Cek Saldo Jaminan Pensiun

Cara untuk cek saldo jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan sebenarnya bisa dilakukan dalam berbagai macam cara melalui langkah online ataupun offline. Jaminan pensiun dari BPJS ini merupakan keseluruhan dana yang sudah dipotong dari gaji bulanan pada saat masih bekerja dan nantinya bisa terkumpul untuk dicairkan lagi apabila sudah memasuki usia pensiun dan tidak lagi bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Dalam melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan ini bisa dipilih dengan secara online melalui situs website resmi, aplikasi ataupun melalui SMS. Akan tetapi kamu juga diberikan pilihan untuk melakukan pengecekan secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan terdekat.

Cek Saldo Jaminan Pensiun Dengan Mudah

Cara untuk melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun sebenarnya bisa dilakukan melalui dua cara yaitu secara offline ataupun online. Adapun untuk tutorial yang dapat diikuti dalam pengecekan saldo jaminan pensiun yang bisa diikuti sebagai berikut:

Cek Saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Cara Pengecekan Saldo Jaminan Pensiun Melalui Aplikasi BPJSTKU Mobile

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu download terlebih dahulu aplikasi pada perangkat smartphone milik kamu baik itu Android ataupun iOS.
  • Apabila kamu sudah berhasil download dan instal aplikasi tersebut maka bisa melanjutkan prosesnya dengan membuka aplikasi Jamsostek mobile tersebut pada perangkat yang digunakan
  • Pastikanlah kamu juga sudah terdaftar supaya bisa melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun
  • Apabila memang belum terdaftar pada aplikasi tersebut maka sebaiknya kamu membuat akun terlebih dahulu dengan melengkapi data diri sesuai permintaan dari aplikasi Jamsostek mobile
  • Jika sudah melakukan pendaftaran maka kamu bisa melanjutkan dengan login terlebih dahulu dengan cara memasukkan alamat email dan kata sandi yang sudah terdaftar sebelumnya
  • Pada langkah berikutnya kamu akan diarahkan ke halaman utama dari aplikasi Jamsostek mobile dan terdapat beberapa pilihan menu yang ada di dalamnya
  • Dengan begitu kamu cukup memilih menu lihat saldo supaya nantinya bisa cek saldo jaminan pensiun dari BPJS ketenagakerjaan.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Cara Cek Saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan Melalui Situs Web Resmi

Pengecekan saldo jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan ini juga bisa dilakukan secara online dengan melalui situs website resminya. Dengan begitu kamu bisa melakukan akses terhadap website resmi dari Jamsostek melalui perangkat smartphone, komputer ataupun laptop.

Adapun langkah cara yang bisa kamu lakukan dalam pengecekan jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan melalui situs web resmi sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengunjungi website resmi dari BPJS ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Apabila kamu sudah mengunjungi website resmi BPJS ketenagakerjaan maka bisa langsung melakukan login dengan memasukkan alamat email dengan benar dan kata sandi yang sudah terdaftar sebelumnya
  • Pastikan ketika login kamu juga tidak lupa untuk memberikan tanda centang di bagian captcha supaya bisa masuk ke website resmi dari BPJS ketenagakerjaan
  • Setelah berada di halaman utama dari website resmi BPJS ketenagakerjaan maka lantainya di bagian kolom segmen kamu akan diminta untuk melakukan pemilihan pada beberapa hal diantaranya Bukan Penerima Upah (BPU), Pekerja Migran Indonesia (PMI), dan Penerima Upah (PU), dalam hal ini kamu bisa memilih salah satu dengan menyesuaikan kondisinya masing-masing
  • Sementara itu untuk di halaman utama tersebut kamu bisa melakukan pemilihan menu lihat saldo supaya nantinya bisa melakukan cek saldo jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan
  • Apabila kamu sudah memilih menu tersebut maka website akan menampilkan informasi secara terkait saldo yang masih dimiliki pada jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Pilihan Tabungan Pendidikan Anak yang Menguntungkan
Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak
Rekomendasi Bank Dengan Layanan Tabungan Anak Sekolahan
Apa Itu Tabungan Anak BRI, Jenis dan Keuntungannya

Cara Pengecekan Saldo Jaminan Pensiun Melalui Pesan Singkat Atau SMS

Cara dalam pengecekan saldo jaminan pensiun juga bisa dilakukan tanpa menggunakan koneksi internet dan pilihan alternatifnya menggunakan SMS atau pesan singkat. Adapun untuk langkah cara yang bisa kamu lakukan dalam pengecekan saldo jaminan pensiun melalui SMS atau pesan singkat sebagai berikut:

  • Pada langkah pertama silakan membuka aplikasi SMS terlebih dahulu pada perangkat smartphone yang saat ini kamu gunakan
  • Jika sebelumnya tidak pernah terdaftar pada layanan SMS BPJS ketenagakerjaan dalam pengecekan saldo maka bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan menggunakan format pesan sebagai berikut:
  • Daftar(spasi)SALDO#NOMOR_KTP#TANGGAL_LAHIR(DD-MM-YYY)#NOMOR_PESERTA#EMAIL dan kirimkan ke nomor 2757
  • Pada saat kamu sudah memiliki akun dan terdaftar pada BPJS ketenagakerjaan untuk melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun cukup dengan melakukan pengiriman SMS yang dikirimkan ke nomor 2757. Sementara itu untuk format SMS yang dapat kamu gunakan sebagai berikut:
  • SMS SALDO(spasi)Nomor Peserta
  • Setelah itu kamu bisa menunggu beberapa saat sampai sistem memproses permintaan kamu untuk melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan yang nantinya akan menginformasikan seberapa banyak jumlah saldo yang masih dimiliki.

 

Download Aplikasi Transfez di Google Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Cara Pengecekan Saldo di Kantor Cabang BPJS Terdekat

Selain bisa melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan secara online tentunya kamu juga diberikan kemudahan untuk pengecekan saldo secara offline yaitu dengan cara datang langsung ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan terdekat. Sebelum memutuskan untuk datang ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan maka bisa melengkapi sejumlah dokumen yang nantinya akan dibutuhkan sebagai persyaratan untuk pengecekan yang dilakukan oleh petugas BPJS ketenagakerjaan.

Persiapan dokumen yang harus kamu lengkapi yaitu KTP serta kartu BPJS ketenagakerjaan yang nantinya akan dimanfaatkan dalam proses pengecekan saldo jaminan pensiun. Pada saat ingin melakukan pengecekan saldo ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan sebaiknya datang di hari jam kerja supaya bisa mendapatkan pelayanan secara maksimal dari petugas kantor untuk melakukan pengecekan saldo jaminan pensiun.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjelasan terkait cara cek saldo jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan secara online ataupun offline. Peserta BPJS ketenagakerjaan ini bisa melakukan pengecekan saldo sesuai dengan kebutuhannya supaya nantinya saldo dapat dicairkan ketika sudah memasuki masa pensiun.

Instagram