Sistem Akuntansi Syariah

Akuntansi dapat digambarkan sebagai proses pendokumentasian transaksi keuangan yang berhubungan dengan perusahaan apapun. Rangkuman, evaluasi, dan pelaporan perusahaan untuk mengevaluasi keberhasilannya semuanya disertakan dalam fitur ini. Ini adalah definisi yang diterima secara umum. Namun, apa jadinya jika kita menambahkan awalan “Islami?” Bagaimana definisi tepat dari sistem akuntansi syariah pada saat ini?

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

Kerangka Syariah yang bersumber dari Al-Qur’an dimasukkan ke dalam akuntansi Islam yang mendefinisikan jenis akuntansi tersebut. Dasar-dasar mengenai kebajikan dan keadilan adalah dua prinsip umum yang dimasukkan ke dalam sistem akuntansi syariah tersebut. Akuntansi ini mencakup berbagai kegiatan terkait dengan hukum dan ketentuan Islam. Bagi yang tertarik mempelajari lebih lanjut, di bawah ini penjelasan mengenai sistem akuntansi syariah mulai dari pengertian, manfaat, serta cara kerjanya secara umum.

Definisi Sistem Akuntansi Syariah

Pertama, akan lebih mudah apabila mencoba untuk memahami lebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksudkan dengan sistem akuntansi syariah ini. Adapun secara umum sebenarnya sistem akuntansi syariah memiliki beberapa definisi. Namun demikian definisi ini bisa dikatakan serupa antara satu dengan yang lain.

Yang pertama, Napier mendefinisikan sistem akuntansi syariah sebagai sistem akuntansi yang berfokus melakukan pelaporan pada akuntabilitas keuangan perusahaan. Dimana dalam prosesnya akuntabilitas ini akan tercermin dari tauhid untuk menjalankan segala kegiatan ekonomi perusahaan sesuai dengan hukum dan kaidah keislaman. Dimana nantinya hal tersebut akan dipertanggung jawabkan kepada Allah.

Yang kedua, Dr. Omar Abdullah Zaid mendefinisikan sistem akuntansi syariah sebagai aktivtas terkait dengan pencatatan keuangan perusahaan sesuai dengan syariat Islam yang berlaku. Sehingga pada prakteknya pencatatan ini nantinya bisa digunakan sebagai tolok ukur pengambilan keputusan perusahaan yang sah dan benar sesuai dengan keadaan sebenarnya yang terjadi di dalam keuangan perusahaan tersebut.

Manfaat Sistem Akuntansi Syariah

Banyak yang mulai memilih menggunakan sistem akuntansi syariah karena memang ternyata sistem ini memberikan banyak manfaat yang menarik. Sehingga banyak pengusaha muslim di tanah air yang memutuskan untuk mengadopsi sistem tersebut dalam sistem akuntansi perusahaan. Secara umum menggunakan sistem tersebut bisa mendatangkan manfaat seperti berikut ini.

Memberikan Sistem Bagi Hasil Yang Adil

Salah satu prinsip dari sistem akuntansi syariah tentu saja harus memastikan bahwa sistem ini tidak akan merugikan pihak manapun. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa sistem yang diaplikasikan pengusaha muslim di tanah air ini berfokus pada sistem bagi hasil yang adil untuk seluruh pihak.

Adapun yang dimaksudkan dengan keuntungan tersebut akan dibicarakan atau didiskusikan bersama di saat awal. Sehingga nantinya seluruh pihak akan menerima besarnya manfaat yang adil sesuai dengan kesepakatan.

Sistem Akuntansi Syariah Menggunakan Prinsip Jual Beli Muharabah

Sangat penting memastikan bahwa dalam keuangan syariah maka akan mengutamakan prinsip dan ketetapan yang Islami. Demikian halnya menggunakan sistem akuntansi syariah maka secara tidak langsung akan menerapkan prinsip muharabah di dalamnya.

Dengan adanya prinsip tersebut maka semua pihak yang terlibat dapat berdiskusi lebih dulu di awal untuk menetapkan berapa besar bunga maupun keuntungan yang akan diterima oleh masing-masing pihak. Sehingga nantinya akan tercipta kesepakatan sesuai dengan ketentuan serta keinginan masing-masing pihak tersebut. Maka dengan demikian nantinya kesepakatan yang terjadi tidak akan merugikan siapapun.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Kebersihan

Memiliki Unsur Tenggang Rasa

Satu hal yang dapat dirasakan dengan menggunakan sistem akuntansi syariah yaitu tentunya manfaat dari unsur tenggang rasa. Sehingga masing-masing pihak masih dapat memiliki rasa kemanusiaan satu dengan yang lain. Setiap hal di dalam kesepakatan maupun transaksi keuangan yang terjadi akan memperhatikan kepentingan dari semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Berkat sistem tersebut nantinya tidak ada yang akan merasa kecewa serta dirugikan. Sebaliknya seluruh pihak yang terlibat dalam transaksi keuangan bisnis akan merasa puas dan tenang.

Prinsip dan Cara Kerja Sistem Akuntansi Syariah

Pada dasarnya yang dimaksud prinsip secara umum yaitu fakta atau pernyataan mendasar yang menjadi dasar keyakinan atau perilaku apa pun yang akan kita terapkan di masa depan untuk penalaran. Dimana dalam hal ini sistem akuntansi syariah menerapkan prinsip-prinsip keadilan dan kemurahan hati yang menjadi landasan filosofi pada sistem akuntansi tersebut.

Perlu diketahui bahwa masyarakat Islam menganut prinsip kebajikan dan keadilan. Dimana hal ini kemudian diungkapkan dalam sistem akuntansi Islam yang dikembangkan. Skenario tersebut berlaku ketika sektor keuangan berperilaku sesuai dengan prinsip dan standar Islam. Tidak boleh ada sistem keuangan terlarang dan harus sepenuhnya bertanggung jawab atas aliran uang yang masuk dan keluar dari bank. Dimana nantinya bank juga dapat mengambil keuntungan dari rekening bank yang terlibat dalam penyimpangan tersebut untuk dapat menerapkan prinsip keadilan tersebut.

Sebaliknya, dalam sistem akuntansi syariah, tujuan bank tidak boleh terbatas pada menghasilkan keuntungan saja namun melainkan memberikan bantuan kepada individu, khususnya pada saat krisis. Seperti memberikan bantuan keuangan pada saat terjadi bencana atau membantu mereka mengurangi tingkat kemiskinan melalui pemberian paket pinjaman. Inilah prinsip dasar dan cara kerja dari sistem akuntansi syariah di tanah air.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan membaca informasi yang telah disajikan di atas, tentu akan lebih mudah untuk mengetahui sebenarnya apa yang dimaksud dengan sistem akuntansi syariah termasuk juga apa yang menjadi manfaat dari sistem tersebut.

Banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan sistem akuntansi ini membuat banyak pengusaha pada akhirnya bisa mempercayai sistem tersebut untuk mendatangkan manfaat yang lebih besar dalam sistem akuntansi perusahaan. Begitu juga dengan cara kerjanya yang lebih baik dan optimal serta mendatangkan efisiensi serta efektifitas yang baik. Sehingga tidak heran jika mengadopsi gaya akuntansi tersebut tentunya tidak akan merugikan pengusaha. Sebaliknya bisa memberikan manfaat yang lebih besar dan lebih baik bagi perusahaan khususnya untuk para pengusaha muslim di tanah air.