Asas Koperasi Cerminan Kepribadian Bangsa Indonesia

Asas koperasi menjadi prinsip yang selalu diingat oleh semua anggota di dalam koperasi. Koperasi adalah badan yang sangat penting di Indonesia karena keberadaannya sendiri mampu memperkokoh bidang perekonomian.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Menemukan koperasi bukan suatu hal yang sulit lagi saat ini karena sudah merambah ke semua aspek lapisan masyarakat. Koperasi ini sebagai badan usaha yang memiliki keanggotaan orang seorang ataupun badan hukum koperasi yang menggunakan landasan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat dan menggunakan asas kekeluargaan.

Asas Koperasi Cerminan Kepribadian Bangsa Indonesia

Asas Koperasi

Sejatinya koperasi yang ada di Indonesia ini memiliki dua asas sebagai prinsip dalam menjalankan operasionalnya. Kedua asas dari koperasi tersebut adalah cerminan dari kepribadian bangsa Indonesia itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa uraian terkait asas koperasi yang ada di Indonesia:

1. Asas Kekeluargaan

Koperasi memang pada mulanya menggunakan konsep dari luar negeri kemudian diaplikasikan di Indonesia yang menggunakan prinsip dari cerminan diri bangsa Indonesia. Koperasi menghadirkan asas kekeluargaan sebagai gambaran tentang partisipasi hingga kerjasama yang dilakukan di dalam koperasi.

Dengan adanya asas dari koperasi yang satu ini maka setiap anggota koperasi diharapkan mempunyai kesadaran penuh terhadap partisipasinya untuk melakukan kegiatan koperasi. Dalam hal ini semua anggota yang terlibat di dalam koperasi juga diharapkan supaya menerapkan adanya toleransi serta sikap untuk rela berkorban guna kepentingan bersama anggota.

2. Asas Gotong Royong

Asas koperasi yang lainnya yaitu gotong royong yang diharapkan bagi semua anggota koperasi supaya tidak mengedepankan egois dan tidak mempunyai sifat individualisme. Dengan demikian semua anggota di dalam koperasi ini diharuskan supaya menjalankan tanggung jawabnya secara bersama-sama untuk membantu dalam memajukan koperasi.

Oleh karena itu adanya asas gotong royong ini membantu koperasi untuk melakukan operasional kerja di dalamnya yang tidak hanya dilakukan sendiri namun secara bersama-sama oleh semua anggota koperasi. Asas koperasi yang satu ini sangat mencerminkan bangsa Indonesia yang mengutamakan gotong royong dalam menjalankan suatu hal.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Landasan Koperasi

Setelah kamu memahami apa saja asas koperasi yang ada di Indonesia tentunya koperasi itu memiliki landasan hukum yang berlaku. Berikut inilah beberapa landasan koperasi yang harus dijalankan dan tidak bertentangan pada aturan yang sudah ditetapkan di Indonesia:

1. Landasan Idiil Pancasila

Landasan koperasi yang satu ini sebagai sarana yang digunakan untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Dalam hal ini keberadaan dari koperasi di Indonesia tidak akan lepas dari adanya landasan-landasan hukum yang berlaku dan untuk landasan idiil Pancasila sebagai landasan yang berpijaknya koperasi Indonesia terhadap Pancasila.

2. Landasan Struktural UUD 1945

Dalam menjalankan koperasi di Indonesia juga harus mengacu pada landasan struktural undang-undang dasar 1945. Undang-undang dasar 1945 akan menempatkan koperasi pada kedudukannya sebagai soko guru perekonomian nasional.

3. Landasan Operasional Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945

Koperasi yang ada di Indonesia berjalan secara legal karena juga sudah berlandaskan terhadap landasan operasional pasal 33 undang-undang dasar 1945. UUD 1945 pasal 33 ayat 1 berbunyi “perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan”.

Dengan demikian dari penjelasan undang-undang dasar 1945 tersebut dinyatakan bahwasanya untuk kemakmuran masyarakat yang diutamakan bukanlah perorangan dan bentuk perusahaan yang sesuai dengan prinsip landasan tersebut yaitu koperasi. UU koperasi nomor 25 tentang 1992 tentang perkoperasian.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Supir
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Lukis
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
Bisnis Jasa Bodyguard

Ciri-Ciri Koperasi

Koperasi yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri yang besar dilihat karena cukup menonjol. Dengan mengetahui asas dari koperasi maka akan lebih mudah untuk memahami apa itu ciri-ciri koperasi.

Beberapa ciri-ciri koperasi yang dapat kamu ketahui:

  • Koperasi menjadi wadah demokrasi ekonomi serta sosial dengan kegiatannya yang berdasarkan pada gotong royong
  • Koperasi memiliki tujuan tersendiri guna memberikan peningkatan kesejahteraan bagi anggota dan masyarakat
  • Jalannya kegiatan koperasi ini atas kesadaran secara penuh dari setiap anggota koperasi
  • Koperasi memiliki sifat sukarela dan tidak memaksa terhadap semua anggota di dalamnya
  • Rapat yang dilakukan pada seluruh anggota merupakan kekuasaan tertinggi di dalam koperasi karena mengedepankan prinsip demokrasi
  • Kegiatan operasional yang dilakukan oleh koperasi berdasarkan pada prinsip usaha sendiri dan kemampuannya sendiri
  • Pembagian usaha dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa yang telah dilakukan pada setiap masing-masing anggota di dalam koperasi
  • Kerugian yang terjadi pada koperasi akan ditanggung secara bersama-sama oleh anggota koperasi.

Prinsip Koperasi

Koperasi memiliki prinsip tersendiri yang digunakan sebagai acuan dalam menjalankan operasionalnya. Pada umumnya semua anggota koperasi ini akan duduk bersama untuk melakukan kegiatan musyawarah guna menyusun langkah supaya bisa menghasilkan satuan usaha yang nantinya akan dijalankan secara bersama-sama.

Prinsip koperasi ini akan dilakukan supaya bisa mewujudkan visi serta cita-cita dari semua anggota koperasi. Adapun untuk prinsip koperasi yang digunakan oleh semua anggota yang ada di dalamnya sebagai berikut:

  • Keanggotaan koperasi ini memiliki sifat terbuka
  • Pengawasan operasional kerja koperasi memiliki sifat demokratis
  • Bunga yang ditawarkan cukup terbatas dengan bermodalkan dari sesama anggota di dalam koperasi
  • Sisa dari hasil usaha nantinya akan dibagikan dengan menyesuaikan besarnya kontribusi setiap anggota pada koperasi
  • Penjualan yang barang yang dilakukan harus disesuaikan dengan harga pasar yang saat ini berlaku serta pembayaran harus dilakukan secara tunai
  • Prinsip koperasi tidak menimbulkan tindakan diskriminasi terhadap suku bangsa, ras, agama serta aliran politik
  • Setiap anggota koperasi akan mendapatkan edukasi secara berkesinambungan
  • Barang koperasi yang telah diperjualbelikan adalah barang yang asli dan bukanlah barang rusak ataupun palsu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait asas koperasi yang ada di Indonesia yang menganut asas kekeluargaan dan gotong royong. Asas dari koperasi tersebut mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia yang selalu mengedepankan kekeluargaan dan gotong royong yang selaras dengan jalannya prinsip koperasi di Indonesia.

Instagram