Tradisi Perayaan Lebaran di Indonesia

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Muslim seluruh dunia dengan mengusung tradisinya masing-masing. Salah satunya perayaan lebaran di Indonesia yang sangat kental dengan berbagai macam tradisi di setiap daerah.

Biasanya tradisi untuk merayakan hari lebaran ini sangat khas dan cukup unik dengan mengusung konsep yang berbeda. Meskipun begitu terdapat beberapa tradisi yang sama dan hampir sebagian besar masyarakat Indonesia melakukannya, berikut inilah tradisi yang sering dilakukan setiap menjelang lebaran.

Ketupat

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan tradisi yang satu ini yakni suguhan makana ketupat pada Hari Raya Idul Fitri. Hampir setiap rumah menyajikan ketupat sebagai kuliner khas yang harus ada di perayaan hari lebaran.

Makanan ketupat ini akan disandingkan dengan menu pendamping yang tak kalah enaknya yakni makanan opor, rendang, sambal goreng atau yang lainnya. Tidak heran setiap hari lebaran selalu tersedia banyak hidangan sebagai bentuk penyambutan hari yang penuh dengan kemenangan setelah menjalankan puasa dalam 1 bulan penuh.

Salam Tempel

Tradisi perayaan lebaran di Indonesia yang marak diterapkan adanya salam tempel dan menjadi tradisi yang terbilang sangat unik. Bagi orang dewasa dari anggota keluarga akan memberikan uang THR pada anak-anak kecil saat bersalaman meminta maaf sehingga dinamakan salam tempel.

Tidak heran jika tradisi lebaran yang satu ini mengundang minat anak-anak untuk menunggu datangnya Hari Raya Idul Fitri karena ingin mendapatkan salam tempel. Jumlah dari uang yang diterimanya berbeda-beda tergantung dari orang yang memberikannya.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Baju Baru

Salah satu tradisi menjelang lebaran yang harus diterapkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah membeli baju baru. Kemeriahannya sangat terasa menjelang Hari Raya Idul Fitri, bahkan masih dalam hari puasa pun orang-orang sudah banyak yang mempersiapkan dirinya dengan belanja baju baru.

Terlebih saat memasuki hari lebaran ini banyak sekali promo yang justru mampu menarik perhatian bagi masyarakat. Sehingga saat hari lebaran nantinya semua orang mengenakan baju baru yang sebelumnya telah dipersiapkan.

Parcel Lebaran

Perayaan lebaran di Indonesia akan terasa kurang tanpa adanya parcel yang nantinya akan dibawa berkunjung. Parcel lebaran sangat populer di Indonesia karena banyak masyarakat yang membagikan bingkisannya pada sanak saudara ataupun tetangga dekat sebagai bentuk merayakan hari Idul Fitri.

Isi dari parcel yang diberikan pun beraneka macam seperti halnya makanan atau minuman khas lebaran. Akan tetapi juga banyak orang yang mengkreasikan parcel lebaran dengan tambahan unik lainnya.

Takbiran

Takbiran adalah tradisi untuk merayakan lebaran di Indonesia dan akan berlangsung pada malam hari menjelang hari lebaran tersebut. Dimana akan ada banyak orang yang berkeliling mengumandangkan takbir sambil menabuh beduk dengan suasana yang sangat meriah.

Pawai takbiran ini dilakukan berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia tergantung dengan tradisinya masing-masing. Sebab juga banyak daerah yang melakukan takbir hanya tanpa keliling dan hanya di masjid saja.

Petasan Kembang Api

Kemeriahan pada perayaan lebaran di Indonesia ditandai dengan adanya banyak petasan dan kembang api. Ukuran dari kembang api yang dinyalakan tidak hanya berukuran kecil namun banyak ukuran besar yang menjadikan suasananya sangat meriah.

Petasan dan kembang api akan dimainkan menjelang hari Raya Idul Fitri atau malam takbiran untuk meningkatkan kemeriahannya. Akan tetapi juga banyak daerah yang melansungkan perayaan kembang api dengan pada pagi hari setelah melakukan ibadah sholat Ied yang menunjukkan bahwa hari kemenangan telah tiba.

Ziarah atau Nyekar

Tradisi lama yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dengan melakukan ziarah kubur ke makam anggota keluarga ataupun leluhur. Tradisi perayaan hari lebaran di Indonesia ini cukup unik dan bahkan di tempat area makan pun sangat ramai orang yang sedang berziarah.

Pada umumnya melangsungkan ziarah kubur ataupun nyekar akan dilakukan sebelum hari lebaran tiba namun banyak juga yang melakukannya pada hari pertama lebaran. Hal ini menjadikan tradisi memiliki nilai tersendiri di mata masyarakat dan sudah sangat kental dilakukan secara turun temurun.

Halal Bi Halal

Perayaan lebaran di Indonesia identik dengan berkumpul bersama keluarga memang menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen berharga untuk saling silaturhami dengan kerabat yang jauh dan saling minta maaf dan memaaftkan.

Tradisi ini dikenal dengan sebutan halal bihalal yang sudah ada sejak dulu dan selalu diterapkan selama Hari Raya Idul Fitri baik itu bersama keluarga ataupun tetangga. Hari pertama lebaran biasanya akan berkunjung ke tempat keluarga, sahabat ataupun tetangga untuk bersilaturahmi dan mengucapkan maaf satu dengan yang lainnya.

Mudik

Tradisi hari lebaran di Indonesia yang sangat meriah dan sering dilakukan adalah mudik atau pulang kampung. Hari lebaran memang menjadi momen untuk melakukan silaturahmi sehingga banyak sekali orang yang sedang merantau jauh pun pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

Mudik lebaran ini bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, kereta, pesawat dan bahkan banyak yang menggunakan sepeda motor. Hampir semua orang berbondong-bondong dari kota ke menuju kampung halaman dan bahkan menimbulkan kemacetan luar biasa di sepanjang jalanan kota.

Makanan Ringan Khas Lebaran

Tradisi lebaran ditandai dengan banyaknya makanan ringan khas lebaran yang selalu disajikan di atas meja setiap rumah. Berbagai macam makanan ringan tersedia mulai dari camilan roti, kerupuk, keripik, agar-agar bahkan juga banyak sajian aneka minuman.

Demikianlah beberapa uraian mengenai tradisi perayaan lebaran di Indonesia yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Momen yang meriah ini sebagai bentuk penyambutan hari kemenangan yang hanya berlangsung satu kali dalam setahun dengan berbagai macam tradisi unik.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram