Tradisi Imlek Unik di Berbagai Negara

Hari Raya Imlek adalah momen yang sangat ditunggu bagi mereka etnis Tionghoa yang merayakannya. Tradisi imlek di setiap negara tentunya juga berbeda beda dalam menyambut Imlek.

Imlek bukan hanya sekedar hari besar untuk etnis Tionghoa saja, tapi juga menjadi hari raya untuk masyarakat beragama Konghucu. Kenapa? Karena perayaan Imlek ini masuk di ajaran agama mereka. Hari Raya Imlek dirayakan tak hanya mereka yang memeluk agama Konghucu saja, tapi juga mereka yang memeluk agama Tao.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Tradisi Imlek yang Selalu Dilakukan Setiap Tahun

Biasanya, perayaan Imlek identik dengan pertunjukan tarian singa dan naga atau juga sering disebut barongsai, baik itu di China, maupun di negara yang merayakan momen ini. Perayaan Tahun Baru Imlek itu sendiri dimulai pada bulan baru pertama dan akan berlangsung hingga bulan purnama pertama dalam kalender bulan.

Berikut ini tradisi imlek yang unik di beberapa negara:

China – Menyewa Pacar

Tradisi Imlek Unik di China

Di China, jasa penyewaan pacar sudah biasa dilakukan ketika sedang merayakan imlek. Seperti di Indonesia, hadirnya jasa penyewaan pacar dikarenakan banyaknya pertanyaan keluarga tentang pacar.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke China

Perempuan di China adalah salah satu pengguna jasa terbesar disana agar terhindar dari pertanyaan “mana pacarnya?“. Karena adanya tradisi imlek seperti ini, banyak sekali website yang menyediakan jasa penyewaan pacar.

Malaysia – Mendapatkan Hadiah Nanas

Tradisi Imlek Unik di Malaysia

Berbeda dengan negara Asia lainnya, di Malaysia punya tradisi imlek yang unik. tradisi tersebut adalah menukar kado dan hadiah berupa buah nanas. Menurut warga Tiongkok di Malaysia, nanas adalah buah keberuntungan, maka dari itu nanas dijadikan sebagai alat untuk bertukar hadiah di momen Imlek.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Malaysia

Inti dari hadiah buah nanas itu, ketika kita memberikan atau diberikan buah nanas, maka di Tahun Baru Imlek ini akan menjadi keberuntungan dengan membawa calon pasangan dari mereka yang sudah menanti-nanti.

Sebenarnya tak hanya nanas saja yang dijadikan hadiah, namun ada juga beberapa manisan lain sebagai pelengkap hadiah dalam melakukan pertukaran kado.

Filipina – Tikoy

Tradisi Imlek Unik di Filipina

Di Filipina, tidak kalah meriah dibanding negara Asia lainnya. Di Filipina juga termasuk salah satu negara yang punya banyak warga keturunan China. Di sana, masyarakat yang keturunan China atau Tiongkok sering disebut dengan “Tsinoy“.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Filipina

Biasanya, di Filipina selalu menyediakan makanan khas, yaitu kue keranjang atau disebut Tikoy. Kue yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah ini memang punya rasa yang manis dengan tekstur kenyal dan lengket.

Tradisi Imlek unik lainnya di Filipina adalah ketika warga menggantung 8 jenis buah yang berbentuk bulat di rumah masing-masing dengan tujuan untuk membawa keberuntungan bagi mereka yang melakukan hal tersebut.

Korea – Seollal

Tradisi Imlek Unik di Korea

Di Korea, momen Hari Raya Imlek sering juga disebut dengan Seollal atau Tahun Baru Korea. Terlepas dari Korea Selatan ataupun Korea Utara, perayaan ini dilakukan secara meriah dan sampai pemerinta membuat libur kepada seluruh warga selama tiga hari.

Korea sendiri menganggap perayaan Hari Raya Imlek ini adlaah momen yang penting. DI sana, semua anggota keluarga selalu memakai pakaian adat Korea yang disebut dengan hanbok.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Korea Selatan

Sama seperti di negara Asia lainnya, mereka juga mengundang para tamu untung bercengkerama dan merayakan momen Imlek dengna hidangan banyak makanan dan minuman. Untuk minuman, biasanya banyak disediakan alkohol, dan anak anak diberikan angpao dan kue untuk dimakan bersama.

Vietnam – Menerima Tamu

Tradisi Imlek Unik di Vietnam

Di Vietnam, perayaan Imlek disebut juga dengan “Tet Nguyen Dan” atau “Tet“. Seperti banyak negara Asia lainnya, warga yang ada di Vietnam mengundang banyak tamu dari luar untuk datang ke rumah masing-masing. Biasanya, orang Vietnam percaya bahwa orang pertama yang datang ke rumah mereka adalah orang yang dipercaya membawa keberuntungan.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Vietnam

Biasanya, warga di Vietnam selalu melakukan perubahan tampilan di rumah mereka dengan mendekorasi rumah dari sisi tampilan dan menambahkan pohon tet. Pohon tet sendiri dipercaya melambangkan kemakmuran.

Nah, itu tadi pembahasan tentang tradisi Imlek yang ada di beberapa wilayah di dunia yang punya banyak warga keturunan China. Jika kamu tidak merayakan Imlek, apa yang kamu lakukan ketika Hari Raya Imlek datang di bulan Februari ini?

Amerika Serikat – Menentukan Miss Chinatown

Tradisi Imlek Unik di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, tepatnya di San Fransisco, banyak warga yang merayakan momen imlek ini dengan cara melakukan parade atau berkeliling ke daerah sekitaran. Parade itu dinamakan “Parade Tahun Baru Cina Southwest Airlines“.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat

Pada parade tersebut, kurang lebih terdapat 100 regu yang ikut berpartisipasi untuk berparade. Biasanya, parade itu diisi dengan banyak sekali performing arts atau penampil seperti barongsai yang berukuran besar, lalu ada kostum adat dari Tiongkok, permainan kembang api, dan juga kompetisi memenangkan Miss Chinatown.

Walaupun Chinatown ada di banyak negara selain Amerika Serikat, namun di San Fransisco selalu rutin mengadakan acara pemilihan Miss Chinatown untuk mereka yang tinggal disekitaran.

Download Transfez App

Transfez App can help you transfer money abroad more quickly and efficiently. Transfez Business can also help your business in making transactions abroad. For those of you who want to send money to relatives who are abroad because they are studying, working, or traveling, Transfez will be ready to help. This app is available on Android as well as iOS.

Download Transfez App on Android
Download Transfez App on iOs

Nah, itu tadi pembahasan tentang tradisi imlek di berbagai negara. Pernah gak kalian merasakan imlek di negara orang?

Instagram