Strategi Pemasaran Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Bagaimana strategi pemasaran produk yang pas? Dalam menjalankan bisnis sangat penting mengenal strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada produk ataupun jasa. Tidak heran jika setiap perusahaan yang bergerak pada bidang produk pasti mempunyai bagian marketing atau pemasaran.

Hal ini tidak lain untuk memasarkan produk yang telah diproduksinya agar diketahui oleh masyarakat dan selanjutnya bisa membeli. Namun tidak semuanya mengetahui strategi ini dengan baik.

Strategi Pemasaran Produk untuk Penjualan Lebih Maksimal

Strategi Pemasaran Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Dalam meningkatkan penjualan produk sangat penting bagi kamu pebisnis mengenal strategi marketing. Inilah beberapa strategi yang dapat kamu ketahui dalam hal pemasaran produk:

1. Mengenali pelanggan dengan baik

Strategi yang harus kamu lakukan yakni mampu mengenali pelanggan dengan baik karena menjadi target dari penjualan. Jika kamu tidak bisa mengenali pelanggan maka produk yang kamu tawarkan juga tidak akan disukai.

Dalam mengenali pelanggan maka kamu harus melakukan survei di pasar terkait produk apa yang dibutuhkan, sistem pembayaran yang disukai, distribusi produk yang diinginkan dan lainnya. Karena itulah melakukan survei untuk mengenali pelanggan sangat penting bahkan sebelum produk tersebut di pasarkan.

2. Melakukan promosi secara tepat

Strategi marketing yang efektif dengan melakukan promosi pada sasaran yang tepat. Melakukan kegiatan promosi ini bisa di mana saja seperti halnya media cetak, media sosial, media online bahkan di televisi.

Melakukan promosi produk akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan konten kreatif yang memicu orang lain akan membeli produk kamu. Selain itu proses melakukan promosi harus secara konsisten dan berkelanjutan sehingga tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja, hal ini guna mendekatkan diri ke masyarakat sebagai calon pembeli.

3. Membangun tempat usaha di lokasi strategis

Strategi pemasaran yang lainnya yakni membangun lokasi usaha pada tempat strategis dan berpotensi meningkatkan penjualan produk kamu. Dalam menemukan lokasi yang strategis maka kamu membutuhkan survei terlebih dahulu dan tidak asal dalam memilih tempat.

Lokasi yang kamu pilih harus nyaman dan potensial untuk digunakan bisnis sebab berada di jalan protokol. Kamu juga bisa memilih lokasi usaha di dekat area perkantoran ataupun pusat administratif karena kawasan itu menjadi pusat timbulnya keramaian.

4. Membuat anggaran secara rinci dan detail

Pada strategi lain yang harus kamu persiapkan yakni dengan membuat anggaran khusus guna melakukan promosi pemasaran. Melakukan promosi di media sosial tidak membutuhkan biaya bahkan gratis untuk kamu memasarkan produk sebanyak mungkin.

Namun harus kamu ketahui juga ada sistem promosi di media online maupun media sosial yang sifatnya berbayar dengan jangkauan pelanggan lebih luas. Kamu bisa memanfaatkan Google Ads atau menyewa influencer untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan lebih banyak lagi.

5. Menjalin hubungan baik dengan para pelanggan

Strategi pemasaran kali ini jarang sekali digunakan oleh para pemilik produk, terlebih setelah produk di tangan pembeli hubungan langsung terputus tanpa ada interaksi lagi. Menjalin hubungan baik bisa membuat pembeli ingin membeli produk kamu dan ada niatan untuk membeli untuk kedua kalinya.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Pelayanan yang harus kamu lakukan selain di atas yakni menunjukkan respon terbaik saat terjadi transaksi. Selain itu kamu tidak boleh menutup diri atas kritik dan saran yang sifatnya membangun pada bisnis kamu.

6. Membuat toko online sendiri untuk pemasaran

Sekarang ini mempunyai toko online sendiri sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan dan sudah banyak dimiliki oleh para pebisnis. Dengan kamu membuka toko online sendiri maka siapapun akan lebih mudah untuk melihat produk tanpa ada batasan jarak ataupun waktu.

Hal ini bisa menjadi strategi untuk melakukan pemasaran produk yang sangat baik kamu gunakan guna pengembangan bisnis berkelanjutan. Dalam membuka toko online sendiri memang membutuhkan waktu serta dana yang harus dianggarkan dan pastinya bisa sebagai investasi yang menguntungkan.

7. Mempunyai media sosial atas nama bisnis atau perusahaan

Strategi pemasaran yang paling efektif untuk dilakukan oleh para marketer dalam mengenalkan produk bisnis atau perusahaan. Maka bisa dengan memiliki akun media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube atau yang lainnya.

Akun tersebut bisa digunakan untuk melakukan pemasaran produk yang sedang kamu jual dan akan ada banyak orang melihat postingan tersebut. Jika para pembeli tertarik maka akan banyak juga yang menghubungi kamu melalui kolom komentar atau mengunjungi situs online yang sudah kamu sediakan.

8. Mengaktifkan email marketing

Tidak hanya memasarkan produk melalui media sosial dan media online saja, kamu juga bisa menggunakan email dalam hal memperluas jangkauan pelanggan. Mengingat jumlah dari email akan jauh lebih banyak daripada akun media sosial maka bisa jadi cara yang tepat untuk promosi melalui email.

Maka dengan begitu dibutuhkan email marketing yang dibuat terpisah dengan email perusahaan secara umumnya. Mengirimkan email mengenai promosi memang banyak yang menganggapnya spam, namun jika mereka membutuhkan maka para pengguna akan membuka dan mencari informasi lebih lengkap lagi.

9. Menjalankan bisnis dengan sistem dropship pada strategi pemasaran

Dropship merupakan salah satu sistem guna mengajak pelangan agar bergabung menjadi bagian dari agen pemasaran untuk menawarkan produk. Namun dropshiper tidak perlu membeli produk atau mempunyai stok, karena tugasnya hanya untuk memasarkan atau menawarkan produk jualnya saja.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Jika ada yang tertarik tinggal dilakukan pengiriman barang dari pihak penjual tanpa harus melalui dropshipper lagi. Dengan begitu dropshipper akan mendapatkan komisis atas penjualan yang sudah dilakukannya.

10. Meminta jasa influencer

Strategi pemasaran yang sangat ampuh untuk dilakukan yakni bekerja sama dengan influencer. Kamu bisa memilih influencer sesuai dari kalangan artis ataupun selebgram.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Memang untuk strategi kali ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Namun seimbang dengan perolehan peningkatan penjualan atas produk.

Itulah tadi pembahasan mengenai strategi pemasaran dalam menjual produk. Memilih strategi yang tepat mampu meningkatkan penjualan lebih tinggi.

Instagram