duta besar indonesia untuk singapura (profil)

Duta Besar Indonesia untuk Singapura bisa membantu warga negara Indonesia yang sedang bekerja di negara Singapura ataupun berlibur. Kedutaan besar Republik Indonesia di Singapura atau KBRI Singapura merupakan misi diplomatik dari Republik Indonesia untuk Republik Singapura itu sendiri.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Sementara itu untuk duta besar sekarang ini dijabat oleh Suryopratomo yang telah dilantik oleh presiden Joko Widodo sejak tanggal 14 September 2020. Duta Besar Indonesia yang ada di negara Singapura memiliki peran yang sangat penting untuk menjalankan diplomatik antar dua negara ini.

Daftar Duta Besar Indonesia Untuk Singapura

duta besar indonesia untuk singapura (profil)

Duta Besar Indonesia yang ada di Singapura sudah ada sejak zaman Ir. Soekarno dan terus mengalami perubahan sampai sekarang ini. Berikut ini lah Duta Besar Indonesia yang ada di Singapura hingga duta besar yang dilantik oleh Ir. Joko Widodo

Nama Mulai menjabat Selesai menjabat
Mohamad Razif
Konsul Jenderal
1950 1954
Hermen Kartowisastro
Konsul Jenderal
1954 1956
Hmad Natanegara
Konsul Jenderal
1956 1958
G.P.H. Djatikusumo
Konsul Jenderal
1958 1960
Sugih Arto
Konsul Jenderal
1961 1963
Abdul Rahman Ramly 1967 1969
Soenarso 1969 1972
Rukmito Hendraningrat 1972 1976
Chaeruddin Tasning 1976 1978
Sudjatmiko 1978 1984
Rais Abin 1984 1988
Tuk Setyohadi 1988 1992
Soedibyo Rahardjo 1992 1996
Herman Bernhard Leopold Mantiri 1996 1999
Luhut Binsar Pandjaitan 1999 2000
Johan S. Syahperi 2000 2002
Mochamad Slamet Hidayat 12 Juni 2003 Februari 2006
Wardana Februari 2006 21 Desember 2011
Andri Hadi 21 Desember 2011 23 Desember 2015
I Gede Ngurah Swajaya 23 Desember 2015 14 September 2020
Suryopratomo 14 September 2020
(Kredensial: 24 November 2020)
Petahana

Pelayanan Masyarakat Duta Besar Indonesia Di Singapura

1. Keimigrasian

Paspor RI

– Permohonan Paspor Baru
– Penggantian Paspor/Paspor Baru
– Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP)
– Perubahan Data Paspor
– Surat Keterangan di negara lain
• Pulang/Pindah ke Indonesia
• Izin melahirkan anak di Singapura

2. Visa

Kekonsuleran

1. Pencatatan Kelahiran
2. Pernikahan di Singapura
3. Pencatatan Pernikahan
4. Legalisasi Dokumen
5. Surat Keterangan

Semua pelayanannya KBRI di Singapura untuk WNI yang membutuhkan referensi pendukung guna mengetahui informasi tentang data diri (nama, tempat lahir, tanggal lahir, status, tempat tinggal, dsb.)

3. Smart Embassy

Smart Embassy telah diluncurkan oleh KBRI Singapura sejak Desember 2016. Aplikasi dari Smart Embassy adalah sistem teknologi yang bisa digunakan oleh kedutaan guna melakukan pelacakan warga negara Indonesia dan melakukan diplomasi ekonomi yang dilakukan di negara Singapura.

Waktu pelayanan KBRI di Singapura

1. Waktu pelayanan publik bagian Konsuler

• Penerimaan dokumen: Senin – Jumat (09.00 – 12.00)
• Pengambilan dokumen: Senin – Jumat (14.30 – 17.00)
Khusus untuk Pencatatan Kelahiran waktu pengambilan dokumen pada hari Senin – Jumat (09.00 – 11.00)

2. Waktu pelayanan publik bagian Imigrasi

• Pengajuan permohonan: Senin – Jumat (09.00 – 12.00)
• Pengambilan dokumen: Senin – Jumat (15.00 – 17.00)

3. Untuk pelayanan lainnya:

• Senin – Jumat (08.30 – 17.30)

Duta Besar Indonesia Untuk Singapura Suryopratomo

Duta besar luar biasa dan berkuasa penuh yang baru dari Indonesia untuk Singapura yakni Suryopratomo sudah resmi menjalankan tugasnya setelah menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Singapura yakni Halimah Yacob.

Suryopratomo berusia 259 tahun yang sangat dikenal sebagai jurnalis senior terkemuka lulusan ilmu peternakan dari Institut Pertanian Bogor yang sebelumnya pernah menjabat sebagai pimpinan redaksi Kompas dan wakil chief Executive Officer Kompas Gramedia Group.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura

Duta Besar Indonesia untuk negara Singapura ini pernah diberikan kepercayaan sebagai pemimpin redaksi, direktur pemberitaan sampai jabatan yang terakhir adalah Direktur Utama di Metro TV, Selain itu duta besar Indonesia ke-21 ini memiliki peranan yang sangat aktif sebagai anggota Satgas penanganan covid di Indonesia.

Tidak heran jika namanya cukup famous di kalangan pemberitaan pada stasiun TV yang ada di Indonesia.

Agenda besar untuk Suryopratomo sebagai Duta Besar Indonesia

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo mendapatkan 4 agenda besar yang harus dijalankan yakni memberikan perlindungan pada warga negara Indonesia yang ada di Singapura, Meningkatkan kerjasama pada bidang kesehatan hingga ekonomi serta membantu dalam menjaga perdamaian di kawasan Laut Cina Selatan.

Duta besar Suryopratomo merupakan pejabat non karir pertama yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Singapura dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Berita besar non karir yang terakhir adalah menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi yakni Luhut Panjaitan yang menjalankan tugasnya pada tahun 1999 sampai tahun 2000. Meskipun begitu program yang dijalankan oleh Suryopratomo cukup unggul untuk mengenalkan Indonesia ke lingkup internasional.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Indonesia Showcase

Indonesia showcase yang ada di kantor Duta Besar Indonesia untuk Singapura telah diluncurkan sejak tahun 2017 dengan menampilkan contoh berbagai macam produk ekspor unggulan Indonesia di kantor KBRI Singapura dan sekarang sudah mempunyai katalog dalam bentuk digital yang memuat 4000 lebih perusahaan Indonesia termasuk UMKM.

Kedutaan besar Indonesia yang ada di Singapura pun juga mengurusi UMKM yang di dibuat dalam bentuk katalog digital dan dilengkapi dengan adanya informasi terkait perusahaan hingga produk yang ditawarkan pada akses importir mancanegara.

Katalog digital dan showcase bisa memandu untuk mendapatkan informasi yang lebih efektif guna mengenalkan produk ekspor potensial Indonesia yang dikembangkan sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan investasi dan pariwisata, sehingga dengan adanya KBRI di Singapura memiliki peranan yang sangat penting untuk mengenalkan Indonesia ke ancah internasional.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait Duta Besar Indonesia untuk Singapura Yakni Suryopratomo dengan agenda besarnya yang harus dijalankan untuk nama baik Indonesia. Meskipun selama ini terjun di dunia jurnalistik namun perannya sebagai duta besar membawa peluang yang bagus untuk Indonesia.