Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula yang Benar dan Tepat

Bisnis online kekinian apa yang cocok untuk millennials? Era digital sekarang ini memang sudah membawa banyak perkembangan yang memudahkan para konsumen dan pebisnis bertemu secara online. Bisnis online merupakan salah satu tempat yang mampu menyajikan produk dan ditawarkan kepada konsumen.

Belanja online sekarang ini sudah menjadi trend yang banyak dilakukan oleh kalangan masyarakat. Sehingga besar peluang bagi para pebisnis memulainya dengan modal kecil namun menguntungkan.

Cara Memulai Bisnis Online Kekinian

Cara Memulai Bisnis Online Kekinian dan Ide Kreatif untuk Kamu

Jika kamu berminat untuk membuka bisnis bisa memilih dengan sistem online dengan banyak peluang pasar yang menjanjikan. Namun sebelum memulainya maka penting untuk memahami cara melakukannya secara mendalam.

Dengan kamu mengetahui perbedaan cara berbisnis secara online dan offline, kamu bisa menentukan target pasar secara tepat. Inilah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis secara online anti ribet:

1. Menjual jasa

Dalam dunia bisnis tidak hanya berkaitan dengan menjual dan membeli produk namun juga mengenai transaksi jasa. Kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki bahkan dapat dijual dan dijadikan sebagai bisnis menjanjikan seperti halnya jasa SEO, menulis artikel, desain grafis, melukis, dubber dan masih banyak sekali pilihan lainnya.

Cara memulai bisnis online ini dengan memasarkan jasa pada akun media sosial, website ataupun e commerce agar dikenal oleh banyak orang. Namun dalam menjual jasa ini pastikan kamu menambahkan watermark pada setiap karya yang dijual guna menghindari pencurian hasil.

2. Dropshipping

Jika kamu masih terbilang baru di dunia bisnis secara online maka jangan khawatir memulai usaha tanpa adanya modal, kamu bisa memilih sistem dropshipping. Dropshipping yakni cara untuk memulai bisnis secara online yang mana kamu sebagai penjual mempunyai tugas menawarkan produk sementara pengemasan dan pengiriman dari pihak lain sebagai pusatnya.

Pengiriman ini akan mengatasnamakan kamu dan sistem pembayaran dilakukan kepada kamu dan setelahnya baru melakukan transfer pada pihak pusatnya. Dalam bisnis ini kamu tidak membutuhkan modal dan hanya memasarkan produk agar dibeli oleh konsumen sehingga kamu mendapatkan keuntungan.

3. Reseller

Peran reseller ini tentunya tidak sama dengan dropshipper yang hanya mengandalkan pengiriman dari pihak distributornya atau pusat. Sementara itu reseller membutuhkan modal untuk melakukan pembelian produk dan menyetoknya di rumah baru dijual kepada konsumen.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Akan tetapi kelebihan dari sistem reseller yakni tidak akan kehabisan produk dari distributor karena kamu sudah mempunyai stok di rumah. Selain itu kemudahan yang lainnya yakni kamu bisa melakukan foto produk sesuai dengan karakter dan ciri khas toko kamu.

4. Sistem pre order

Pre order ini merupakan sistem dalam memulai bisnis online yang bisa dimulai tanpa modal dan biasanya sebagai jasa titip barang di luar negeri. Sistem ini sebenarnya gabungan dari dropshipping ataupun reseller dengan memasarkan produk terlebih dahulu dan jika ada yang minat maka pembeli akan transfer uang.

Pada sistem pre order ini biasanya memperbolehkan pembeli untuk membayarkan setengah harga dari produk yang dipesan. Dengan menggunakan cara ini maka akan lebih mudah bagi kamu memulai bisnis secara online dan keuntungannya sangat berlipat.

Ide Bisnis Online Menguntungkan

Dengan kamu mengetahui sistem bagaimana cara bisnis secara online ini berperan. Maka kamu juga perlu mengetahui ide bisnis yang terbilang kekinian dan bisa dilakukan di rumah.
Hal ini tentunya sangat berbeda dengan sistem yang ada di atas. Inilah beberapa ide menarik yang patut kamu coba di rumah super mudah tanpa modal:

1. Pemasaran afiliasi

Affiliate marketing menjadi bisnis yang terbilang kekinian dengan hanya menawarkan produk ataupun layanan sebagai mitra. Dengan membuka bisnis ini kamu akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk komisi atas penjualan yang dilakukan.

Ide bisnis ini terbilang sangat menguntungkan dan kemudahannya dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Sekarang ini cukup banyak content creator yang mencari pemasukan dari internet dengan cara berbisnis afiliasi dan nyatanya membawa pengaruh yang cukup besar.

2. Membuat dan mengelola blog

Ide bisnis kekinian yang lainya yakni dengan membuat dan mengelola blog pribadi, kamu bisa menyajikan konten menarik untuk meningkatkan viewers. Ide bisnis online ini sangat populer karena menguntungkan dalam sisi finansial

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Banyak sekali blogger yang mendapatkan keuntungan jutaan rupiah dari mengelola blog. Namun kamu harus menyajikan konten secara berkala dan up to date untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.

3. Menjadi content creator di Patreon

Jika kamu mempunyai kemampuan dalam dunia seni maka peluang luas ada di depan kamu dengan menjadi content creator di Patreon. Salah satu platform penggalangan dana dan mempunyai banyak anggota di mana membutuhkan dukungan atas dana dari pekerja yang suka dengan karya miliknya.

Di sini kamu akan membuat pilihan untuk berlangganan karya yang mana nomina biayanya berbeda setiap masing-masingnya. Karena pembayaran yang dilakukan di awal maka kamu harus memberikan konten eksklusif dari proses hingga kursus online.

4. Menjual produk buatan tangan

Ide bisnis online dan kekinian lainnya yakni menghadirkan produk berkualitas dari buatan tangan. Orang akan membayar lebih dengan hadirnya produk unik dan cukup berbeda tidak dimiliki oleh orang lain.

Jadi kamu pun juga bisa menerapkan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasaran. Dengan begitu keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan berlipat mengingat permintaan pasar semakin tinggi.

5. Amazon FBA

Jika kamu menginginkan skala jangkauan lebih luas lagi untuk seluruh dunia maka bergabung saja ke platformnya Fullfillment dari Amazon. Kamu dapat menyerahkan pengelolaan dari mulai stok barang, pengiriman serta bantuan pelanggan pada Amazon.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Bisnis yang dilakukan secara online ini mempunyai program terbaik bagi pebisnis baru. Hal ini berkaitan dengan kemudahannya dalam mengoperasikan usaha.

Itulah tadi beberapa penjabaran mengenai bisnis online dan ide kreatifnya. Referensi di atas semoga bisa membantu kamu menentukan pilihan bisnis yang tepat.

Instagram