working holiday visa jepang untuk warga asing

Saat mendengar nama Jepang, tentunya sudah terkenal dengan animasi dan budayanya yang sudah mendunia. Dari hal tersebut, tidak mengherankan kalau banyak orang yang ingin ke Jepang, salah satunya adalah melalui Working Holiday Visa Jepang.

Pada dasarnya, Working Holiday visa Jepang sudah dilakukan sejak tahun 1980-an. Setiap tahunnya, ada lebih dari 15.000 orang asing yang datang ke Jepang. Para orang asing ini ingin belajar bahasa Jepang dan bahkan bekerja di sana.

Mengenal Working Holiday Visa Jepang

mengenal working holiday visa jepangWorking Holidays visa adalah program ketika kamu dapat bekerja sambil belajar bahasa atau jalan-jalan di negara dengan budaya berbeda. Hal itu sesuai dengan perjanjian antara dua negara. Program Working Holiday Jepang saat ini memiliki perjanjian dengan 23 negara.

Untuk bisa menggunakan program ini, kamu membutuhkan sebuah visa. Peserta berusia antara 18 dan 30 tahun diizinkan untuk bekerja untuk membayar biaya hidup selama tinggal di sana. Rentang usia ini bisa berbeda-beda tergantung pada negara atau wilayahnya.

Banyak orang yang datang ke Jepang untuk belajar bahasanya. Mereka juga melakukan homestay atau bekerja paruh waktu sambil tinggal di sebuah wisma.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Cara Mengajukan Working Holiday Visa Jepang

Jika kamu ingin mengajukan Working Holiday Visa Jepang, maka perlu memenuhi berbagai syarat sebagai berikut:

1. Penuhi Syarat Dasar

Langkah pertama adalah kamu perlu memenuhi persyaratan dasarnya. Pemohon harus berusia 18 hingga 30 tahun dan memiliki paspor yang masih berlaku. Kondisi kesehatan pemohon juga penting dan tidak boleh memiliki penyakit serius. Pemohon juga harus menunjukkan kemampuan finansial dengan bukti dana yang cukup untuk mendukung biaya hidup awal di Jepang. Biasanya, dibutuhkan dana sekitar 200.000 Yen. Selain itu, mereka tidak boleh pernah mengikuti program Working Holliday Visa Jepang sebelumnya.

Selain itu, pemohon harus memiliki rencana perjalanan dan bukti bahwa mereka memiliki dana untuk membeli tiket pulang atau tiket. Selain persyaratan di atas, mereka juga harus mendaftar untuk asuransi kesehatan selama tinggal di Jepang. Setelah memenuhi semua persyaratan ini, pemohon dapat melanjutkan ke tahap pengajuan visa dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

2. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Berikutnya, kamu sudah mulai untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan Working Holiday Visa (WHV) di Jepang, kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

  • Formulir Aplikasi Visa: Menunjukkan bahwa kamu layak untuk tinggal di Jepang dan berniat untuk tinggal di sana. Formulir ini dapat didownload dari situs web resmi Kedutaan Besar Jepang dan harus diisi dengan lengkap.
  • Paspor: Tentunya kamu harus melampirkan paspor yang masih berlaku. Setidaknya masa aktinya adalah enam bulan setelah kedatangan pertama di Jepang.
  • Foto Paspor: Masukkan foto terbaru ukuran paspor. Biasanya, menggunakan latar belakang putih.
  • Curriculum Vitae (CV): Informasi tentang pendidikan dan pengalaman kerja harus disertakan. Jika belum punya, buatlah seperti sedang melamar pekerjaan.
  • Surat Motivasi: Tulis surat yang menjelaskan mengapa kamu ingin tinggal dan bekerja di Jepang dan alasan ingin melakukannya.
  • Rencana Perjalanan Sementara: Formulir ini adalah Informasi tentang lokasi dan aktivitas yang direncanakan selama berada di Jepang.
  • Bukti Keuangan: Sertakan laporan bank untuk menunjukkan kemampuan finansial bisa mencukupi selama berada di Jepang.
  • Tiket Pulang atau Bukti Dana untuk Membeli: Hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak akan tinggal di Jepang secara ilegal.

Sebelum mengajukan aplikasi tersebut, pastikan semua dokumen dalam kondisi baik dan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Kedutaan Besar Jepang.

3. Prosedur Pengajuan Visa

Saat kamu sudah merasa telah memenuhi syarat, maka bisa melakukan prosedur pengajuan visa. Siapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti formulir aplikasi, foto paspor, CV, surat motivasi, rencana perjalanan, bukti keuangan, dan tiket pulang atau bukti dana yang cukup.

Setelah melengkapi semua dokumen, pergilah ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang terdekat. Jika tersedia, proses pengajuan dapat dilakukan secara langsung atau secara online.

Tunggu beberapa minggu untuk mendapatkan hasil pengajuan. Jika disetujui, kamu dapat memasuki Jepang dengan visa tersebut. Setelah tiba di sana, kamu harus mendaftar di kantor pemerintah lokal untuk mendapatkan Residence Card.

4. Tata Cara Setelah Visa Disetujui

Setelah mendapatkan visa Working Holiday Jepang, kamu perlu mengikuti beberapa tata cara saat tiba di sana. Pastikan kamu memiliki semua dokumen perjalanan lengkap dan memiliki asuransi kesehatan yang mencakup masa tinggal di Jepang. Kamu juga harus memiliki tiket pesawat.

Saat kamu tiba di Jepang, maka harus menunjukkan paspor dan visa di imigrasi. Jika kamu tinggal lebih dari sembilan puluh hari, maka akan mendapatkan kartu penduduk, atau kartu tinggal.

Daftarkan diri di kantor pemerintah lokal (kantor kota) dalam 14 hari setelah kedatangan. Pastikan kamu sudah memiliki paspor, kartu tinggal, dan bukti alamat tempat tinggal. Setelah mendaftar, kamu dapat mulai mencari pekerjaan paruh waktu dengan menggunakan jaringan teman, pusat komunitas, atau situs pencarian kerja.

Pastikan untuk mematuhi semua aturan imigrasi. Hal itu juga termasuk jenis pekerjaan yang diperbolehkan dan waktu tinggalnya.

Contoh Jenis Pekerjaan Saat Working Holiday Visa Jepang

jenis pekerjaan working holiday visa jepang pada umumnya

Terakhir, perlu diperhatikan bahwa tidak semua pekerjaan bisa mendapatkan Working Holiday Visa Jepang. Selama mengikuti program ini, ada pekerjaan yang tidak diizinkan, seperti bekerja sebagai host atau hostess. Selain batasan yang ditetapkan oleh UU Standar Ketenagakerjaan, tidak ada batasan lain yang berkaitan dengan jam kerja.

Program ini membawa banyak orang ke Jepang untuk bekerja sebagai guru bahasa asing, restoran, karyawan hotel, dan pelayan toko. Berbagai jenis pekerjaan termasuk membersihkan dan melayani pembeli, berurusan dengan klien di luar negeri, dan membantu seminar di luar negeri yang dikirim dari Jepang.

Ada juga pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, ada juga yang diperlukan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Pastikan kamu memahami jenis pekejaan yang diizinkan saat berada di sana.

Baca Artikel Menarik Seputar Jepang Lainnya

Mengatur Keuangan Ala Jepang
7 Program Kerja di Jepang Terfavorit
Tradisi Lebaran di Jepang
Besaran Gaji TKI dan TKW di Jepang Sektor Pabrik

download Transfez

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore