Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner Sebagai Inspirasi Ide Menarik untuk Jualan

Contoh ekonomi kreatif kuliner bisa dijadikan sebagai ide jualan yang nantinya bisa mendapatkan penghasilan lebih dalam menjalankan sebuah usaha. Ekonomi kreatif kuliner ini dapat dijadikan sebagai inspirasi yang nantinya menjadi peluang yang sangat menguntungkan karena sektor kuliner sendiri sudah berkontribusi terhadap ekonomi kreatif hingga 30% dari total pendapatan sektor parekraf.

Ekonomi kreatif menjadi suatu konsep ekonomi yang lebih mengoptimalkan pada potensi ide dan berbagai macam informasi yang berasal dari banyak sumber secara terus-menerus dan sangat intensif. Adanya ekonomi kreatif ini memiliki manfaat guna menjangkau target pasar yang lebih luas lagi.

Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner Sebagai Inspirasi Ide Menarik untuk Jualan

Contoh Ekonomi Kreatif Kuliner

Saat ini sudah banyak ide kreatif yang bermunculan saat menjalankan bidang bisnis kuliner karena diantaranya bisnis kuliner bisa trend dan viral lebih mudah. Berikut ini beberapa contoh dari ekonomi kreatif kuliner yang dapat kamu ketahui untuk dijadikan inspirasi dalam menciptakan ide yang lebih inovatif lagi:

1. Keripik Pedas

Jenis camilan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, hadirnya keripik pedas biasanya menggunakan bahan dari singkong yang telah dipotong setipis mungkin kemudian digoreng sampai kering hingga teksturnya crispy. Kemudian untuk meningkatkan cita rasanya biasanya akan ditambahkan dengan bumbu pedas ataupun bumbu-bumbu lain yang membuat camilan keripik pedas ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

Keripik pedas yaitu salah satu contoh dari hadirnya ekonomi kreatif kuliner yang saat ini sudah berhasil dalam menembus pasar internasional seperti halnya Amerika Serikat. Salah satu pelaku ekonomi kreatif yang membuat keripik pedas dan bahkan sudah mempunyai pabriknya sendiri adalah Malaysia yang sukses hanya dalam menghadirkan keripik pedas.

2. Martabak Nutella

Martabak Nutella sebagai contoh ekonomi kreatif kuliner yang menjadi salah satu street food berasal dari Indonesia dan banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat Indonesia itu sendiri. Martabak Nutella adalah hidangan martabak yang dicampurkan dengan tambahan topping berupa selai coklat dari Nutella.

Adanya perpaduan antara martabak dan selai coklat yang ditambahkan tersebut memang tidak akan pernah salah. Hidangan dari contoh ekonomi kreatif di bidang kuliner ini sangat sukses dan mampu menarik banyak pelanggan khususnya mereka yang mencintai makanan manis.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

3. Coklat Dodol

Coklat coklat dodol menjadi contoh ekonomi kreatif kuliner yang sudah tidak asing lagi dan biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Coklat dodol ini hadir dengan rasanya yang cukup manis dan lengket sehingga banyak orang yang menyukainya.

Bahkan beberapa waktu yang lalu ada seorang pengrajin dodol yang mampu menciptakan kombinasi jenis makanan ini terbilang lebih unik dengan cara mencampurkan coklat dan juga dodol. Kreatif yang dihadirkan oleh pelaku ekonomi ini mampu menciptakan rasa coklat yang terbilang sangat unik karena telah dipadukan dengan rasa manis dan kekenyalan dari dodol.

4. Bistik Tempe

Jika bistik daging sapi ataupun daging ayam sudah menjadi suatu hal yang biasa saja. Dengan begitu kamu bisa mengeluarkan ide kreatif dan inovatif untuk membuat bistik yang terbuat dari bahan tempe dan sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang.

Tempe ini biasanya dijadikan sebagai makanan pengganti daging sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin mengurangi makanan daging ataupun sebagai vegetarian. Bistik tempe bisa menjadi contoh ekonomi kreatif kuliner yang bisa dijalankan dan mampu menarik perhatian para konsumen untuk membelinya.

5. Dadar Gulung Coklat

Seperti yang diketahui bahwasanya dadar gulung adalah jajanan tradisional yang memiliki warna hijau dan di dalamnya diisikan oleh gula ataupun kelapa. Dadar gulung rasa coklat bisa dijadikan sebagai contoh ekonomi kreatif kuliner yang memanfaatkan coklat sebagai salah satu varian atau topping rasa yang dihadirkan oleh dadar gulung.

Kehadiran dadar gulung yang mempunyai cita rasa coklat ini merupakan salah satu makanan yang sangat unik dan belakangan ini cukup populer di kalangan anak muda. Memanfaatkan peluang yang ada bisa membantu untuk berkembang seperti inovasi yang dihadirkan oleh industri kreatif 4.0 khususnya pada bidang kuliner.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Digital Marketing
Bisnis Jasa Gestun
Bisnis Jasa Kebersihan
Bisnis Jasa Keuangan

6. Aneka Minuman Dingin

Tidak hanya menghadirkan bidang kuliner pada jenis makanan saja namun kamu juga bisa menjalankan ekonomi kreatif dengan menghadirkan aneka minuman dingin seperti halnya milkshake, Thai tea ataupun berbagai minuman lain yang memiliki cita rasa manis dan disukai oleh kalangan anak muda. Belakangan ini kehadiran minuman manis menjadi salah satu pilihan yang cukup populer dan diminati oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam menjalankan ekonomi kreatif tentunya usaha ini harus menargetkan konsumen dari semua umur sehingga akan lebih mudah untuk membuat ide kreatif dan inovatif ketika menjalankan usaha aneka minuman dingin. Apabila memiliki target yang lebih luas tentunya usaha minuman ini bisa terus berkembang dan bertahan mengikuti perubahan zaman.

7. Makanan Siap Saji

Dalam industri ekonomi kreatif bisa menghadirkan makanan siap saji sebagai salah satu bentuk usaha yang memanfaatkan modal kecil namun menawarkan keuntungan yang cukup besar. Contoh ekonomi kreatif kuliner dalam menghadirkan makanan siap saji ini selain memang bisa menjual makanan dalam waktu yang lebih cepat, para konsumen pun juga bisa memilih untuk membawa pulang makanan yang telah dipesannya.

Dengan demikian ekonomi kreatif di bidang kuliner ini akan berjalan dengan baik untuk menjalankan makanan siap saji dan dalam hal ini kamu juga harus menentukan daftar menu serta harga per item makanan yang menjadi aspek sangat krusial dalam menentukan masa depan bisnis tersebut. Makanan cepat saji bisa dijadikan sebagai inspirasi ketika kamu ingin menjalankan sebuah ekonomi kreatif yang menghasilkan dan menghadirkan cita rasa yang lebih enak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait contoh ekonomi kreatif kuliner yang bisa dijadikan sebagai inspirasi menarik untuk menjalankan bisnis kuliner. Inspirasi di bidang kuliner ini bisa dijadikan referensi dan kamu bisa menghadirkan kreativitas serta inovasi sendiri untuk membuatnya lebih menarik dan unik.