Pengertian Bea Masuk, Metode Penghitungan Tarif dan Ketentuan Baru

Pengertian bea masuk merupakan pungutan dari negara berdasarkan dengan ketentuan dari UU yang akan dikenakan pada barang saat memasuki daerah pabean. Dengan demikian jenis hingga kondisi dari suatu barang impor akan memiliki banyak pengaruh pada pengenaan bea masuk.

Bea masuk atas bea impor ini dilakukan penghitungan berdasarkan unsur harga barang, unsur asuransi dan biaya angkut yang telah dikonversikan ke dalam satuan kurs Rupiah dengan nilai tukar berlaku di saat penghitungan bea masuk.

Dengan adanya beberapa poin penting perlu diperhatikan secara baik-baik pada saat melakukan kegiatan impor barang.

Pengertian Bea Masuk

Pengertian Bea Masuk, Metode Penghitungan Tarif dan Ketentuan Baru

Bea masuk pada dasarnya adalah pungutan negara dengan mengacu pada peraturan di dalam UU atas barang yang telah diimpor. Aturan untuk bea masuk sudah ditetapkan pemerintah atas barang impor menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatian.

Dalam menjalankan kegiatan impor barang tertentu maka penting untuk memperhatikan apa saja yang menjadi ketentuan barang tersebut bisa masuk ke dalam negara. Terdapat beberapa poin penting yang harus diketahui dalam mengurus bea masuk barang impor.

Poin Penting Bea Masuk yang Perlu Menjadi Perhatian

• Harga barang atau cost (C) dalam kepabeanan
• Aturanjumlah Bea Masuk sudah tertuang di dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia
• Ongkos kirim merupakan biaya pengiriman yang dikenakan oleh pihak jasa pengiriman pada barang impor yang dikirim ke dalam negeri atau freight (F)
• Nilai asuransi yakni bentuk biaya pertanggungan asuransi yang akan dikenakan pada sebuah barang yang dimasukkan ke dalam negeri ataupun daerah pabean. Nilai asuransinya ini dalam rumus bea masuk sebagai insurance (I)
• Pajak Dalam Rangka Impor atau PDRI yang berupa Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 impor, PPN dan PPnBM

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Metode Penghitungan Tarif Bea Masuk

Metode penghitungan pengertian bea masuk terdiri atas 2 jenis yang dapat kamu ketahui. Jenis metode tersebut antara lain metode tarif spesifik dan juga tarif ad valorem.

Namun banyak sekali komoditas ekspor Indonesia yang lebih menggunakan metode tarif ad valorem. Adapun untuk uraian setiap tarif yang digunakan sebagai berikut:

1. Tarif Spesifik

Tarif spesifik adalah salah satu tarif yang wajib untuk dibayarkan oleh pihak pembeli produk dari luar negeri sesuai satuan barang dan akan dikalikan dengan jumlah satuan barang sesuai tarif bea masuk.

Tarif spesifik harus diketahui nilai dari besaran tarif bea masuk yang harus dibayarkan per satuan barang oleh pihak yang melakukan pembelian barang.

Nilai atau harga pada barang tidak akan memiliki pengaruh atas besaran bea masuk yang akan dibayarkan. Sementara itu untuk komoditas import dihitung dengan menggunakan metode tarif spesifik dengan beberapa produk di antaranya gula, beras, produk minuman mengandung etil alkohol hingga sinematografi.

2. Tarif ad valorem

Tarif ad valorem merupakan tarif yang akan dikenakan dengan cara menentukan persentase dari nilai pabean dan juga barang impor. Untuk mengetahui nilai dari besaran bea masuk yang wajinb dibayarkan maka cara melakukannya dengan mengalikan tarif bea masuk dengan nilai pabean.

Maka dari itu akan diketahui besaran dari nilai pabean atas barang impor yang telah diwakilkan dengan satuan nilai dasar pada perhitungan bea masuk.

Dalam memberikan banyak kemudahan pada penetapan tarif bea masuk ataupun keluar, bahkan dari pihak DJBC menggunakan klasifikasi daftar penggolongan yang telah berlaku pada sistem internasional.

Kalkulator Pabean Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Dalam pengertian bea masuk, kali ini pemerintah terus melakukan peningkatan mutu yang pada pelayanan untuk masyarakat dan berhubungan pada kebutuhan hingga tuntutan kemudahan akses informasi mengenai bea cukai.

Sekarang ini pemerintah dengan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah meluncurkan aplikasi yakni kalkulator pabean.

Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk menghitung bea masuk menjadi lebih mudah dan praktis sehingga lebih jelas. Dengan demikian kamu juga bisa terhindar dari adanya kemungkinan terjadinya kesalahan yang terjadi dalam penghitungan bea masuk barang yang dilakukan atas impor.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Kirim Uang Ke 60+ Negara

Ketentuan Baru untuk Impor Barang Kiriman

Belakangan ini kegiatan impor barang dari luar negeri terus mengalami peningkatan sehingga membuat perhatian khusus untuk industru kecil hingga menengah. Kenaikan pada impor yang dilakukan secara terus menerus akan berdampak pada industru kecil dan menengah.

Pengertian bea masuk harus dipahami dengan baik sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman pada saat melakukan kegiatan impor barang. Inilah beberapa pokok pengaturan yang menjadi ketentuan baru:

1. De Minimis Threshold

De minimis threshold merupakam bentuk kebijakan dalam hal penurunan pada ambang batasan bea masuk untuk barang impor kiriman. Semua bea masuk free on board sebanyak USD 75 sampai USD 3.

2. Perubahan Tarif Bea Masuk dan PDRI

Pengertian bea masuk selalu berhubungan langsung dengan jenis barang impor. Jika barang impor yang dikirimkan sudah lebih dari ambang batas USD 3, hal ini tentunya akan mengikuti penyesuaian pada bea masuk pada beberapa produk di antaranya:

• Bea masuk untuk tas khusus sebesar 15 persen sampai 20 persen
• Sepatu sebesar 25 persen sampai 30 persen
• Produk tekstil 15 persen sampai 25 persen

Setiap masing-masingnya akan dikenakan PPN 10 persen serta PPH 7.5 persen sampai 10 persen. Sementara untuk barang khusus seperti halnya buku ilmu pengetahuan akan bebas bea masuk, PPN dan PPh 22 impor 0 persen.

3. Penyederhaan Prosedur Pabean

Terdapat sebuah konsolidasi billing yang bisa dibayarkan sesudah diterbitkannya surat penetapan pembayaran bea masuk, cukai ataupun pendapatan pajak. Dalam hal ini biasanya untuk setiap perusahaan jasa titipan setiap hari.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai pengertian bea masuk yang berhubungan dengan produk impor kiriman dari luar negeri. Setiap produk yang masuk ke wilayah pabean akan dikenakan bea masuk.

Instagram