Contoh RAB Kamar Mandi Harga Dibawah 10 Juta

RAB atau singkatan dari rencana anggaran biaya merupakan sebuah hal yang sangat penting salah satunya adalah RAB kamar mandi. Setiap elemennya wajib dihitung dengan sangat baik, agar ketika dalam proses pembangunan segala bahan yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik semuanya.

Dalam pembuatan kamar mandi bukanya hanya desain dan konsepnya saja yang harus matang. Akan tetapi rancangan biaya kamar mandi harus dihitung dengan sangat detail dan tidak boleh ada kesalahan.

Pembuatan RAB kamar mandi juga tidak boleh asal-asalan. Karena seperti yang kita ketahui kamar mandi merupakan ruangan yang sangat penting di rumah dan memiliki fungsi yang sangat vital.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

RAB kamar mandi bukan hanya digunakan ketika ingin membuat kamar mandi dari nol. Tapi juga digunakan dalam merenovasi kamar mandi.

Nah, buat kamu yang ingin merenovasi kamar mandi dan masih kesulitan untuk membuat RAB kamar mandi. Silahkan simak pembahasan dibawah ini dengan baik.

Pengertian RAB Kamar Mandi

Contoh RAB Kamar Mandi Harga Dibawah 10 Juta

RAB kamar mandi yaitu sebuah hitungan estimasi dana yang harus dikeluarkan ketika pembuatan kamar mandi, yang didapatkan dari kebutuhan, rencana pembuatan, dan spesifikasi kamar mandi yang diinginkan.

Dengan kata lain RAB merupakan banyaknya dana yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan, alat, dan upah pekerja, serta beberapa biaya lainnya yang berhubungan dengan renovasi atau pembuatan kamar mandi.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Kesimpulannya RAB kamar mandi adalah patokkan dana yang harus dialokasikan untuk membangun atau merenovasi kamar mandi dari awal pekerjaan hingga selesai. Tujuan dibuatnya RAB kamar mandi agar dana dapat dikelompokkan sesuai dengan biaya material yang dibutuhkan.

Sehingga dengan adanya RAB kamu dapat mengetahui seberapa banyak uang yang akan kamu keluarkan untuk membangun atau merenovasi kamar mandi. Jadi seluruh biaya yang dikeluarkan bisa ditekan dan dikeluarkan lebih efektif dan efisien.

Cara Menghitung RAB Kamar Mandi

Menghitung RAB Kamar Mandiri sebenarnya tidak sulit. Mungkin buat kamu yang baru saja membuatnya akan sedikit bingung dan merasakan sulit tapi sebenarnya tidak.
Langkah pertama untuk menghitung RAB kamar mandi yaitu menentukan luas, desian, harga per item material, dan harga satuan per meter pesegi dari pembuatan atau renovasi kamar mandi. Karena harga-harga tersebut akan mempengaruhi besaran anggaran pada pembuatan atau renovasi kamar mandi milik mu.

Contoh penggunaan RAB yaitu untuk melihat luas kamar mandi untuk dapat mengetahui kebutuhan akan keramik, batu bata, semen, dan lainnya. sedangkan desain yang ada untuk dapat menentukan aksesoris serta konsep yang akan dibuat pada kamar mandi tersebut.

Contoh RAB yang biasanya digunakan untuk rumah, bisa diaplikasikan untuk RAB kamar mandi yaitu menggunakan hitungan luas x harga per meter persegi. Setelah mengetahui cara menghitungnya kini waktunya merinci secara detail daftar pekerjaan dari spesifikasi, hingga kebutuhan lainnya.

Menghitung RAB bisa kamu gunakan cara dengan menghitung berdasarkan volume pekerjaan dalam satuan m2,m3, dan per unit. Jangan lupa untuk menghitung upah pekerja, dan tentukan sistem pembayaran nya borongan atau harian.

Bisanya upah pekerja bangunan di beberapa daerah yaitu mulai dari Rp.120 ribu sampai Rp.150 ribu per harinya. Dan cara terakhir untuk menghitung RAB kamar mandi yaitu dengan merekap dan menjumlahkan semua total biaya secara keseluruhan.

Dari jumlah biaya tersebut kamu akan mengetahui seberapa banyak biaya yang diperlukan untuk merenovasi atau membuat kamar mandi yang harus kamu siapkan. Sebagai catatan kamu juga harus menambahkan 10% dari hitungan tersebut untuk biaya tak terduga.

Contoh RAB Pembuatan Kamar Mandi

Contoh RAB kamar mandi ini bisa kamu gunakan dan dijadikan acuan. Yang perlu kamu pahami bahwa setiap material pada setiap wilayahnya memiliki harga yang berbeda-beda.

Karena biasanya setiap toko bangunan memasang harga yang berbeda pada setiap martial meskipun merknya sama. Nah, agar kamu tidak mendapatkan harga yang mahal kamu bisa menawarnya dengan harga seperti contoh RAB kamar mandi dibawah ini.

– Cat dinding Rp. 300.000
– Keramik dinding Rp. 1.500.00
– Semen Rp. 350.000
– Pasir Rp. 150.000
– Cat Rp. 200.000
– Keramik lantai Rp. 300.000
– Shower RP. 450.000
– Kloset Rp. 2000.000
– Cermin Rp 150.000
– Gantungan Handuk Rp. 130.000
– Tempat sabun Rp. 150.000
– Upah pekerja bangunan untuk 2 orang 7 hari @150.000 = Rp. 2.100.000
Jumlah anggaran biaya kamar mandi = Rp. 7.780.000

Jadi biaya yang harus kamu siapkan untuk membuat kamar mandi yaitu sekitar Rp. 7.780.000 dan jangan lupa siapkan dana darurat sekitar 10%. Sehingga dana yang harus kamu pegangang yaitu sekitar Rp. 8,5 juta.

Hal-hal Penting Ketika Membangun Kamar Mandi

Setelah kamu memahami bagaimana caranya membuat RAB kamar mandi yang benar. Sebelum kamu membeli setiap materialnya kamu harus memastikan beberapa hal dalam proses pembangunan kamar mandi agar kamar mandi selesai sesuai dengan keinginan kamu.

1. Keramik Lantai

Pemilihan keramik lantai untuk kamar mandi sangatlah penting. Kamu harus dapat memilih keramik kamar mandi yang permukaannya kamu agar tidak licin dan membuat kamu jatuh.

Untuk itu kamu bisa memilih keramik yang terbuat dari bahan porselen atau bebatuan.

2. Keramik Dinding

Keramik dinding memang akan memberikan kesan elegan dan mudah dibersihkan. Tapi kekurangannya keramik dinding tidak bisa diubah warnanya ketika sewaktu-waktu ingin mengubah desain kamar mandi.

Maka solusinya adalah dengan menaruh kemaik dinding di kamar mandi pada beberapa bagian saja. Sehingga bagian lainnya tetap bisa untuk dicat ulang.

3. Kloset

Kamu bisa memilih kloset sesuai tipe yang kamu sukai kloset duduk maupun jongkok sama baiknya. Tapi, jika kamar mandi yang sedang kamu buat memiliki desain yang mewah dan elegan lebih baik menggunakan kloset duduk agar masuk kedalam desain tersebut.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah informasi contoh RAB Kamar mandi yang bisa kamu tiru. Yang perlu harus kamu garis bawahi adalah setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda tapi RAB contoh kamar mandi diatas bias untuk jadi pegangan kamu.

Instagram