Suka Duka Menjadi TKI dan TKW di Luar Negeri

Sebagai pekerja di luar negeri tentu akan mengalami suka dan duka yang dirasakan TKI juga TKW. Suka duka menjadi TKI dan TKW di luar negeri hampir di alami oleh semua orang.

Perlu diketahui bahwa suka duka beda negara akan berbeda pula beberapa hal yang dirasakannya. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri silahkan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Suka Duka Menjadi TKI dan TKW di Luar Negeri Korea Selatan

Suka

Sebagai pekerja di luar negeri tentu juga merasakan hal baik. Inilah beberapa suka yang kebanyakan dirasakan oleh TKI dan TKW di Korea Selatan:

  • Mendapatkan majikan baik, meskipun memang tidak semua majikan berhati baik namun dengan perlakuan yang bijaksana membuat pekerja betah di luar negeri
  • Mendapatkan gaji cukup besar, tidak heran jika banyak sekali TKI dan TKW yang telah sukses di luar negeri dengan melakukan pekerjaannya tersebut.

Duka

Tidak hanya terdapat suka yang bisa dipandang oleh kebanyakan orang dari sisi luarnya. Bekerja di luar negeri tentunya akan merasakan duka dalam beberapa hal, berikut ini:

  • Jauh dari keluarga sehingga kehilangan momen berkumpul yang sangat dirindukan. Terlebih bekerja di luar negeri biasanya memiliki kontrak tahunan sehingga sulit untuk pulang ke Indonesia
  • Perbedaan cuaca di Korea Selatan dan Indonesia tentu sangat berbeda. Di negara Korea Selatan memiliki 3 musim yakni musim panas, dingin dan semi yang tidak ada di Indonesia, dengan demikian harus adaptasi dari segi fisik
  • Saat sakit di luar negeri maka harus siap secara mandiri untuk berobat dengan mengeluarkan uang pribadi tanpa ditemani berobat oleh keluarga
  • Majikan kurang baik dalam memperlakukan pekerjanya. Bahkan ada majikan yang melakukan penyiksaan, pelecehan atau bahkan tidak digaji selama bekerja.

Persiapan Bekerja ke Luar Negeri

Dengan mengetahui suka duka menjadi TKI dan TKW di luar negeri maka perlu persiapan yang matang. Sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri sebaiknya kamu mempersiapkan segala hal.

Sebab kondisinya jauh dari negara dan keluarga sehingga secara fisik dan metal harus siap. Inilah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum bekerja di luar negeri:

Niat untuk Bekerja

Sebelum kamu memilih untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI maka pastikan terlebih dahulu kamu niat bekerja di sana tidak hanya sekedar ikut-ikut dengan teman karena gaji besar. Saat kamu belum menjalankan pekerjaannya jangan terlalu membayangkan gaji yang besar.

Sebab bekerja di luar negeri banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan pastinya lebih mahal dengan biaya di Indonesia. Dengan demikian jangan menganggap bekerja di luar negeri pasti mendapatkan gaji besar, sehingga niatkan dulu maka proses mendapatkan gaji besar akan berjalan.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Manajemen Uang

Kamu tentu tidak ingin bekerja di luar negeri untuk selamanya, terlebih dengan suka duka menjadi TKI di luar negeri pasti ingin kembali ke negara sendiri. Masa kerja di luar negeri biasanya untuk kontrak paling sedikit 2 sampai 3 tahun dan paling lama 4 sampai 6 tahun.

Maka dari itu manfaatkanlah dengan baik dan tidak bisa digunakan hanya untuk bersantai saja. Kamu harus bekerja keras untuk memikirkan masa depan, sehingga penting memanajemen keuangan agar bisa digunakan nantinya setelah kembali di Indonesia.

Perbanyak Informasi

Dengan mengetahui suka duka menjadi TKI dan TKW di luar negeri maka perlu bagi kamu mencari informasi lengkap mengenai buruh migran. Hal ini berkaitan dengan hak dan kewajiban TKI, keuntungan hingga risiko menjadi TKI.

Kamu bisa mencari tahu informasi lengkapnya di internet ataupun melalui saudara bahkan dinas ketenagakerjaan. Pastikan juga kamu daftar di jalur yang resmi sehingga tidak menjadi ladang penipuan bagi oknum tidak bertanggung jawab.

Mengetahui Gaya Hidup Negara Tujuan

Jika ingin bekerja di negara orang tidak hanya perlu mengetahui suka duka menjadi TKI dan TKW di luar negeri namun juga mengenali gaya hidup di negara tujuan. Setiap negara memiliki gaya hidup yang berbeda-beda, beberapa negara seperti Korea dan Jepang memiliki gaya hidup individualis namun disiplin serta pekerja keras.

Mengetahui gaya hidup pada negara tujuan bisa menjadikan gambaran kamu saat nantinya berada di sana. Sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih negara tersebut ataupun tidak.

Kesiapan Finansial dan Dokumen

Ketika telah memutuskan untuk bekerja di luar negeri maka penting bagi kamu dalam mengatur kesiapan dari segi finansial. Kamu harus menghitungkan dan memperkirakan pengeluaran di negara tujuan dengan mengetahui gaya hidupnya.

Pastikan kamu memperhitungkan lebih banyak agar tidak mengalami kekurangan uang di negara orang. Selain itu siapkan juga dokumen yang dibutuhkan nanti ketika sudah berada di negara tujuan untuk bekerja.

Kesiapan Fisik dan Kesehatan

Persiapan yang lainnya juga dari fisik dan kesehatan dengan stamina baik ketika ingin bekerja di luar negeri. Jika kamu memiliki riwayat penyakit maka pastikan mengetahui fasilitas kesehatan yang berada di wilayah tempat kamu bekerja nantinya.

Selain itu pertimbangkan juga cuaca di luar negeri yang jauh berbeda dengan di Indonesia. Di luar negeri memiliki 3 musim yakni musim dingin, panas dan semi yang membuat kamu harus siap dengan segala kondisinya.

Kesiapan Mental

Suka duka menjadi TKI dan TKW di luar negeri sudah banyak betebaran di internet, maka dari itu siapkan mental kamu secara matang. Jika bekerja sebagai ART, kamu harus siap dengan majikan yang nantinya akan mempekerjakan.

Seperti yang diketahui bahwa setiap majikan memiliki karakter dan perlakukan berbeda pada setiap ART-nya. Selain itu budaya di Indonesia dan luar negeri tentu berbeda dan kamu akan mengalami culture shock.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai suka duka menjadi TKI dan TKW di luar negeri seperti halnya Korea Selatan. Sebelum memutuskan bekerja di luar negeri maka persiapkan segala hal dengan matang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore