Kekurangan Koperasi yang Membuat Sulit untuk Berkembang

Di samping koperasi memiliki kelebihan tentunya juga terdapat kekurangan koperasi yang perlu diketahui ketika memutuskan untuk bergabung menjadi anggotanya. Koperasi merupakan satu dari tiga pelaku ekonomi yang ada di Indonesia setelah dari sektor pemerintah yaitu BUMN ataupun sektor swasta.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Akan tetapi sampai saat ini koperasi tetap memiliki kontribusi terhadap pendapatan nasional yang masih jauh tertinggal dan koperasi tetap eksis untuk membantu dalam memberikan kesejahteraan masyarakat umum hingga anggotanya. Meskipun sudah banyak usaha besar yang mengalami goncangan hingga kolaps namun tidak dengan adanya koperasi, sehingga bisa diindikasikan bahwasanya koperasi masih dapat dikembangkan dengan baik di negara Indonesia ini.

Kekurangan Koperasi yang Membuat Sulit untuk Berkembang

Kekurangan Koperasi

Meskipun pada umumnya memang koperasi memiliki banyak kelebihan yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Akan tetapi di samping itu koperasi juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan sebagai badan usaha di Indonesia.

Berikut inilah beberapa kekurangan yang dihadirkan dari koperasi yang ada di Indonesia:

1. Kesadaran Berkoperasi Anggota Sangat Lemah

Kelemahan terbesar dari kehadiran koperasi yaitu bahwasanya tidak semua anggota yang masuk ke dalam koperasi itu sendiri memiliki kesadaran secara penuh dan sama untuk menjalankan prinsip dari kegiatan koperasi dengan baik. Sampai saat ini pun masih banyak beberapa koperasi yang memiliki anggota tidak rutin untuk melakukan penyetoran iuran wajibnya.

Padahal tujuan dengan tergabung koperasi tentunya ingin mendapatkan keuntungan besar dengan sisa hasil usaha yang dihadirkan oleh koperasi. Dengan melakukan pembayaran iuran secara rutin tentunya besar kemungkinan adanya kontribusi besar dari anggota terhadap koperasi dan nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang besar pula dengan mengikuti kontribusi tersebut.

2. Koperasi Mempunyai Daya Saing Yang Cukup Lemah

Kekurangan koperasi salah satunya adalah saat ini posisinya memiliki daya saing yang sangat lemah. Pada umumnya sudah diketahui bahwasanya apabila dibandingkan dengan adanya badan usaha lain tentunya untuk daya saing koperasi ini masih jauh tertinggal di belakang.

Dengan demikian koperasi ini menjadi badan usaha yang sulit untuk menghadapi persaingan dibandingkan dengan badan usaha yang lainnya. Kelemahan ini masih terus berlanjut pada koperasi dan belum adanya peningkatan untuk menghadapi persaingan bersama badan usaha lain.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

3. Modal Koperasi Terbatas

Seperti yang kita ketahui bahwasanya modal yang didapatkan oleh koperasi ini cukup terbatas karena memang koperasi hanya bisa mendapatkan modal dari anggota yang turut serta untuk menanamkan sejumlah dana. Modal koperasi yang sangat terbatas serta adanya kendala dalam mendapatkan modal menjadi kekurangan koperasi itu sendiri.

Kelebihan bagi sebuah koperasi yang baru saja berdiri cenderung mempunyai modal yang sangat terbatas dan biasanya sangat sulit untuk mendapatkan modal yang lebih besar. Hal ini tentunya berbeda dengan bank yang lebih mudah untuk mendapatkan modal dan mampu bersaing di lingkungan lembaga keuangan lainnya.

4. Koperasi Kekurangan Tenaga Profesional

Kekurangan koperasi yang lainnya adalah tenaga profesional yang memadai di koperasi tidak terlalu banyak sehingga sangat sulit untuk melakukan pengelolaan secara maksimal pada koperasi yang sangat ini sedang berjalan. Pada sebuah koperasi, sumber daya manusia yang tersedia terkadang kurang kompeten untuk melakukan pengurusan serta pengelolaan secara baik dan.

Hal ini tentunya sering terjadi dan mengakibatkan kerjasama yang sangat buruk antara pengurus, pengelola, pengawas ataupun anggota. Apabila kondisi ini tidak segera diperbaiki tentunya menjadi salah satu faktor penghambat untuk posisi koperasi bisa maju berkembang di Indonesia.

5. Adanya Konflik Kepentingan Di Koperasi

Sebenarnya pada setiap perkumpulan ataupun organisasi pasti terdapat gesekan kepentingan antar masing-masing anggota yang ada di dalamnya. Kondisi ini ternyata juga berlaku di koperasi yang sering menimbulkan konflik kepentingan dan menjadi kekurangan Koperasi di Indonesia.

6. Dipandang Tidak Menguntungkan Dari Segi Ekonomi

Keberadaan koperasi di Indonesia ternyata masih dianggap oleh kalangan masyarakat tidak memberikan keuntungan apapun. Sebagian besar koperasi yang ada dipandang tidak bisa menguntungkan secara ekonomi sehingga besar kemungkinan koperasi tersebut sulit untuk berkembang karena tidak ada anggota yang ingin bergabung dengan koperasi tersebut.

Kelebihan Koperasi

Selain adanya kekurangan tentunya koperasi juga terlihat memiliki banyak kelebihan yang dihadirkan sebagai badan usaha di Indonesia. Inilah beberapa kelebihan dari koperasi yang bisa kamu ketahui:

1. Koperasi Mengutamakan Kepentingan Anggota

Dalam menjalankan Koperasi ini memiliki tujuan untuk mengutamakan kepentingan para anggotanya sebagai prinsip yang dijalankan selama ini. Koperasi sebagai badan usaha yang berbasis dengan orang ataupun manusia bukanlah modal ataupun benda karena tanpa adanya anggota tentunya koperasi tidak bisa berjalan dan beroperasi sebagaimana mestinya.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

2. Anggota Berperan Sebagai Produsen Dan Konsumen

Pada sebuah koperasi pastinya untuk keberhasilannya ditentukan oleh setiap anggota yang tergabung pada koperasi tersebut. Hal ini dikarenakan di dalam koperasi ini anggota memiliki peran yang sangat penting sebagai produsen dan konsumen.

Demikian partisipasi ganda pada setiap anggota koperasi ini sangat diharapkan guna membantu kelancaran aktivitas dari koperasi. Anggota yang sudah dihimbau untuk rutin melakukan peminjaman dan juga harus aktif dalam penyimpanan dana.

3. Koperasi Memiliki Prinsip Sukarela Dan Terbuka

Kebanyakan orang yang ingin bergabung menjadi anggota koperasi itu menjadi kemauannya sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Anggota yang tergabung menjadi bagian dari koperasi bisa meningkatkan taraf hidupnya dan koperasi menjadi badan usaha terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung.

4. Prinsip Pengelolaan Koperasi Untuk Menumpuk Laba

Dalam pengelolaan koperasi ini memiliki prinsip untuk menumpuk laba lebih banyak yang bertujuan guna kepentingan para anggotanya. Bahwasanya turut serta menjadi anggota koperasi mendapatkan sisa hasil usaha ataupun laba koperasi yang nantinya akan dibagikan pada semua anggotanya secara adil dan merata.

5. Koperasi Sebagai Badan Usaha Sesuai Prinsip Dan Pencerminan Bangsa Indonesia

Kehadiran koperasi di Indonesia ini ternyata sesuai dengan prinsip dan sikap dari bangsa Indonesia itu sendiri. Koperasi sebagai badan usaha yang mencerminkan dari kepribadian masyarakat Indonesia yang memiliki sikap kekeluargaan dan gotong royong.

Sementara itu koperasi juga mengedepankan asas kekeluargaan dan gotong royong yang tidak jauh berbeda dengan cerminan diri bangsa Indonesia. Sehingga keberadaan Koperasi di Indonesia ini sangat cocok untuk diterapkan karena seimbang dan selaras dengan apa yang diinginkan oleh Indonesia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait kekurangan koperasi yang dijalankan di Indonesia. Di samping banyaknya kelebihan yang dihadirkan oleh koperasi ternyata juga terdapat kekurangan yang perlu kamu ketahui.

Instagram