Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta Vs Singapura

Mengetahui informasi perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Singapura memang sangat menarik untuk dijadikan pertimbangan ketika kamu dihadapkan pada dua pilihan untuk lebih memilih tinggal di Jakarta atau Singapura. Dalam hal ini Jakarta menduduki posisi pertama sebagai kota yang memiliki biaya hidup cukup mahal dibandingkan dengan beberapa kota yang ada di Indonesia dengan upah minimum provinsinya dari DKI Jakarta ini terbilang cukup tinggi.

Akan tetapi meskipun memiliki standar gaji yang cukup tinggi, biaya hidup untuk tinggal di Jakarta ini juga tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa kota di Indonesia. Sementara itu Singapura menjadi salah satu negara maju yang ada di kawasan Asia tenggara dan mempunyai banyak perusahaan ternama di dunia sehingga bisa dijadikan pilihan yang tepat dan menarik bagi kamu yang tertarik untuk bekerja atau mencari kehidupan yang lebih baik di negara Singapura.

Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta Vs Singapura

Biaya Hidup di Jakarta Lebih Murah Daripada Singapura?

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Singapura memang terkadang menjadi pertimbangan ketika memutuskan untuk tempat tinggal atau hanya sekedar bekerja. Jakarta menjadi kota metropolitan sebagai salah satu kota yang cukup banyak dikunjungi di Indonesia baik itu dari orang-orang yang berasal dari kampung untuk mengadu nasib, para birokrat yang mempunyai kepentingan ikatan dinas sampai anak-anak sekolah yang hanya ingin bersafari untuk melihat Monas.

Dapat dikatakan bahwasanya Jakarta mempunyai daya tariknya tersendiri sebagai Kota di tengah hiruk pikuk keramaian yang cukup khas sebagai ibukota Indonesia. Dari semuanya itu menjadikan kota Jakarta sebagai pusat untuk menjalankan berbagai macam transaksi, bisnis dan lain sebagainya, akan tetapi jika dibandingkan dengan Singapura, kota Jakarta ini memiliki biaya hidup untuk dijadikan tempat tinggal lebih murah daripada Singapura mengingat negara tersebut menjadi salah satu negara maju yang ada di kawasan Asia tenggara.

Perbandingan Biaya Hidup Tinggal di Jakarta Vs Singapura

Dalam hal ini Kota Jakarta memang menjadi salah satu kota yang cukup terkenal di Indonesia dan juga menawarkan biaya hidup yang cukup mahal karena dari semua harga barang, seperti dan lainnya memiliki harga yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Karena mahalnya biaya hidup di Jakarta banyak orang-orang yang tinggal di Jakarta dengan menjalankan hidup hemat supaya tidak terjadi pemborosan hanya untuk biaya hidup sehari-hari saja.

Akan tetapi dibandingkan dengan kota-kota yang ada di negara lain, biaya hidup di kota Jakarta ini tidak ada apa-apanya, karena untuk tinggal di Singapura juga membutuhkan biaya hidup. Berikut inilah beberapa perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Singapura yang dapat kamu ketahui untuk menjadi pertimbangan:

1. Indeks biaya hidup Jakarta dan Singapura

Supaya kamu bisa mengetahui perbandingan biaya hidup tinggal di kota Jakarta dan Singapura maka harus melakukan pengamatan statistik terlebih dahulu. Berikut inilah adanya indeks biaya hidup Jakarta dan Singapura yang menyatakan bahwasanya Singapura menjadi negara dengan biaya hidup yang lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta pada keseluruhan aspeknya:

Indeks Jakarta Singapura
Biaya Hidup 47,06 70,99
Sewa 70,99 22,75
Makanan dan Minuman 50,22 72,50
Restoran 26,80 58,32
Biaya Hidup dan Sewa 35,41 77,25
Daya Beli Lokal 39,52 95,17

Pada perbedaan yang cukup mencolok antara Jakarta dan Singapura terlihat pada daya beli masyarakat lokal yang memiliki selisih indeks sangat lebar antara daya beli yang dilakukan oleh masyarakat Singapura dan Jakarta, akan tetapi hampir semua masyarakatnya bisa memenuhi biaya hidup sehari-hari. Hal inilah yang menjadikan pengaruh cukup tinggi untuk harga dan biaya hidup di Singapura dan dibandingkan di Jakarta lebih banyak masyarakat yang tidak mampu untuk memenuhi biaya hidup.

2. Perbandingan harga menu di restoran Jakarta dan Singapura

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Singapura dari segi harga menu restoran kedua negara. Apabila kamu ingin mengetahui seberapa mahal biaya hidup untuk tinggal di Jakarta dan Singapura maka bisa melihat harga makanan pada sebuah restoran dan silakan melakukan perbandingan.

Berikut ini adalah perbandingan harga makanan yang dijual pada sebuah restoran yang sama tetapi penjualannya dilakukan di Jakarta dan Singapura:

Keterangan Harga Rata-rata (Rp) Rentang Harga (Rp)
Meal, Restoran Murah 40.000 25.000-50.000
Meal, Restoran Kelas Menengah 250.000 150.000-325.000
McMeal di McDonalds 45.000 38.000-50.000

Setelah itu silakan lakukan perbandingan dengan harga makanan yang ada di restoran Singapura:

Keterangan Harga Rata-rata (SG$) Rentang Harga (SG$)
Meal, Restoran Murah 12 8-20
Meal, Restoran Kelas Menengah 60 40-80
McMeal di McDonalds 8 6-10

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Keuangan
Bisnis Jasa Lukis
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
Bisnis Jasa Bodyguard

Keterangan Harga Rata-rata (Rp) Rentang Harga (Rp)
Meal, Restoran Murah 111.600 74.400-186.000
Meal, Restoran Kelas Menengah 558.000 372.000-744.000
McMeal di McDonalds 74.400 55.800-93.000

3. Tarif transportasi di Jakarta dan Singapura

Perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Singapura memang cukup berbeda salah satunya dari segi tarif transportasi yang dikeluarkannya. Perbandingan untuk tariftransportasi yang ada di Jakarta dan Singapura bisa diketahui pada daftar rata-rata tersebut:

Keterangan Harga Rata-rata Jakarta (Rp) Harga Rata-rata Singapura (Rp)
Tiket Sekali Jalan 3.500 17.000 (SG$1,80)
Tarif Bulanan 205.000 930.000 (SG$100)
Tarif Taksi (normal) 7.000 33.000 (SG$3,50)

Dengan melihat rata-rata harga tarif pada tabel tersebut sudah dapat diperlihatkan bahwasanya untuk biaya transportasi yang ada di Singapura cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biaya transformasi di Jakarta. Khususnya pada tarif taksi normal memiliki selisih sangat jauh dan Singapura sendiri sudah menetapkan tarif hingga 5 kali lipat dibandingkan dengan tarif transportasi taksi yang ada di Jakarta.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait pembahasan perbandingan biaya hidup tinggal di Jakarta vs Singapura dari banyak sisi mulai dari indeks biaya hidupnya itu sendiri hingga biaya transportasi yang dibutuhkan. Jika banyak yang mengatakan bahwasanya tinggal di Jakarta memiliki biaya hidup yang sangat mahal, namun biaya hidup tinggal di Jakarta tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan negara Singapura.