Kota Termahal di Indonesia Menurut Kebutuhan Biaya Hidup

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia ternyata membawa banyak perubahan dari segi biaya hidup di beberapa kota dan wilayah Indonesia. Sehingga tidak heran jika terdapat kota termahal di Indonesia karena dampak dari pertumbuhan ekonomi yang terus melaju secara cepat.

Seperti dengan adanya beberapa kota besar yang dijadikan sebagai pilihan favorit masyarakat untuk mencari rezeki karena gaji yang ditawarkan lebih besar dengan fasilitas lengkap. Meski dengan gaji yang besar ternyata gaya hidup di kota besar juga sangat tinggi untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari.

Kota Termahal di Indonesia

Kota Termahal di Indonesia Menurut Kebutuhan Biaya Hidup

1.      DKI Jakarta

DKI Jakarta telah memimpin daftar kota paling mahal di Indonesia dengan biaya hidup rata-rata per rumah tangga hingga mencapai 14. 890 juta perbulan. Hal ini disebabkan oleh faktor urbanisasi yang sangat tinggi dengan pusat bisnis yang ramai dikunjungi dan membuat Jakarta menjadi pusat ekonomi negara Indonesia dengan biaya hidupnya yang mahal bahkan telah melampaui UMP masyarakat.

Seperti yang diketahui bahwa UMP Jakarta di tahun 2024 yakni Rp 5.067.381 per bulan. Dengan begitu artinya hanya dapat mencapai kisaran sepertiga dari kebutuhan biaya hidup bulanan rata-rata untuk masyarakat DKI Jakarta.

2.      Kota Bekasi

Kota Bekasi memang berada tidak jauh dari DKI Jakarta yang telah menempati peringkat kedua kota termahal di Indonesia. Kota Bekasi terkenal cukup mahal karena biaya hidupnya yang tinggi dan bahkan mencapai 14.340 juta perbulan.

Dengan pertumbuhan yang sangat pesat serta didukung oleh perkembangan infrastruktur di kota Bekasi ternyata juga memberi dampak yang sangat tinggi terhadap biaya hidup yang bahkan telah melampaui UMP wilayah Bekasi. UMP kota Bekasi di tahun 2024 yakni Rp 5.343.430 per bulan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

3.      Kota Surabaya

Kota Surabaya menjadi pusat bisnis di Jawa Timur dan telah menempati peringkat ketiga Sebagai kota termahal di Indonesia. Biaya hidup yang dibutuhkan di kota Surabaya memang sangat tinggi, sehingga tidak heran jika menjadi kota termahal.

Rata-rata kebutuhan biaya hidup bulanan di kota Surabaya mencapai 13.360 juta perbulan, meski memang lebih rendah daripada Jakarta dan Bekasi akan tetapi angka tersebut masih terbilang tinggi untuk kawasan kota di Jawa Timur. Perlu diketahui bahwasanya UMP kota Surabaya di tahun 2024 yakni Rp 4.725.479 per bulan.

4.      Kota Depok

Kota Depok menjadi salah satu kota yang berdekatan dengan Jakarta dan ternyata biaya hidupnya juga mahal seperti kota tetangga. Depok mempunyai biaya hidup rata-rata per rumah tangga kisaran 12.360 juta perbulan.

Faktor utama yang membuat kota Depok sebagai kota paling mahal di Indonesia karena faktor urbanisasi dan konektivitasnya dengan DKI Jakarta yang juga memberi kontribusi cukup tinggi terhadap biaya hidup di Depok. Sementara itu untuk UMP wilayah kota Depok di tahun 2024 sebesar Rp 4.878.612 per bulan.

5.      Kota Makassar

Makassar menjadi sebagian kota terbesar di Sulawesi yang saat ini sudah berada di peringkat kelima sebagai kota termahal di Indonesia. Kota Makassar mempunyai biaya hidup rata-rata rumah tangga yang mencapai 11. 505 juta per bulannya.

Dampak geografis dan pertumbuhan ekonomi yang ada di wilayah Makassar ternyata menjadi salah satu faktor penyebab biaya hidup yang dibutuhkan oleh masyarakat selalu tinggi. Seperti yang diketahui untuk UMP kota Makassar di tahun 2024 sebesar Rp 3.640.000 per bulan.

6.      Kota Tangerang

Kota Tangerang sudah menempati posisi ke-6 sebagai kota paling mahal di Indonesia dari segi biaya hidup tinggal di kota ini. Biaya hidup yang dibutuhkan di kota Tangerang kisaran 10.100 juta per bulan.

Kota Tangerang masih memiliki keterkaitan dengan wilayah metropolitan DKI Jakarta yang pastinya memiliki pengaruh cukup besar terhadap biaya hidup yang sangat tinggi di kota ini. Sementara itu untuk UMP wilayah Tangerang di tahun 2024 yakni Rp 4.500.000 per bulan.

7.      Kota Bogor

Kota Bogor sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan segar. Akan tetapi jika ingin tinggal di kota Bogor harus mempertimbangkan biaya hidup yang dikeluarkan karena cukup tinggi dengan kebutuhan rata-rata rumah tangga kisaran 10.732 juta per bulan.

Hal ini disebabkan karena kemajuan pariwisata di wilayah kota Bogor yang memberikan dampak terhadap kenaikan biaya hidup untuk masyarakat. Sedangkan UMP kota Bogor sendiri di tahun 2024 yakni Rp 4.813.988 per bulan.

8.      Kota Kendari

Kendari merupakan salah satu kota di Sulawesi yang sudah berada di peringkat ke-8 sebagai kota termahal di Indonesia. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di kota Kendari telah mencapai 10.234 juta perbulan.

Meskipun kota Kendari bukanlah kota besar akan tetapi pertumbuhan ekonomi di kota ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap biaya hidup masyarakatnya. UMP untuk kota Kendari di tahun 2024 yakni Rp 3.000.000 per bulan.

9.      Kota Batam

Batam adalah pusat industri dan perdagangan secara internasional yang pastinya sudah tidak heran lagi jika di kota ini biaya hidupnya sangat tinggi. Biaya hidup yang dibutuhkan di kota Batam untuk rata-rata rumah tangga kisaran 10.027 juta per bulan.

Batam menjadi kota yang telah berhasil menarik investasi asing yang berakibat tingginya biaya hidup seiring berjalannya waktu. Sementara itu untuk UMP pada wilayah kota Batam yakni Rp 4.500.000 per bulan.

10.  Kota Balikpapan

Kota Balikpapan masuk dalam daftar kota termahal di Indonesia dengan urutan ke-10 dan menutup daftar kota dengan biaya hidup yang sangat tinggi. Tinggal di kota Balikpapan tentunya harus menyesuaikan biaya hidup yang tinggi kisaran 9.870 juta per bulan untuk rata-rata kebutuhan rumah tangga.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Kota Balikpapan juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di Kalimantan Timur dan menunjukkan bahwasanya Balikpapan menjadi kota di luar Pulau Jawa dengan memiliki biaya hidup yang tinggi dari beberapa kota lain. Perlu Anda ketahui bahwa UMP untuk kota Balikpapan di tahun 2024 telah mencapai Rp 4.500.000 per bulan.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 26 Mei 2024