11 Bisnis Modal Kecil Yang Cepat Menghasilkan Uang

Ingin punya bisnis modal kecil yang menguntungkan? Atau ingin belajar berbisnis tapi belum berani mengeluarkan modal besar?

Jangan bingung, sekarang ada banyak jenis bisnis yang menghasilkan hanya dengan modal kecil.

Anda tinggal pilih jenis bisnis sesuai kemampuan dan kesukaan.

Dalam artikel ini, Transfez akan membagikan 11 ide bisnis bermodal kecil yang bisa menjanjikan keuntungan.

Rekomendasi bisnis modal kecil yang cepat menghasilkan uang

  1. Bisnis Makanan Sehat

Di tengah pandemi, segala sesuatu yang menjanjikan kesehatan semakin populer. Ini saat yang tepat untuk kamu membuka bisnis kuliner sehat.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat dan suka memasak. 

Banyak makanan sehat yang dijual dengan harga selangit. Nah, Anda bisa menawarkan program makanan sehat dengan harga ramah kantong dan menjaring para mahasiswa atau karyawan yang sibuk. 

 

Bisnis makanan sehat yang bisa Anda coba seperti katering makanan sehat, cold pressed juice, mie dan nasi shirataki, snack sehat, atau makanan bebas gluten.

Sesuaikan dengan target market Anda ya.

  1. Bisnis Dimsum

Kudapan khas Tionghoa ini ternyata menjanjikan sebagai bisnis modal kecil!

Meski awalnya menjadi makanan mewah yang hanya bisa Anda nikmati di hotel atau restoran mewah, sekarang dimsum mudah ditemui dengan harga terjangkau.

Sebelum memulai, ada baiknya Anda meracik resep terbaik yang sesuai dengan lidah Indonesia dan terjangkau. Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk frozen food untuk personal maupun bisnis. 

Untuk menghemat biaya, gunakan bahan-bahan yang terjangkau namun tetap memberikan rasa yang nikmat dan berjualan secara online untuk memangkas biaya sewa tempat.

  1. Bisnis Jasa Titip

Bisnis jasa titip sedang menjamur dan cocok untuk Anda yang hobi jalan-jalan dan belanja.

Kalau biasanya Anda menghabiskan uang saat jalan-jalan, sekarang saatnya ubah hobi ini menjadi bisnis.

Sebelum memulai bisnis jastip, tentukan dulu target pasar yang spesifik. Anda bisa menawarkan jastip dalam maupun luar negeri.

Mulai dari makanan, aksesoris, baju, produk kecantikan, sampai produk khas kota atau negara yang Anda kunjungi.

Lakukan promosi ke komunitas yang butuh bantuan jasa titip dan di sosial media. Pastikan untuk memberi tahu produk yang dijual, harga yang Anda tawarkan, serta nomor Anda yang bisa dihubungi.

  1. Membuka Warung Kopi

Dengan pecinta kopi yang menjamur, bisnis ini masih jadi bisnis menggiurkan. Selain sebagai gaya hidup, banyak yang sudah menemukan value dari biji kopi.

Jika Anda pecinta kopi, selipkan pengetahuan tentang kopi saat promosi. Bisa tentang asal biji kopi, memilih biji kopi terbaik, hingga cara mengolah dan meracik biji kopi.

Untuk memulai bisnis kopi dengan modal kecil, Anda bisa berjualan lewat kios kecil di pinggir jalan yang ramai dengan sistem takeaway.

Anda juga bisa menambah pilihan dengan menawarkan kopi 1 Liter yang banyak diminati. 

Pastikan Anda sudah mengetahui konsep warung kopi yang ingin dibuat agar berbeda dan tidak tenggelam di tengah bisnis kopi yang menjamur.

  1. Membuka Toko Online

Sekarang membuka toko online tidak harus ribet. Cukup pilih e-commerce yang Anda sukai dan toko online Anda pun telah jadi.

Tapi, ada baiknya untuk mengidentifikasi kebutuhan dan target pasar yang sesuai. Banyak bisnis online gagal karena tidak melakukan riset pasar dan produk yang dijual tidak menyelesaikan masalah konsumen.

Misalnya, Anda ingin menyelesaikan masalah target pasar backpacker dan traveller. Anda tidak hanya bisa menjual tas untuk bepergian, tapi juga:

  • Peralatan makan portable
  • Mini-size kit untuk mandi atau P3K
  • Pakaian
  • Sepatu
  • Botol minum portable
  • Handuk cepat kering
  • Sunblock
  • dan lainnya

Anda juga bisa berbagi informasi seputar backpacking dan travelling di sosial media sebagai salah satu cara promosi.

  1. Bisnis Reseller

Bisnis ini bisa menjadi usaha sampingan modal minim yang menjanjikan.

Sebagai reseller, kamu bisa menentukan harga barang yang berbeda dari supplier

Dengan barang di tangan, Anda dapat membuat produk katalog dan menjelaskan keunggulan dan manfaat masing-masing produk dengan lebih baik.

Banyaknya bisnis online yang beredar, Anda harus memiliki strategi yang baik untuk melakukan bisnis ini.

Jika tidak ingin mengeluarkan modal terlalu besar, Anda bisa menerapkan sistem pre-order agar bisa membeli produk sesuai permintaan. 

Tertarik menjadi reseller?

  1. Bisnis Fashion

Meski menjamur, bisnis fashion memang tidak pernah mati.

