Metode Pembayaran Internasional pada Lingkup Perdagangan Bisnis

Metode pembayaran internasional biasanya digunakan pada dunia perdagangan yang dilakukan oleh para pebisnis. Hal ini dikarenakan di era perdagangan internasional yang sudah modern, menyediakan berbagai macam pilihan metode pembayaran yang dapat digunakan oleh para pebisnis ketika melakukan kegiatan ekspor impor.

Dengan demikian para pebisnis harus memahami metode yang nantinya dapat digunakan dan cocok supaya bisa terhindar dari tindak penipuan atau hal lainnya. Adanya metode pembayaran di dalam perdagangan internasional memberikan kemudahan bagi para pebisnis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya.

Metode Pembayaran Internasional pada Lingkup Perdagangan Bisnis

Metode Pembayaran Internasional

Dalam menjalankan dunia perdagangan di lingkup internasional tentunya harus menggunakan metode pembayaran yang sesuai. Metode pembayaran tersebut pastinya tidak akan sama ketika menjalankan bisnis di lingkup lokal negara saja.

Adapun untuk beberapa metode pembayaran perdagangan internasional yang bisa kamu gunakan sebagai berikut:

1.  Letter Of Credit

Pada perdagangan yang dilakukan secara internasional importir bisa melakukan pengajuan pinjaman di bank dan apabila bank tersebut menyetujui permohonan dari importir maka biasanya akan mengeluarkan letter of credit. Sehingga dengan kehadiran dari letter of credit tersebut menjadi alat untuk mengganti kredit serta jaminan pembayaran bagi eksportir.

Sementara itu untuk proses yang dapat dilakukan pada saat pembayaran internasional menggunakan letter of credit yakni:

  • Letter of credit hanya dikeluarkan oleh pihak bank
  • Importir bisa melakukan pengajuan permohonan letter of credit
  • Eksportir akan menerima letter of credit
  • Pihak bank bisa meneruskan letter of credit pada eksportir

Bank yang nantinya akan menjamin untuk melakukan pembayaran letter of credit atas permintaan dari pihak bank.

2. Cash In Advanced

Salah satu metode pembayaran internasional yang dapat digunakan yaitu cash in advanced sebagai pembayaran dimuka untuk melakukan kegiatan transaksi pembayaran sebelum barang dikirimkan penjual. Pada jenis pembayaran ini untuk pembayaran secara penuh ataupun sebagian.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Sementara itu, pengguna yang menggunakan metode pembayaran jenis ini akan mendapatkan keuntungan pembayaran dimuka sebagai biaya transaksi yang cenderung relatif lebih rendah dan untuk sistem pemberkasan dokumennya juga lebih singkat dibandingkan dengan letter of credit.

3. Open Account

Metode pembayaran internasional yang bisa dijadikan pilihan alternatif yaitu open account sebagai kebalikan dari sistem pembayaran di muka. Dengan artian bahwasanya barang nantinya akan dikirimkan terlebih dahulu oleh eksportir dan untuk transaksi pembayarannya sendiri akan dilakukan setelah menerima barang tersebut.

Dalam menggunakan metode pembayaran ini tentunya mendapatkan keuntungan yang cukup besar pada pihak importir yakni bisa menerima barang terlebih dahulu. Selain itu untuk resikonya akan ditanggung oleh pihak eksportir dengan risiko keterlambatan pembayaran ataupun memang tidak akan dibayar sama sekali.

4. Consignment

Banyak pebisnis yang menggunakan metode pembayaran internasional di perdagangan internasional menggunakan consignment. Metode pembayaran yang satu ini mengharuskan pihak eksportir untuk melakukan pengiriman barang terlebih dahulu dan untuk pembayarannya sendiri akan dilakukan oleh pihak importir apabila barang tersebut sudah terjual.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Dengan demikian akan terdapat keterbatasan dari eksportir untuk melakukan promosi dan menjual barang,kemungkinan besar untuk pembayaran dari barang ekspor tersebut dilakukan secara konsinyasi. Artinya bahwasanya dari pihak penjual akan menitipkan barangnya tersebut untuk dijual kembali oleh pihak importir.

5. Kompensasi Pribadi

Pilihan metode pembayaran di perdagangan internasional yang dapat digunakan oleh para pebisnis yaitu kompensasi pribadi. Kompensasi pribadi merupakan pembayaran internasional yang biasanya akan digunakan oleh warga negara di sebuah negara dengan warga negara lain.

Penggunaan kompensasi pribadi ini sebagai metode pembayaran yang sifatnya cenderung lebih praktis karena dapat diterapkan secara tidak langsung. Selain itu keuntungan menggunakan metode pembayaran internasional kompensasi pribadi juga bisa dilakukan tanpa harus berpindah tempat atau negara dan dapat dilakukan di negaranya masing-masing.

6. Uang Tunai

Uang tunai juga menjadi salah satu bentuk metode pembayaran di perdagangan internasional yang biasanya dilakukan apabila eksportir dan importir tersebut belum saling mengenal secara baik yang nantinya bisa membangun kepercayaan antara keduanya. Pembayaran secara tunai akan dilakukan oleh pihak importir menggunakan mata uang yang sesuai dengan negara dari eksportir.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Transaksi yang dilakukan untuk pembayaran tunai ini bisa membuat eksportir memperoleh uang dalam waktu yang lebih cepat sehingga transaksinya ini cenderung lebih disukai oleh para eksportir. Akan tetapi di sisi lain ini cukup merugikan bagi pihak importir karena harus menyediakan uang dengan jumlah yang cukup banyak.

7. Dokumentari Collection

Metode pembayaran di lingkup internasional yang mengharuskan pihak eksportir untuk melakukan penyerahan dokumen terkait proses pengiriman barang ke bank eksportir. Setelah itu untuk prosesnya akan diteruskan ke bank importir guna melakukan perintah pembayaran atas transaksi yang dilakukan antara keduanya.

8. Cek

Cek menjadi salah satu alat pembayaran secara internasional yang dapat dipilih, namun untuk cara menggunakannya pun juga harus diperhatikan pada saat melakukan pembayaran menggunakan cek. Penggunaan cek ini membuat importir akan memberikan cek pada pihak eksportir dengan Bank yang sebelumnya sudah dipilih di negara eksportir.

Dengan metode pembayaran menggunakan cek maka uang akan langsung ditransfer ke rekening dari penerima cek pada saat cek sudah dilakukan validasi. Pada proses validasi ini biasanya akan dibubuhkan tanda tangan dari pemilik cek ataupun cap secara resmi dari pihak yang memberikan kuasa.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Konstruksi
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
Bisnis Jasa Bodyguard

9. Paypal

Adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan maju tentunya bisa memberikan kemudahan bagi para pebisnis di perdagangan internasional untuk melakukan transfer secara online. Adanya perkembangan teknologi sudah memunculkan rekening secara virtual yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis sebagai salah satu alat pembayaran internasional dan alat yang digunakan untuk pembayaran ini dikenal dengan Paypal.

Penggunaan Paypal memberikan kemudahan tersendiri bagi para pebisnis untuk melakukan kegiatan transaksi beda negara yang bisa dilakukan secara online. Sampai saat ini keberadaan dari Paypal sebagai salah satu alat pembayaran internasional yang memiliki bentuk rekening virtual dan sudah cukup populer digunakan oleh para pebisnis.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pilihan metode pembayaran internasional yang sering digunakan oleh pebisnis di dunia perdagangan internasional. Dalam menjalankan perdagangan internasional harus menggunakan metode pembayaran yang sesuai supaya ada kesinambungan antara importir dan eksportir.