Strategi Pemasaran Makanan untuk Meningkatkan Penjualan

Bagaimana strategi pemasaran makanan yang jitu? Bisnis kuliner sekarang ini mempunyai beragam variasi dan pilihannya. Hal ini membuat kamu harus menggunakan strategi pemasaran yang ampuh dan berbeda dengan milik pesaing.

Makanan menjadi kebutuhan yang setiap hari pasti dicari oleh banyak orang. Melihat bisnis makanan dengan jumlah yang banyak ini maka perlu meningkatkan penjualan melalui cara berbeda.

Tips Memasarkan Produk Makanan agar Lebih Meningkat

Strategi Pemasaran Makanan untuk Meningkatkan Penjualan

Membuka bisnis makanan maka kamu harus siap dengan adanya persaingan yang begitu ketat untuk sekarang ini. Di bawah ini terdapat strategi pemasaran makanan yang dapat kamu ketahui dan praktikkan sendiri dalam bisnis.

1. Mengemas makanan tampak lebih menarik

Dalam melakukan strategi marketing untuk memasarkan produk makanan, kemasan menjadi salah satu hal yang dilihat lebih dulu oleh pembeli. Membuat kemasan harus sesuai dengan target pasar kamu, misalnya menjual makanan untuk anak-anak, maka kamu harus membuat desain kemasan dengan gambar kartun atau ilustrasi yang menarik.

Sehingga relevan dengan produk yang kamu jual tidak menipu dari sisi kemasan saja. Sebelum kamu menentukan desain kemasan akan lebih baik untuk mengatur strategi segmenting, targeting dan juga positioning guna mengetahui target pasar yang tepat.

2. Membuat foto produk yang tampak mengesankan

Elemen penting dalam strategi pemasaran yakni dengan membuat foto produk semenarik mungkin. Sebab hal utama yang akan dilihat oleh konsumen lebih dulu yakni foto visual dari produk.

Dengan penggunaan visual yang menarik maka akan membuat calon pembeli terdorong untuk membeli produk. Selain gambar yang bagus juga bisa membuat tagline menggoda serta penggunaan copywriting ciamik untuk menggugah selera dari calon pembeli.

3. Membuat website atas nama perusahaan

Website ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal melakukan strategi untuk memasarkan bisnis kuliner. Maka penting bagi kamu membuat website guna menampung berbagai macam informasi terkait produk dalam bisnis kamu.

Hal ini akan mendukung dalam kegiatan pemasaran makanan agar mempunyai tempat bagi konsumen untuk berkunjung ke etalase toko kamu. Website juga menjadi faktor yang berpengaruh besar terhadap kepercayaan pada konsumen sebab dengan mempunyai website dianggap mempunyai bisnis profesional.

4. Memasarkan lewat media sosial

Jika kamu tidak mempunyai tempat untuk memasarkan produk pada toko offline maka bisa menggunakan media online atau media sosial. Strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial sangat ampuh dan efektif guna memangkas modal awal ketika memulai bisnis makanan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Sekarang ini media sosial merupakan salah satu media yang wajib kamu gunakan di era digital ini untuk mengikuti adanya perkembangan teknologi. Melalui media sosial kamu akan mudah menjalin interaksi dengan konsumen serta membuat banyak program atau penawaran yang menarik minat para konsumen.

5. Melakukan kerjasama dengan penyedia jasa layanan pesan antar

Kecanggihan teknologi memudahkan konsumen untuk pesan makanan melalui aplikasi dan cukup booming sekarang ini. Para konsumen hanya dengan memesan makanan melalui gadget maka dalam waktu yang tidak lama makanan datang dari sistem pesan antar.

Strategi dalam memasarkan makanan ini bisa dengan melakukan kerjasama bersama Gojek dan Grab untuk meningkatkan penjualan. Selain itu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari perusahaan penyedia layanan yakni bisa berjualan tanpa harus mempunyai tempat besar.

6. Bekerja sama dengan selebgram untuk endorse makanan

Cara efektif dalam menjalankan strategi pemasaran yaitu bekerja sama bersama orang yang berpengaruh seperti halnya selebgram, influencer ataupun artis. Mereka mempunyai banyak pengikut serta adanya tingkat kepercayaan yang begitu tinggi dalam mencicipi makanan dari bisnis kamu.

Seperti halnya kamu menjual makanan cokelat tempe dan mencari selebgram yang sudah terbiasa untuk melakukan review atas makanan tersebut. Maka dengan begitu akan mendapatkan testimoni asli dan mampu meningkatkan penjualan kamu.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

7. Membuat promosi yang cukup unik untuk pemasaran produk

Dengan menggunakan promosi yang menarik dan unik maka akan mendorong para konsumen datang ke tempat kamu. Sangat penting bagi kamu untuk membuat ide kreatif promosi yang mengesankan dan pastinya bisa membuat penasaran bagi konsumen.

Promosi mempunyai fungsi dalam mencegah terjadinya penumpukan pada produk yang belum terjual karena tidak banyak orang mengetahui tentang produk kamu. Kamu juga bisa membuat tawaran menarik dengan menyajikan copywriting yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

8. Menggunakan strategi pemasaran dengan merekrut reseller

Salah satu yang sekarang ini dilakukan oleh pebisnis makanan dengan merekrut banyak reseller untuk menjualkan produknya. Dengan kamu mempunyai reseller maka pastinya akan terbantu dari segi penjualan produk, hal seperti ini dapat dengan mudah dilakukan ketika market sudah jelas.

Sebelum kamu memutuskan untuk rekrut reseller sebagai strategi pemasaran maka sebaiknya mempelajari tentang komunikasi non verbal dalam menjalankan bisnis. Sehingga kamu bisa mengetahui latar belakang dari reseller secara jelas sebab akan berpengaruh besar pada peningkatan penjualan produk.

9. Mengadakan give away untuk memasarkan produk

Dalam melakukan give away bisa kamu lakukan sendiri pada media sosial yang sedang kamu kelola untuk menjalankan bisnis makanan. Kamu bisa menyediakan beberapa syarat secara gratis agar bisa diikuti oleh para pengikut di media sosial.

Pemenangnya akan mendapatkan barang dan bisa dijadikan sebagai testimoni guna membangun branding dalam strategi pemasaran. Give away ini mampu menarik perhatian bagi para konsumen yang nantinya menjadi pengikut dan akan melanjutkan ke tahap pembelian produk makanan.

10. Mengkreasikan event dalam memperkenalkan produk

Tidak hanya membuat give away saja, kamu juga bisa membuat ide kreatif untuk event yang mana akan menarik jumlah pengikut lebih banyak lagi. Buatlah event yang mana memang khusus guna memperkenalkan produk baru kepada konsumen.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Event yang dapat kamu buat yakni garage sale, festival band, event kompetisi dan ide kreatif lainnya. Dengan aktif pembuatan atau ikut dalam event maka besar kemungkinan penjualan kamu akan laris di pasaran.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai strategi pemasaran dalam produk makanan. Memasarkan produk makanan sebenarnya sangat mudah ketika tepat sasaran.

Instagram