Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias agar Laris Di Pasaran

Bisnis tanaman hias menjadi salah satu ide bisnis dengan modal yang tidak begitu banyak akan tetapi sangat menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih dengan adanya kecanggihan internet saat ini apakah kamu bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan yang rela untuk menghabiskan uangnya hanya untuk membeli sebuah pot tanaman hias dan dirawat di rumah.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Menjalankan usaha tanaman hias terbilang sangat menguntungkan dan kamu juga bisa mempunyai banyak hal yang bisa ditawarkan mulai dari akar, bibit, tanaman hias bunga, batang, daun hingga yang mempunyai khasiat sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk obat herbal. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu jalankan yang sebelumnya belum pernah terjun pada dunia bisnis karena bisa dijalankan dengan mudah.

Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias agar Laris Di Pasaran

Tips untuk Menjalankan Bisnis Tanaman Hias

Dalam memulai sebuah usaha tanaman ini sebenarnya tidak sulit untuk melakukannya karena caranya pun sangat mudah. Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu perhatikan ketika ingin memulai sebuah usaha tanaman hias agar mendapatkan keuntungan lebih maksimal:

1. Pemilihan Jenis Tanaman Hias

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dan perhatikan ketika ingin menjalankan sebuah usaha tanaman hias adalah pemilihan tanaman yang nantinya akan dijual. Dalam hal ini banyak sekali pilihan jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan mudah dan bisa dijalankan oleh pemula dan biasanya untuk jenis tanaman hias yang dibisniskan yakni tanaman berdaun ataupun tanaman berbunga.

Kedua dari jenis tanaman hias tersebut mempunyai peluang usaha yang sangat besar dan pastinya bisa memberikan keuntungan untuk kamu yang ingin menjalankan sebuah usaha tanaman hias. Akan tetapi dalam hal ini kamu juga bisa mencoba untuk memperdalam pengetahuan terkait tanaman hias dari berbagai sumber dan ketika kamu memiliki waktu luang bisa datang ke pedagang yang memang memiliki reputasi baik.

2. Mengenali Kebutuhan Tanaman Hias yang Akan Dijual

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan ketika menjalankan sebuah usaha tanaman hias maka kamu harus mempelajari apa saja yang dibutuhkan dalam proses perawatan tanaman tersebut ketika akan dibisniskan. Hal ini tentunya bisa membantu kamu dalam mengontrol proses budidaya yang lebih maksimal sehingga tidak ada tanaman hias yang rusak ataupun bahkan mati ketika akan dijual.

Makin banyaknya pengetahuan yang kamu miliki terkait tanaman hias serta kebutuhan proses budidayanya maka akan lebih mudah untuk membuat tanaman hias semakin bagus dan menarik sehingga mendatangkan minat para calon pembeli. Harus kamu ingat bahwasanya luasnya wawasan terkait budidaya tanaman hias menjadi salah satu faktor yang sangat penting ketika menjalankan bisnis tanaman hias.

3. Menyiapkan Modal Awal untuk Bisnis

Tentunya ketika menjalankan sebuah bisnis tanaman hias pasti akan membutuhkan modal yang tidak sedikit dengan kisaran 3 juta. Modal ini sudah meliputi tanaman hias yang akan kamu budidaya dan termasuk bibit dengan kisaran harga 2 juta dan untuk membeli peralatannya sekitar 1 jutaan.

Akan tetapi kisaran modal tersebut bisa lebih murah apabila kamu telah memiliki perlengkapan dan peralatan pendukungnya untuk melakukan budidaya tanaman hias. Sementara itu untuk melakukan pemasaran tanaman hias ini maka bisa kamu lakukan secara online terlebih dahulu dan apabila permintaannya sudah mulai meningkat maka kamu dapat mencari tempat ataupun lokasi permanen untuk berjualan.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

4. Pemilihan Lokasi Berjualan yang Tepat

Lokasi untuk berjualan menjadi salah satu kunci bisnis tanaman hias kamu mencapai kesuksesan sehingga harus memilih lokasi yang potensial dan ramai ataupun mudah dijangkau oleh para konsumen. Akan tetapi kamu juga harus menentukan lokasi tidak hanya dari segi potensial dan ramai akan tetapi juga ramah untuk tanaman hias bisnis kamu.

Jika memang terpaksa kamu tidak mempunyai lokasi seperti kualifikasi tersebut maka bisa menggunakan tempat yang tersedia terlebih dahulu dan untuk sementara waktu kamu dapat memanfaatkan rumah sebagai lokasi bisnis dan melakukan penjualan secara online. Ketika kamu memiliki kemampuan dalam memasarkan produk tanaman hias maka konsumen pun juga akan rela untuk datang ke rumah kamu untuk melihat dan memilih tanaman hias yang nantinya akan dibeli.

5. Pembuatan Strategi Pemasaran yang Menarik

Dalam menjalankan sebuah bisnis tanaman hias tidak hanya dengan membuka toko namun kamu juga perlu melakukan pemasaran secara online. Cara yang satu ini bisa kamu terapkan dengan memadukan strategi marketing secara online dan offline yang lebih tepat sehingga bisnis yang kamu jalankan saat ini bisa mencapai kesuksesan yang lebih cepat.

Kamu bisa mencoba untuk melakukan pemasaran bisnis pada komunitas pecinta tanaman hias ataupun melalui media sosial memiliki potensi untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu kamu juga bisa membuat konten video terkait cara melakukan perawatan ataupun penanaman tanaman hias bagi pemula dan di situ kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk mempromosikan bisnis yang dijalankan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

6. Mengikuti Perkembangan Tren dari Tanaman Hias

Pada dasarnya tanaman hias juga terus mengikuti tren sehingga kamu harus paham apa saja tanaman hias yang saat ini sedang populer di kalangan para pecinta tanaman sehingga bisa membantu kamu untuk memperbanyak jumlahnya. Hal ini dikarenakan banyaknya persaingan yang sangat tinggi namun dengan permintaan pasar yang tinggi bisa menjadi peluang yang besar bagi kamu untuk tetap memasarkan produk tanaman hias yang kamu miliki.

Dengan demikian kamu harus memastikannya untuk memiliki berbagai macam variasi tanaman hias yang ditawarkan guna meningkatkan penjualan. Terlebih sekarang ini sudah ada berbagai macam jenis tanaman hias yang sangat populer dan banyak digandrungi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai usaha tanaman hias.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait cara untuk memulai bisnis tanaman hias dengan melakukan pemasaran secara online. Tanaman hias memiliki peluang yang sangat besar untuk dijadikan sebagai bisnis karena proses budidayanya tidak terlalu sulit ketika kamu sudah memiliki pengetahuan dasarnya.

Instagram