perusahaan industri menengah hingga besar. Sehingga untuk kota ini memang lebih mengunggulkan pada bidang industri dengan hasilnya yang sangat menguntungkan dan mampu menunjang perekonomian berkat industri unggulan dirgantara, bahan bakar nuklir, mesin tekstil, generator turbo dan pembangkit listrik tenaga air, mesin pertanian, produksi komponen dan perangkat elektronik, serta metalurgi dan pengerjaan logam.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 27 Mei 2024