Pengertian Reversal, Penyebab Terjadinya dan Cara Mengatasi

Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah menunjukkan kemudahan khususnya bagi para nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara digital. Dalam hal ini penting sekali untuk mengetahui pengertian reversal di dunia perbankan.

Saat melakukan kegiatan transaksi melalui digital pastinya akan mengenal notifikasi berupa SMS. Sehingga transaksi reversal sendiri lebih tertuju pada notifikasi dalam bentuk SMS dari pihak bank sebagai penunjuk keuangan.

Pengertian Reversal

Pengertian reversal

Pengertian reversal merupakan keterangan dalam bertransaksi dan keterangan tersebut akan muncul dengan bentuk notifikasi sebagai fasilitas perbankan baik itu notifikasi SMS, mobile banking ataupun internet banking. Untuk pengguna yang telah mendapatkan notifikasi tidak perlu panik mengenai keamanan pada saldo, sebab notifikasi biasanya muncul karena adanya kegagalan melakukan transaksi atau time out.

Dengan demikian tidak perlu mengkhawatirkan saldo tidak aman, sebab transaksi dalam pengertian reversal tidak dapat mengurangi saldo di dalam rekening. Apabila memang terjadi pengurangan maka dari pihak bank sendiri akan mengembalikan saldo ke rekening dengan jumlah yang utuh.

Penyebab Terjadinya Reversal Transaksi

Penyebab Terjadinya Reversal Transaksi

Dengan mengetahui pengertian reversal maka penting juga untuk memahami penyebab terjadinya reversal. Terdapat beberapa faktor yang mendasarinya sebagai indikasi penyebab gagalnya melakukan kegiatan transaksi hingga muncul notifikasi.

Inilah beberapa penyebab yang bisa diketahui hingga terjadi reversal:

Nomor rekening tujuan salah

Penyebab terjadinya reversal yang membuat kegiatan transaksi menjadi gagal tidak lain yakni faktor kesalahan dari pihak pengguna. Salah satunya pengguna salah dalam memasukkan nomor rekening yang hendak dituju.

Hal inilah yang membuat sistem menjadi tidak dapat melakukan pelacakan atas nomor rekening tujuan dan dianggap terjadi kegagalan transaksi. Maka dari itu penting untuk sebelumnya mengecek kembali nomor rekening yang hendak dituju.

Waktu transaksi habis atau time out

Dari sistem perbankan memberikan batas waktu secara otomatis dalam melakukan kegiatan transaksi. Hal seperti ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga sistem keamanan dari pihak bank.

Dengan demikian saat batas waktunya sudah habis untuk bertransaksi secara otomatis juga dianggap gagal dari sistem. Penting bagi nasabah untuk mengetahui hal ini sebelum melakukan transaksi.

Outer

Outer adalah nomor tujuan yang mana di luar dari wilayah jangkauan bank terkait. Kejadian ini seringkali terjadi saat nasabah salah dalam memasukkan kode transfer.

Maka dengan begitu, pengertian reversal bukan mengarah pada hal yang membahayakan seperti saldo menjadi tidak aman. Pengertian reversal hanya sebagai pemberitahuan bagi nasabah mengenai kegagalan dalam bertransaksi.

Terdapat gangguan jaringan

Reversal kemungkinan besar dapat terjadi karena adanya gangguan yang berasal dari pihak perbankan itu sendiri, sehingga kegiatan proses transaksi menjadi gagal. Artinya kegagalan dalam bertransaksi bukan berasal dari kesalahan secara pribadi namun oleh sistem terkait.

Terjadi kegagalan saat transaksi pembelian pulsa atau tagihan lain

Penyebab lain terjadinya reversal yakni kegagalan ketika melakukan proses transaksi pembelian pulsa atau tagihan yang lainnya dan berkaitan dengan bank. Kegagalan dalam proses transaksi ini tentunya akan memberi efek pada transaksi reversal.

Sehingga membuat transaksi diberhentikan karena tidak ada respon dari pihak host pembelian. Kegagalan melakukan kegiatan transaksi inilah yang menjadi kegagalan transfer tarik tunai.

Akibat aplikasi

Adanya aplikasi pendukung yang tengah diinstal pada HP dalam mendukung melakukan kegiatan transaksi jutsru malah sebaliknya. Pengertian reversal bisa dipahami dengan kemunculannya karena menggunakan aplikasi yang salah dan alangkah baiknya untuk berhati-hati pada setiap aplikasi.

Dalam melakukan transaksi online lebih baik menggunakan aplikasi bawaan dari HP. Sebab aplikasi bawaan mempunyai sistem yang dapat meminimalisir terkait solusi pencegahan dalam ketika nantinya terjadi kegagalan transaksi dan pastinya tidak menguras tenaga, waktu dan pikiran.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol

Saldo Aman Meskipun Terjadi Reversal?

Saldo Aman Meskipun Terjadi Reversal

Banyak di antara pengguna yang merasa khawatir karena mendapatkan notifikasi reversal. Akan tetapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat melakukan transaksi mengalami reversal saldonya tetap aman dan utuh.

Apabila tetap ragu bisa memastikannya dengan melakukan pengecekan saldo di ATM, internet banking, mobile banking hingga fasilitas cek saldo lainnya. Itulah maksud dari pengertian reversal yang sesungguhnya dan pada kenyataannya hanya sebagai bentuk pemberitahuan saja.

Cara Mengatasi Reversal

Cara mengatasi reversal

Transaksi reversal yang mudah dipahami membuat para pengguna juga lebih mudah dalam mengatasi masalahnya. Terdapat beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah reversal, berikut uraiannya:

Memastikan nomor rekening tujuan sudah benar

Masalah utama yang sering dialami oleh para nasabah dalam bertransaksi khususnya melakukan transfer yaitu kesalahan dalam memasukkan nomor rekening. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu nomor yang akan digunakan masih aktif dan belum terblokir.

Proses kegagalannya transaksi reversal biasa terjadi karena kesalahan dari nasabah itu sendiri. Kurang telitinya dalam memastikan nomor rekening membuat transaksi reversal bisa terjadi.

Memastikan bahwa jaringan internet stabil

Reversal selalu berhubungan dengan transaksi digital menggunakan HP yang pastinya membutuhkan jaringan internet. Untuk melakukan clear reversal pastikan koneksi jaringan internet telah stabil khususnya jika menggunakan mobile banking.

Hal ini tentunya bertujuan agar proses melakukan transaksi bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan terlebih pada masalah jaringan internet. Apabila berada di lokasi yang cukup minim jaringan internet, lebih baik diurungkan jika ingin melakukan transaksi karena akan percuma saja tetap gagal tidak adanya jaringan internet yang stabil.

Mengaktifkan fitur SMS dari bank terkait

Untuk nasabah yang menggunakan SMS Banking, internet banking hingga mobile banking sebaiknya mengaktifkan fitur notifikasinya. Dengan begitu nasabah bisa mengetahui apabila terjadi kegagalan dalam bertransaksi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Namun jika mendapatkan notifikasi jangan terus panik, sebab notifikasi tersebut hanya sebagai teknik pengamanan rekening. Notifikasi juga berfungsi sebagai pengingat atas transaksi yang telah dilakukannya.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai pengertian reversal yang sering membuat banyak orang panik dan khawatir saldo di rekeningnya tidak aman. Terjadinya reversal bisa karena sejumlah faktor yang kemungkinan terjadi namun tetap dapat diatasi dengan mudah.