Cuaca dan Iklim di Singapura Tropis Seperti Indonesia dan Malaysia

Cuaca dan iklim di Singapura tentunya cukup sama dengan yang ada di Indonesia meskipun tetanggaan. Iklim di negara Singapura masih dengan iklim tropis yang hangat dan lembab sepanjang tahun serta rata-rata suhu yang dimilikinya kisaran 23 sampai 32 derajat celcius.

Lihat Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk kirim uang

Dengan adanya dua musim di negara Singapura ini membuat cuacanya sudah pasti. Pada bulan Juni dan Mei adalah musim kemarau sementara itu untuk bulan November dan Desember musim hujan.

Singapura Iklim Tropis

Cuaca dan Iklim di Singapura Tropis Seperti Indonesia dan Malaysia

Sebenarnya cuaca dan iklim di Singapura ini dikenal dengan adanya 3 musim yakni musim kemarau, musim hujan dan musim pancaroba. Mulainya musim hujan sejak bulan November sampai bulan April dan musim kemarau sejak bulan April sampai September.

Jika sudah mengalami musim kemarau yang sangat panjang maka Singapura akan diterpa dengan musim pancaroba yang mana sebenarnya juga ada di Indonesia atau Malaysia.

Musim pancaroba biasanya akan berlangsung sejak bulan September sampai November dan semua musim tersebut bergiliran yang tidak terlepas dari pengaruh letak geografis negara Singapura.

Perbandingan Suhu di Singapura dan Indonesia

Cuaca dan iklim di Singapura lebih ke tropis basah yang memiliki curah hujan dan suhu cukup tinggi, bahkan suhunya ini bisa mencapai 26 derajat celcius dengan pergeserannya sekitar 1.4 derajat celcius saja.

Sementara itu untuk curah sekitar 2.500 mm per tahun dan negara Singapura ini memiliki kelembaban yang relatif menunjukkan pola seragam sepanjang tahun dan tidak ada perbedaan jauh.

Hanya saja untuk variasi hariannya ini sangat mencolok dan 90 persen lebih di pagi hari sebelum matahari mulai terbit serta turun kisaran 60 persen pada sore hari pada saat tidak ada hujan. Rata-rata kelembaban relatifnya untuk tahunan bisa mencapai 83.0 persen dan sering 100 persen jika musim hujan.

Rata-Rata Cuaca dan Iklim di Singapura Sepanjang Tahun

Di Singapura ini pada musim panas akan terasa sangat panas, menyengat , berangin namun tetap hangat. Sementara itu untuk musim dingin akan merasakan hujan terus menerus dan mendung.

Sepanjang tahun untuk suhunya sangat bervariasi mulai dari 25 derajat celcius sampai 32 derajat celcius. Suhu di negara Singapura ini sangat jarang berada di bawahnya angka 24 derajat celcius ataupun di atasnya 33 derajat celcius.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Suhu Rata-rata di Singapura

Pada musim panas di Singapura ini akan berlangsung selama 3.6 bulan dari 28 Februari hingga 15 Juni dengan suhu tertingginya harian rata-rata bisa di atas 31 derajat celcius.

Sementara itu untuk bulan terpanasnya dalam setahun ini di Singapura adalah bulan Juni dengan rata-rata suhu yang dimilikinya terendah yakni 31 derajat celcius dan tertingginya 26 derajat celcius.

Sedangkan untuk musim dinginnya berlangsung selama 1.6 bulan yang dimulai sejak 3 Desember hingga 22 Januari dengan suhunya tertinggi harian yakni rata-rata di bawahnya 30 derajat celcius.

Bulan yang paling dingin dalam setahun di Singapura adalah bulan Desember dengan rata-rata 25 derajat celcius dan tertinggi 30 derajat celcius.

Awan

Cuaca dan iklim di Singapura memiliki persentase rata-ratanya langit tertutupnya awan mengalami variasi musiman kecil sepanjang tahun dan masa cuacanya lebih cerah tiap tahun mulai dari 10 Januari akan berlangsung 3.2 bulan berakhir 15 April. Bulan yang paling cerah dalam setahun di Singapura yakni Februari dan sebagian besarnya cerah sebagian 23 persen.

Masa lebih saat berawan pada tahun ini akan dimulai dari 15 April serta berlangsung dalam 8.8 bulan dan berakhir selama 10 Januari. Sementara itu untuk bulan paling berawan dalam setahun yakni November dengan rata-rata langitnya mendung sebagian besar berawan 90 persen sepanjang waktu.

Presipitasi

Hari basah merupakan hari dimana 1 ml curah hujan cair dan kemungkinan besarnya hari basah sangat bervariasi sepanjang tahun. Musim hujan akan berlangsung dalam 9.2 bulan dari 28 Maret hingga 1 Januari dan lebih dari 43 persen kemungkinan harinya menjadi hujan.

Sementara itu untuk musim kemaraunya akan berlangsung selama 2.8 bulan yang dimulai dari 1 Januari hingga 28 Maret dah bulan paling basahnya pada Februari dengan rata-rata 7,3 hari dengan 1 ml curah hujan.

Bulan paling banyak hujan saja pada November dengan rata-rata 18. 1 hari dengan bentuk curah hujannya paling umum adalah hujan.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60+ Negara

Curah Hujan

Cuaca dan iklim di Indonesia selalu berhubungan langsung dengan curah hujan. Berikut inilah gambaran curah hujan di Singapura:

• Dalam menunjukkan variasinya dalam bulan dan bukan hanya totalan bulan saja telah terakumulasi pada periode 31 hari bergeser ke pusat lalu berpusat pada setiap hari,
• Rata-rata curah hujannya geser dari 31 hari selama musim panas yang ada di Singapura pada dasarnya tetap konstan,
• Kisaran pada curah hujan tetap pada 127 ml sepanjang waktu dan bahkan jarang lebih dari 216 ml ataupun jatuh di bawahnya 52 ml.

Kelembaban

Tingkat kenyamanan pada kelembabannya pada titik embun sebab menentukan keringat akan menguap sehingga mendinginkan tubuh dengan titik embun lebih rendah dan kering serta titik embun lebih tinggi dan lembab. Hal ini tentunya tidak seperti dengan suhu yang ada variasi siang dan malam maka titik embunnya akan lambat dan hari lembab biasanya diikuti malam yang lembab.

Peluang bahwasannya hari akan panas dan lembab di Singapura yakni tetap konstan pada saat musim panas dan 100 persen sepanjang waktu. Seperti pada tanggal 1 Januari hari paling panas dan lembab dalam setahun dengan kondisi kelembabannya 100 persen.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai cuaca dan iklim di Singapura yang dapat kamu ketahui. Cuaca dan iklim tentu akan berhubungan langsung dengan musim, suhu, kelembaban dan lain sebagainya.

Instagram