Perbedaan Suasana Lebaran Jaman Dulu dan di Era Perkembangan Modern

Pernah gak berpikir soal perbedaan suasana lebaran dulu dan sekarang? Hari lebaran selalu identik dengan hal yang menyenangkan dan kebahagiaan secara bersama-sama. Suasana lebaran jaman dulu pun demikian dengan mengusung tradisi unik dan melekat di kehidupan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Tradisi Lebaran di Indonesia yang Masih Melekat Hingga Sekarang

Akan tetapi perbedaan lebaran jaman dulu dan sekarang sudah mengalami banyak perubahan dan membuat kebanyakan orang akan bernostalgia dengan momen lebaran tersebut. Banyak sekali hal yang akan dirindukan pada saat lebaran dengan mengusung keunikan dalam tradisi lama.

Perbedaan Suasana Lebaran Jaman Dulu

Perbedaan Suasana Lebaran Jaman Dulu

 

Meskipun tradisi lebaran pada jaman dulu dan sekarang sudah sedikit berbeda namun masih banyak hal-hal yang dilakukan saat ini. Sehingga setiap tradisi tidak hilang begitu saja di makan oleh waktu.

Inilah beberapa momen spesial yang banyak dilakukan pada saat lebaran jaman dulu:

1. Kumpul Keluarga Tanpa Ponsel

Salah satu momen lebaran yang sangat berbeda antara dulu dan sekarang adalah kebersamannya, kumpul keluarga, sungkeman, makan bersama tanpa disibukkan dengan ponsel. Meskipun memang sungkeman dan kumpul bersama keluarga masih ada sampai sekarang ini namun suasananya sudah berbeda.

Semua anggota keluarga sekarang lebih sering memainkan ponsel dan sibuk chatingan ataupun melihat video di ponsel. Tentu hal ini mengurangi momen kedekatan dan kebersamaan dengan keluarga sehingga sangat berbeda seperti jaman dulu.

2. Takbir Keliling Kampung Jalan Kaki Membawa Obor

Suasana lebaran jaman dulu dan sekarang untuk yang satu ini masih ada dilakukan oleh masyarakat di kampung dengan keliling mengumandangkan takbir. Akan tetapi perbedaannya dulu takbir keliling dilakukan dengan jalan kaki dan membawa obor karena belum ada lampu atau senter seperti sekarang ini.

Takbir keliling jaman sekarang justru sudah dilakukan dengan menggunakan motor bahkan mobil yang dihias cantik. Tidak lupa ditambahkan sound system sehingga kesan sederhana lebaran jaman dulu sudah tidak ada.

3. Lagu Lebaran Jaman Dulu

Perayaan hari lebaran tidak hanya mengusung tradisi unik namun juga terdapat lagu khas yang biasanya digemakan pada momen lebaran. Meskipun memang sekarang ini sudah banyak lagu religi terbaru akan tetapi lagu jaman dulu tetap dirindukan.

Suasana lebaran sekarang dan dulu sudah mengalami banyak perbedaan yang cukup signifikan. Perkembangan jaman telah memberikan suasana baru yang membuat kebanyakan orang dewasa rindu dengan momen spesial pada masa dulu.

4. Kue Lebaran Jaman Dulu

Melakukan perayaan lebaran di Indonesia selalu identik dengan berbagai macam kue disajikan di meja untuk hidangan pada tamu yang datang ke rumah. Jenis kue jaman dulu pun sangat ngangenin dah bahkan sekarang sudah sulit untuk menemukan kue tersebut.

Walaupun sekarang sudah banyak aneka macam kue dengan berbagai rasa yang enak namun kue jaman dulu selalu melekat dihati khususnya pada orang tua. Sebelum ada kue modern, dulu saat lebaran terdapat makanan ringan seperti halnya goyang, kue tradisional, semprong, rengginang dan yang lainnya.

5. Tradisi Membuat Kue Lebaran

Suasana lebaran jaman dulu sangat terasa saat berkumpul dan membuat kue bersama untuk hidangan nanti pada waktu lebaran. Orang jaman dulu bahkan sudah menyiapkan kue lebaran 2 minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri mulai dari kerupuk dan kue kering dibuat dengan tangan sendiri.

Momen seperti inilah yang membuat anggota keluarga kangen dengan suasana tradisional jaman dulu. Namun sekarang ini semua orang sudah dimudahkan dengan membeli makanan dan kue di toko bahkan pembelian secara online sehingga tidak ada lagi yang repot harus membuat jauh-jauh hari.

6. Halal Bihalal Ke Rumah Tetangga

Tradisi lebaran yang sangat unik dan selalu dinantikan oleh semua umat Muslim Indonesia adalah halal bihalal ke rumah tetangga. Pada jaman dulu setelah melaksanakan sholat Ied akan dilanjutkan dengan acara sungkeman di rumah lalu keluar dan berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk silaturahmi dan bermaaf-maafan.

Suasana lebaran jaman dulu sangat terasa kebahagiaan dan keakrabannya antar sesama lingkungan tetangga dan sekitar. Akan tetapi sekarang waktu sudah berubah dan lebaran banyak dilakukan hanya dengan menggunakan gagdet, setiap orang dimudahkan mengirim pesan singkat atau cukup dengan video call untuk bersilaturahmi dan maaf-maafan.

7. Tradisi Terbangkan Balon Kertas

Tradisi unik yang satu ini memang banyak dinantikan oleh masyarkat Purbalingga dengan menerbangkan balom secara rutin pada perayaan hari lebaran di kampungnya. Balon tersebut terbuat dari bahan kertas minyak dengan ketinggian mencapai 5 meter dan diameternya 1 hingga 2 meter, ukuran balon yang cukup besar akan diterbangkan secara gotong royong oleh warga dan dilepaskan.

Menariknya balon tersebut tidak dipompa namun masyarakat akan memasukkan asap melalui cerobong yang telah dibuat sebelumnya. Apabila balon sudah penuh dengan asap maka akan langsung naik ke atas dan membuat suasana lebaran di Purbalingga semakin meriah saat balon mulai mengudara.

8. Perang Sarung

Bagi anak yang lahir pada tahun 1990-an pasti masih ingat dengan tradisi unik jaman dulu yang sangat meriah dan dilakukan setelah mekasanakan ibadah sholat tarawih. Sepulang sholat, anak-anak akan melepaskan sarung lalu menyerang temannya dengan mengibaskan sarung tersebut.

Perang sarung ini biasanya dilakukan tanpa henti dengan teman sebaya sebelum yang diserang tersebut menangis. Momen yang satu ini susah tidak ada di kalangan anak-anak jaman sekarang dan mereka sepulang tarawih lebih memilih memegang ponsel dan bermain game bersama-sama.

9. Mengenakan Pakaian Adat

Jika dulu di kalangan masyarakat Jawa pada saat lebaran mengenakan pakaian adat tradisional. Namun berbeda dengan sekarang, justru semua masyarakat akan mengenakan baju baru untuk lebaran yang sudah disiapkan sebelumnya.

Pakaian yang digunakan dengan kesan mewah dan bagus. Hal ini sangat berbeda dengan pakaian tradisional pada jaman dulu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai suasana lebaran jaman dulu yang memiliki banyak perbedaan dengan sekarang. Tradisi lama saat lebaran sudah mulai hilang seiring perkembangan jaman.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 1 Maret 2024