Fashion bukan hanya sebagai sebuah kebutuhan, tapi juga sebagai gaya hidup dan menunjukkan personality seseorang.

Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang juga memiliki minat di industri ini. 

Agar berbeda dari yang lain, tentukan target pasar yang spesifik dan memiliki kendala dalam memilih fashion yang sesuai.

Jika Anda menjual pakaian islami jumbo, tawarkan juga barang lainnya yang berhubungan agar mereka mereka bisa membeli di satu tempat.

Contohnya kerudung, manset, legging, aksesoris hijab, dan lainnya. 

  1. Bisnis Cuci Kendaraan

Semakin banyak pengguna kendaraan, potensi bisnis cuci kendaraan juga semakin besar.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang tinggal di lingkungan sibuk dan padat. Orang-orang yang tidak sempat mencuci kendaraan bisa jadi target pasar yang bagus.

Untuk memulai dengan modal kecil, Anda bisa melirik bisnis cuci motor. Dana yang dikeluarkan tidak sebesar cuci mobil.

Pilih lokasi yang strategis dan lakukan promosi yang gencar. Selain mencuci kendaraan, pastikan kenyamanan pelanggan jadi perhatian.

Anda dapat menyediakan fasilitas untuk pelanggan yang menunggu di tempat. Fasilitas tempat menunggu yang bersih, majalah atau koran, wifi, atau Anda juga bisa menjual makanan dan minuman ringan.

  1. Bisnis Snack

Bisnis makanan ringan memang tidak pernah sepi peminat bahkan semakin menghangat.

Meski modal pas-pasan, keuntungan bisnis ini juga menjanjikan loh! Tentunya dengan strategi marketing yang baik dan target pasar yang spesifik.

Anda bisa memilih menjual makanan ringan kekinian atau tradisional sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Sebelum memulai, pastikan produk yang Anda jual diterima di lidah masyarakat dengan melakukan survey. 

Selalu jaga kualitas produk dan pelayanan dan terus berinovasi. Pastikan inovasinya mengikuti kebutuhan pasar agar diminati banyak orang ya.

  1.  Menjadi Freelancer

Berkembanganya dunia digital, menjadi seorang freelancer tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jika Anda memiliki kemampuan unik yang dibutuhkan, Anda bisa menjual jasa dengan menjadi seorang pekerja lepas.

Setelah menentukan bidangnya, pastikan Anda sudah memiliki portofolio karya yang menjadi bukti kemampuan. Lalu, bangun personal branding agar memudahkan klien mengenali Anda.

Misalnya, Anda ingin menjadi penulis di bidang keuangan. Anda bisa mempersempit target pasar dengan berfokus pada satu bidang keuangan seperti pajak, investasi, dan lainnya. Bangun personal branding dengan berbicara seputar bidang fokus Anda.

  1.  Menjadi Partner Afiliasi

Apa sih afiliasi? 

Afiliasi artinya mempromosikan suatu produk dengan kode referal. Saat orang menggunakan kode referal Anda untuk bertransaksi, Anda akan mendapatkan komisi.

Contohnya, Anda menjadi partner afiliasi Transfez. Anda tinggal mendaftar dan mempromosikan link referal Anda. Setiap orang yang mengirim uang ke luar negeri menggunakan link afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi.

Mudah kan? Ini cara menghasilkan duit yang paling bisa Anda mulai tanpa modal dan usaha yang banyak.

Tips berbisnis dari Transfez

Menjalankan bisnis pribadi memang menggiurkan. 54% pebisnis mengaku pendapatannya meningkat, tapi tentunya dengan strategi yang baik.

Sebelum memulai bisnis, Transfez punya tips yang bisa Anda coba: 

  • Bisnis sesuai passion kamu

Jika Anda menyukai dunia travelling, mulailah bisnis di industri travel. Jika Anda hobi memasak, Anda bisa menjual makanan atau peralatan memasak.

Cari kegiatan atau hobi yang Anda suka dan bisa dijadikan lahan bisnis. Dengan berbisnis hal yang Anda sukai, Anda tidak gampang menyerah menghadapi tantangan yang muncul.

  • Ketahui segmentasi dan pasar yang kamu jalani

Sebuah bisnis bisa sukses dengan menentukan target yang tepat. 

Melakukan riset untuk menentukan segmentasi pasar atau pembagian calon konsumen sesuai kebutuhan dan karakteristik, adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum berbisnis.

Anda mengelompokkan calon konsumen Anda berdasarkan:

  • Segmentasi lokasi
  • Segmentasi waktu/musim/tren
  • Segmentasi harga
  • Segmentasi demografi
  • Segmentasi perilaku konsumen terhadap suatu produk
  • Segmentasi sosial-budaya

Segmentasi pasar yang efektif bisa terukur, mudah diperoleh, berpengaruh terhadap bisnis, dapat dibedakan, dan realistis. 

  • Jangan takut berinovasi

Dunia bisnis adalah dunia yang penuh ketidakpastian.

Sebagai pebisnis, Anda harus terus berinovasi untuk mengatasi perubahan situasi yang tidak hanya cepat tetapi juga kompleks. 

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengarkan masukan dan kebutuhan pasar untuk menentukan produk atau jasa yang dibutuhkan. Jangan cepat merasa puas dengan kondisi bisnis saat ini karena jika tidak terus berkembang, bisnis Anda bisa saja macet di masa depan.