Tradisi Lebaran di Amerika Serikat

HarI Raya Idul Fitri merupakan momen yang selalu dinantikan oleh semua umat Muslim di seluruh dunia salah satunya di Amerika. Tradisi lebaran di Amerika berbeda dengan perayaan yang dilakukan di negara mayoritas Muslim dengan suasana sangat meriah seperti di Indonesia.

Lebaran adalah momen yang hari kemenangan setelah melaksanakan puasa selama 1 bulan penuh dengan menahan lapar, haus hingga nafsu duniawi. Idul Fitri juga sebagai pertanda bahwa lebaran sudah datang dan waktunya Ramadhan sudah berakhir.

Tradisi Lebaran di Amerika

Hari Raya Idul Fitri diwarnai dengan berbagai macam tradisi unik yang dilakukan oleh setiap Muslim di dunia. Perayaan lebaran di Amerika cenderung berbeda mengingat kondisi geografis antar wilayahnya sehingga masyarakat pun juga menggunakan metode berbeda dalam menentukan awal Syawal.

Inilah beberapa tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim di Amerika ketika menyambut Hari Raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan.

Pengumuman Penghujung Ramadhan

Penduduk umat Muslim di Amerika Utara di bagian Timur akan merayakan hari raya pada hari yang berbeda dibandingkan dengan wilayah Barat. Sehingga pada penghujung Ramadhan selalu ada pengumuman bahwa Ramadhan sudah berakhir melalui media email, sambungan telepon ataupun website.

Letak geografis di wilayah Amerika membuat perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak bisa dilaksanakan secara serentak seperti yang dilakukan di Indonesia. Meskipun demikian tidak mengurangi nilai lebaran di negara Amerika khususnya di Amerika Utara.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Melaksanakan Sholat Ied

Bagi umat Muslim di Hari Raya Idul Fitri akan menyambutnya dengan melaksanakan sholat Ied di pagi hari secara berjamaah. Dengan begitu semua orang akan berdatangan ke masjid ataupun lapangan terbuka dan melakukan sholat Ied.

Hal ini menandakan bahwa hari itu adalah hari kemenangan yang perlu disambut dengan suka cita dan berdoa kepada Tuhan. Sholat Ied tidak hanya ada di Amerika saja namun juga ada di beberapa negara lain dengan tradisinya masing-masing.

Menggunakan Pakaian Tradisional

Tradisi lebaran di Amerika khususnya bagi imigran akan terlihat menggunakan pakaian tradisionalnya masing-masing. Sehingga akan terlihat sangat beragam dan meskipun memiliki budaya yang berbeda dengan penduduk lokal di Amerika.

Tidak hanya penduduk imigran, umat Muslim lokal pun juga akan mengenakan pakaian terbaiknya untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dengan begitu nuansa perayaan hari lebaran tetap terasa meskipun berada di tengah-tengah minoritas agama Muslim.

Mengucapkan Selamat Idul Fitri

Pada saat umat Muslim selesai melaksanakan sholat Ied maka akan dilangsungkan kegiatan untuk saling memeluk antara satu dengan yang lainnya. Selain itu setiap orang akan mengucapkan selamat Idul Fitri sebagai bentuk suka cita hari kemenangan hari itu.

Perayaan ini membuat jalinan silaturahmi antar sesama lebih erat dan mengikatkan hubungan dengan orang lain. Terlebih saat sholat Ied banyak jamaah berdatangan untuk melaksanakan sholat yang hanya ada satu tahun sekali.

Memberikan Bingkisan

Tradisi lebaran di Amerika yang lainnya adalah dengan memberikan bingkisan pada keluarga ataupun kerabat dekat. Pada acara pemberian bingkisan ini cukup meriah terlebih anak-anak yang sangat senang dengan momennya.

Isi bingkisan yang diberikan pun sangat beragam tergantung dari orang yang memberikannya dan biasanya setiap orang akan berbeda dalam memberikan. Perayaan seperti ini sebenarnya tidak hanya ada di Amerika saja namun juga beberapa negara lainnya.

Perayaan Hari Lebaran Setengah Hari

Di Amerika, umat Muslim sebagai penduduk minoritas yang mana dalam merayakan hari lebaran tentunya akan berbeda dengan di Indonesia. Sehingga membuat perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak dilakukan sehari penuh atau bahkan berhari-hari.

Bagi umat Muslim yang berada di Amerika akan merayakan sesuai dengan kondisi di sana dan kebanyakan hanya setengah hari saja. Setelah itu mereka akan melakukan kegiatan lain seperti biasanya, terlebih pada saat hari lebaran tidak bertepatan pada hari libur.

Bersilaturahmi

Salah satu tradisi lebaran di Amerika yang juga berlangsung di negara lainnya adalah menjalin silaturahmi baik dengan keluarga ataupun sanak saudara yang lain. Sehingga anggota keluarga bisa berkumpul bersama untuk kerabat yang dekat.

Selain itu untuk keluarga yang berada di tempat jauh bisa bersilaturahmi melalui video call ataupun sejenisnya. Waktu bersama dengan keluarga ini tidak bisa dilakukan setiap hari sehingga memberikan kesan yang sangat membahagiakan.

Makan Bersama

Tradisi perayaan Hari Raya Idul Fitri di Amerika mampu mengumpulkan banyak orang. Biasanya juga ada undangan dari anggota keluarga untuk datang sehingga bisa makan bersama dan tersedia makanan dalam jumlah banyak yang bisa dipilih.

Menu yang dihidangkan pun beraneka macam dan biasanya menjadi makanan khas yang wajib ada ketika lebaran saja. Tradisi yang satu ini tidak pernah ditinggalkan oleh masyarakat Muslim di Amerika untuk menjaga hubungan baik dan merayakan hari kemenangan setelah menjalankan puasa.

Bertukar Salam dengan Masyarakat yang Beragam

Keunikan merayakan hari lebaran di Amerika adalah banyaknya orang yang berasal dari berbagai negara dengan budaya berbeda dan tradisi Hari Raya Idul Fitri yang berbeda pula. Keanekaragaman inilah yang membuatnya semakin menarik karena bisa saling bertukar salam, meminta maaf dan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama.

Meskipun berbeda negara namun  keterikatan ini selalu kuat dimasyarakat Muslim Amerika dan pastinya mereka saling belajar budaya antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian arti dari hari kemenangan pun semakin terasa meskipun sebagai masyarkat Muslim minoritas di kalangan masyarakat Amerika yang cenderung menganut agama Non Islam.

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai tradisi lebaran di Amerika sebagai negara yang mayoritasnya beragama non Muslim. Banyaknya tradisi Hari Raya Idul Fitri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di negara lain saat melakukan setiap perayaan lebaran.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small