membuka rekening pelajar di malaysia

Malaysia memiliki banyak universitas yang berkualitas. Untuk melihatnya, Anda bisa merujuk dari daftar universitas terbaik dunia versi QS World University Rangking. Beragamnya pilihan tempat studi di Malaysia membuat banyak siswa Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di negara tersebut.

Saat berkuliah di Malaysia, Anda tidak hanya harus cermat dalam memilih lokasi kuliah, tetapi juga saat membuka rekening khusus pelajar di sana. Dengan memiliki rekening bank di negeri Jiran, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika orang tua atau saudara ingin melakukan transfer uang dari Indonesia ke Malaysia.

Cara Membuka Rekening Pelajar di Malaysia

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuka rekening di bank Malaysia, yaitu:

Ketahui jenis rekening bank di Malaysia

transfer uang dari Indonesia ke Malaysia
Lifepal

Terdapat 2 jenis rekening bank yang bisa digunakan di Malaysia. Dua jenis rekening tersebut adalah:

Rekening giro

Rekening ini ditujukan bagi para pengusaha di Malaysia. Tidak hanya bagi pengusaha lokal, tetapi juga pengusaha asing.

Rekening tabungan

Rekening tabungan menjadi jenis rekening yang bisa dimanfaatkan mahasiswa asing di Malaysia.

Pilih bank

Anda perlu mengetahui tipe bank yang akan digunakan di Malaysia. Anda bisa memilih membuka rekening di bank lokal seperti CIMB Bank, AM Bank, Maybank, serta RHB Bank. Selain itu, ada pula bank asing seperti Bank of China, City Bank dari India, dan HSBC dari Inggris.

Mahasiswa asing yang ada di Malaysia dapat secara bebas memilih bank sebagai tempat menerima kiriman uang dari orang tua. Cara transfer uang dari Indonesia ke Malaysia,baik bank lokal maupun asing pun bisa dilakukan dengan mudah oleh orang tua atau kerabat.

Sediakan dokumen yang diperlukan

syarat membuka rekening pelajar di malaysia
Passpor

Selanjutnya, datang ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut di antaranya:

Visa pelajar

Visa pelajar menjadi bukti bahwa Anda memiliki izin tinggal secara sah di Malaysia. Keberadaan visa pelajar merupakan syarat penting ketika ingin membuka rekening pelajar di bank Malaysia.

Paspor

Paspor digunakan sebagai identitas utama selama berada di Malaysia.

Setoran awal

Seperti halnya membuka tabungan di Indonesia, Anda juga diharuskan untuk menyerahkan setoran awal. Nilai setoran awalnya tidak terlalu besar, tergantung jenis bank yang dipilih.

Proses pembukaan rekening bank khusus pelajar di Malaysia dapat diselesaikan secara singkat. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan rekening tersebut secara langsung.

Kirim Uang dari Indonesia ke Malaysia

Untuk cara transfer uang dari Indonesia ke Malaysia bisa dilakukan menggunakan Transfez, aplikasi remittance Indonesia yang mudah, aman, dan terpercaya. Proses pengiriman uang dapat dilakukan tanpa harus datang ke bank, cukup menginstal aplikasi Transfez. Praktis, kan?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram