keuntungan belanja online

Beberapa tahun belakangan ini, fenomena belanja online semakin marak terjadi di masyarakat kita. Belanja online yang dulunya dianggap sulit, banyak penipuan, dan banyak kekurangan lainnya kini semakin diminati. Toko-toko yang sebelumnya berfokus pada penjualan offline pun kini berbondong-bondong membuka lapak virtual baik melalui media sosial, website, maupun melalui ecommerce.

Masyarakat yang melakukan kegiatan belanja online pun tidak terbatas pada golongan tertentu saja. Berbagai kalangan masyarakat baik yang tinggal di kota-kota besar maupun kota kecil sekarang ini sudah tidak asing dengan kegiatan berbelanja online. Tak hanya penjual dan pembeli saja yang meramaikan kegiatan belanja online ini. Para penyedia jasa ekspedisi pun turut mengambil celah dengan menawarkan berbagai layanan supaya jasa merekalah yang dipilih oleh masyarakat.

Dengan semakin maraknya kegiatan belanja daring, perlu diketahui bahwa memang terdapat banyak keuntungan belanja online yang dapat diperoleh oleh pelakunya dan berikut adalah di antaranya.

Keuntungan Belanja Online

Banyak Pilihan Toko dan Barang

Salah satu keuntungan belanja online adalah kita jadi bisa melihat banyak toko dalam satu waktu. Tak hanya toko saja, kita juga dapat melihat barang yang ingin kita beli dalam satu waktu dari berbagai toko yang berbeda. Dengan begitu, kita bisa membandingkan harga antara satu toko dengan toko lain.

Dalam berbelanja online, perbandingan yang dilakukan bukan hanya semata karena harga saja melainkan juga review dari pembeli sebelumnya dan juga ketersediaan barangnya. Satu keunggulan ini dapat membantu kita untuk menghemat waktu jika dibandingkan dengan memasuki toko satu per satu.

Bisa Dilakukan Kapan dan Di Mana Saja

Keuntungan belanja online berikutnya adalah dalam hal akses. Kita dapat mengakses toko online tanpa harus melihat waktu dan juga tempat. Mau memilih barang pagi, siang, atau tengah malam sekali pun kita tetap dapat melakukannya selama ada akses internet. Mau diakses di kamar, ruang tamu, halte, atau stasiun pun juga bisa.

Banyak Promo Menarik

Keuntungan belanja online lainnya adalah banyaknya promo yang ditawarkan oleh para pelapak online tersebut. Ada yang menawarkan promo gratis ongkos kirim dan ada juga yang menawarkan potongan harga untuk item-item tertentu. Banyaknya promo yang ditawarkan ini membuat kegiatan belanja online makin seru untuk dilakukan.

Banyak Pilihan Cara Pembayaran

Selain kegita keunggulan di atas, belanja online juga menawarkan cara pembayaran yang beraneka ragam. Mau membayar setelah barang sampai ke tangan kita? Ada pilihan cash on delivery atau COD yang dapat kita ambil. Mau bayar lewat bank pun bisa. Bahkan kita juga bisa membayar belanjaan tersebut melalui mini market kesayangan. Banyaknya cara pembayaran ini menjadi salah satu keunggulan dari kegiatan belanja online.

Kerugian Belanja Online

Selain banyak keuntungan belanja online yang bisa didapat, ternyata ada juga hal-hal negatif yang dapat kita temui. Tak jarang hal-hal negatif ini membuat kita harus lebih berhati-hati dalam berbelanja. Berikut adalah beberapa hal negatif yang dapat bersifat merugikan dari kegiatan belanja online.

Tidak Semua Penjual Jujur

Hal pertama adalah tidak semua penjual yang melapak secara online itu jujur. Tidak sedikit penipuan yang pernah terjadi baik yang merugikan korban dalam jumlah puluhan ribu sampai dengan jutaaan rupiah. Untuk menghindari penipuan, kita dituntut untuk lebih berhati-hati.

Pastikan lapak yang sedang kita kunjungi benar-benar terpercaya dengan melihat testimoni para pelanggannya. Selain itu, manfaatkan juga fitur rekening bersama yang banyak digunakan oleh ecommerce supaya transaksi yang dilakukan dapat makin aman.

Foto Bisa Menipu

Masalah berikutnya adalah tidak semua penjual menampilkan foto asli dagangannya. Hal ini membuat kita sebagai konsumen untuk lebih jeli dalam memilih barang. Jangan sungkan untuk meminta foto asli barang ke penjual agar kita makin mantap untuk membeli dan agar kita tidak tertipu.

Tidak Selalu Tepat Waktu

Selain kedua persoalan di atas, ada juga persoalan lain terkait dengan pengiriman barang. Dalam beberapa kasus, barang yang diestimasikan akan kita terima hari ini dapat mundur sampai dua atau tiga hari. Hal ini tentunya dapat merugikan kita terutama jika barang yang kita beli dapat kedaluwarsa dalam waktu singkat.

Dapat Membuat Boros

Satu lagi kerugian dari belanja online adalah dapat membuat kita boros. Kemudahan akses yang dimunculkan oleh kegiatan belanja online ternyata menjadi pisau bermata dua. Dalam satu sisi kita dapat lebih mudah untuk membeli barang yang kita butuhkan. Di sisi lain, kita juga mendapatkan akses untuk melihat barang yang sebetulnya tidak terlalu kita butuhkan tetapi karena melihatnya, kita jadi lapar mata dan akhirnya membelinya.

Sekian artikel tentang keuntungan belanja online beserta kerugiannya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram