Kota Termahal di Dunia Bedasarkan Biaya Hidup

Singapura kembali berada di peringkat teratas sebagai kota termahal di dunia untuk biaya hidup tinggal di negara tersebut. Peringkat ini ternyata sudah ke-9 kalinya di 11 tahun Singapura berada di peringkat teratas dan Zurich ikut serta naik pada peringkat teratas.

Singapura menjadi negara termahal karena biaya bahan makanan, pakaian, kepemilikan kendaraan pribadi dan alkohol yang sangat tinggi. Selain itu juga diikuti oleh beberapa kota dari negara lain yang turut serta menduduki peringkat kota termahal.

Kota Termahal di Dunia

Kota Termahal di Dunia Bedasarkan Biaya Hidup

1.      Singapura

Singapura selalu tidak pernah absen dari daftar prestisius yang satu ini. Singapura menjadi negara yang seringkali berada di peringkat teratas sebagai salah satu kota termahal di dunia yang disebabkan dari faktor biaya hidup serta sewa huniannya yang cukup tinggi.

Selain itu mata uang Singapura juga menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Tidak heran jika Singapura dikenal sebagai negara mahal karena biaya hidup yang dibutuhkan tidak murah jika ingin tinggal di kota Singapura.

2.      Zurich Switzerland

Zurich berada di Swiss sebagai salah satu kota yang memiliki biaya hidup termahal di kawasan Eropa karena menguatnya mata uang Franc Swiss yang menjadikan barang konsumsi di kota ini cenderung lebih mahal daripada beberapa tempat lain. Selain itu untuk kota ini juga menyediakan banyak kegiatan serta terdapat berbagai pilihan tempat wisata menarik.

Seperti halnya museum, gedung bersejarah, tempat belanja yang eksklusif, gereja dengan arsitektur unik, kawasan perairan yang telah ditata kelola dengan baik serta taman kota. Sehingga membuat Zurich masuk daftar kota termahal di dunia.

3.      Jenewa

Jenewa berada di Switzerland Swiss yang menjadi kota termahal karena sejumlah faktor yang menjadi alasannya untuk ekspatriat Eropa. Hal ini dikarenakan biaya hidup dan biaya sewanya cenderung lebih tinggi, Jenewa sudah menempati peringkat ke-7 menjadi kota termahal di dunia saat tahun 2020 lalu.

Beberapa faktor lain yang membuat Jenewa cukup mahal karena ekonominya yang kuat, ketersediaan perumahan yang terbatas, gaji tinggi, bea cukai serta pajak yang cukup tinggi. Sementara itu hasil kekayaannya sendiri dari industri seperti batu permata, farmasi, mesin dan kimia serta perdagangan secara bebas di Swiss mampu memberikan fokus untuk menciptakan barang secara domestik dibandingkan membeli ekspor dengan harga murah dari negara lain.

4.      New York

Kota New York Amerika Serikat sangat terkenal dengan gemerlap kotanya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan terkenal sebagai kota paling mahal di Amerika. Khususnya karena kota New York memiliki biaya properti yang tinggi dengan pengeluaran biaya hidup yang cukup besar dari keseluruhannya.

Hal ini membuat kota New York sangat mahal jika dijadikan sebagai tempat tinggal permanen. Meski memang New York juga menawarkan gaya hidup mewah dengan fasilitas yang sangat lengkap untuk menunjang berbagai kegiatan masyarakatnya.

5.      Hongkong

Hongkong merupakan salah satu kota termahal di dunia karena biaya perumahannya tergolong cukup tinggi. Dengan tingginya permintaan dan tidak diimbangi dengan pasokan perumahan yang cukup tentunya membuat harga properti di Hongkong sangat mahal dan bahkan tidak terjangkau di beberapa tahun terakhir ini.

Hongkong juga menjadi kota dengan biaya hidup yang sangat tinggi karena pajak yang dikenakan kepada masyarakatnya juga tinggi. Selain itu juga faktor dasarnya berasal dari kurangnya sumber daya alam yang memadai hingga standar hidup di Hongkong yang tinggi.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

6.      Los Angeles

Los Angeles juga kembali menduduki kota termahal di dunia dengan keberadaannya di Amerika Serikat. Penyebab kota di Amerika ini terkenal dengan kemahalannya tentunya karena biaya hidup setiap bulannya yang sangat tinggi.

Bahkan biaya hidup yang dibutuhkan untuk satu orang bisa mencapai 21 juta. Sehingga siapapun yang tinggal di Los Angeles tentunya akan membutuhkan biaya yang cukup besar dengan keluarnya anggaran bulanan yang berbeda dari beberapa kota lain di Amerika Serikat.

7.      Paris

Paris sebagai salah satu kota paling mahal di dunia yang pastinya sudah banyak diketahui oleh para wisatawan. Kota Paris di Perancis ini tidak hanya terkenal dengan kemewahan yang disuguhkan, namun juga biaya hidup yang harus dikeluarkan ternyata sangat tinggi dari estimasi yang diperkirakan.

Paris merupakan destinasi global dan kota ini dijadikan sebagai tujuan utama yang menjadi favorit banyak orang. Hal ini dikarenakan ada menara Eiffel yang memberikan daya tarik tersendiri dan bahkan telah diminati oleh para wisatawan di seluruh dunia.

8.      Kopenhagen Denmark

Kopenhagen adalah kota dengan pusat keindahannya di negara Denmark yang selalu memancarkan keindahan dan memberikan daya tarik tersendiri untuk wisatawan asing. Akan tetapi jika Anda ingin tinggal di kota ini tentunya harus siap dengan biaya hidup yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Kopenhagen di Denmark memiliki biaya hidup yang cukup tinggi untuk tinggal secara permanen. Terlebih jika hidup di tengah kota yang dipenuhi oleh warna tentunya memiliki harga yang sangat mahal khususnya jika berhubungan dengan perumahan yang dijadikan sebagai tempat tinggal.

9.      Tel Aviv

Tel Aviv telah dinobatkan sebagai kota termahal di dunia dengan keberadaannya di Israel di tengah kenaikan inflasi serta persoalan rantai pasokan yang mendorong semakin mahalnya biaya hidup secara global. Dengan terjadinya inflasi yang tidak menurun di beberapa waktu terakhir berdampak cukup besar terhadap kota Tel Aviv karena biaya hidupnya menjadi lebih mahal dari biasanya.

Khususnya pada inflasi untuk harga bahan makanan yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari serta tarif transportasi. Kenaikan inflasi dikarenakan proses pendistribusian stok barang mengalami gangguan dan menyebabkan kelangkaan yang berdampak pada kenaikan harga.

10.  San Francisco

San Francisco juga telah menempati urutan ke-10 dengan posisinya sebagai kota termahal di dunia tahun 2023 lalu. San Francisco yang berada di Amerika Serikat ini memang menjadi kota dengan biaya konstruksinya yang paling mahal seharga 4.729 dolar Amerika Serikat atau yang setara dengan 70,6 juta per meter persegi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Selain itu San Francisco juga memiliki biaya hidup yang tinggi dengan faktor dasarnya karena mengalami kelonjakan akibat nilai tukar dolar Amerika Serikat yang terus menguat. Bahkan juga disebabkan oleh inflasi yang sangat tinggi di Amerika Serikat dan membuat San Francisco masuk dalam daftar kota termahal.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 26 Mei 2024