Kliring Dalam Sistem Perbankan

Para pekerja di dunia perbankan tentu sudah cukup familiar jika dihadapkan pada istilah kliring. Dimana ini merupakan istilah yang sering terdengar dan bahkan bisa jadi setiap hari harus menghadapi aktivitas tersebut. Akan tetapi berbeda dengan masyarakat awam yang mungkin tidak memahaminya dengan baik. Atau sekedar mengetahui saja namun tidak memahami dengan akurat seperti apa proses kliring berjalan dalam sistem perbankan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Nah, berikut di bawah ini adalah sekilas penjelasan mengenai pengertian kliring, cara kerjanya hingga apa yang menjadi manfaat dari proses tersebut. Bila ingin tahu seperti apa penjelasan yang dimaksud, sebaiknya luangkan sedikit waktu beberapa menit saja untuk membaca informasi yang tertera pada paragraf berikut di bawah ini.

Pengertian Kliring Pada Sistem Perbankan

Sebelumnya tahukan kalian bahwa sebenarnya istilah kliring ini jika di dalam sistem perbankan atau dunia terkait perbankan berasal dari kata “clearing”? Yang mana dari kata tersebut bisa dikatakan sebagai aktivitas penyelesaian sesuatu hal secara tuntas bagi setiap pihak yang turut serta. Dalam hal ini tentu saja bagi dunia perbankan akan terkait dengan aktivitas transaksi keuangan yang dikelola oleh sistem perbankan. Nah, pada akhirnya di Indonesia istilah “clearing” ini berubah menjadi “kliring”.

Kliring adalah proses penyelesaian transaksi keuangan. Dimana secara lebih khusus lagi, ini mengacu pada tindakan mentransfer uang kepada penjual dan surat berharga kepada pembeli secara akurat dan tepat waktu. Merupakan hal yang cukup umum untuk untuk aktivitas tersebut melibatkan pihak tertentu yang berfungsi sebagai perantara dan menjalankan posisi pembeli dan penjual untuk merekonsiliasi pesanan antara pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi.

Adapun pada dasarnya pada sistem perbankan, proses kliring sangat penting untuk memastikan bahwa semua pesanan beli dan jual di pasar telah sesuai. Para pihak dapat melakukan transfer ke pihak yang melakkukan kliring agar terdistribusi ke masing-masing pihak yang berinteraksi dengan mereka, sehingga menghasilkan pasar yang lebih efisien dan lancar.

Cara Kerja Kliring Pada Perbankan

Proses ini melibatkan rekonsiliasi pembelian dan penjualan berbagai opsi, kontrak berjangka, atau sekuritas, serta perpindahan langsung uang tunai dari satu lembaga keuangan ke lembaga keuangan lainnya. Hal ini dapat dilakukan selama prosedur, ketersediaan uang tunai yang diperlukan dapat diverifikasi, transfer dana dapat didokumentasikan, dan dalam hal surat berharga, penyerahan jaminan kepada pembeli dapat dijamin.

Sementara perdagangan yang tidak diselesaikan mungkin saja menimbulkan risiko penyelesaian. Lebih jauh lagi, jika kesepakatan dalam hal ini tidak jelas, kesalahan akuntansi akan dapat terjadi, dan hal ini dapat menyebabkan hilangnya sumber daya penting terkait dengan sistem perbankan sendiri.

Dalam proses kliring, salah satu definisi dan istilah yang sering muncul yaitu out trade. Istilah ini adalah kesepakatan yang tidak dapat dilaksanakan karena diterima oleh suatu pertukaran dengan informasi yang berbeda pendapat satu sama lain. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh data yang diberikan para pihak di kedua sisi transaksi tidak konsisten atau bertentangan. Sehingga pada akhirnya lembaga terkait tidak dapat menyelesaikan perdagangan dengan tuntas sesuai batas waktu yang ditentukan.

Contoh Aktivitas Kliring Terkait Perbankan di Bursa Saham

Adapun contoh kliring, misalnya, New York Stock Exchange (NYSE) dan National Association of Securities Dealers (NASDAQ) keduanya memiliki bisnis. Mereka memastikan bahwa pedagang saham memiliki dana yang cukup di rekening mereka, apakah mereka menggunakan uang tunai atau margin yang ditawarkan oleh broker mereka, untuk membiayai perdagangan yang mereka lakukan secara aktif. Bagian dari bursa inilah yang memainkan peran tersebut. Berperan sebagai perantara, membantu kelancaran transit uang tunai di seluruh sistem keuangan.

Manfaat Utama Proses Kliring Pada Sistem Perbankan

Manfaat Utama Proses Kliring

Aktivitas kliring dalam perbankan tentu saja dilakukan demi berbagai jenis manfaat yang bisa diterima oleh banyak pihak. Baik dari sisi nasabah maupun dari sisi pemilik bank itu sendiri. Berikut adalah enam keuntungan dari kliring bank yang dilakukan dengan baik.

1. Efisiensi Transaksi Keuangan

Kliring bank memungkinkan transaksi keuangan antarbank untuk dilakukan secara efisien dan cepat. Dengan cara ini, uang dapat dipindahkan dari satu bank ke bank lainnya dengan mudah dan tanpa hambatan.

2. Pengurangan Risiko Transaksi

Risiko transaksi keuangan antarbank dapat dikurangi. Proses ini memungkinkan bank untuk memverifikasi dan memvalidasi transaksi secara akurat, sehingga mengurangi risiko penipuan atau kesalahan dalam transfer dana.

3. Peningkatan Likuiditas

Dapat membantu dalam peningkatan likuiditas di pasar keuangan. Dana dapat dipindahkan dengan cepat antarbank, sehingga meningkatkan likuiditas dan memperkuat sistem keuangan secara keseluruhan.

4. Peningkatan Kepastian Transaksi

Dapat meningkatkan kepastian transaksi keuangan. Bank dapat memastikan bahwa dana yang ditransfer telah diterima dengan sukses oleh bank penerima, sehingga mengurangi ketidakpastian dalam transaksi.

5. Efisiensi Biaya

Hal ini dapat membantu mengurangi biaya transaksi antarbank. Bank dapat melakukan transfer dana dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode transfer lainnya, sehingga mengurangi beban biaya transaksi.

6. Mendorong Perdagangan dan Investasi

Kliring bank juga mendorong perdagangan dan investasi dengan memungkinkan transaksi keuangan yang efisien dan cepat. Pelaku bisnis dapat melakukan transaksi pembayaran dan investasi dengan lebih mudah, sehingga mendorong aktivitas ekonomi secara keseluruhan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai kliring pada sistem perbankan di tanah air. Baik pengertian, cara kerja hingga contohnya. Dapat disimpulkan pula bahwa kliring bank memiliki banyak keuntungan seperti yang telah disebutkan tadi. Pada dasarnya keberadaan kliring bank sangat penting dalam memperkuat sistem keuangan dan mendukung aktivitas ekonomi di berbagai lini pada sistem perbankan yang optimal.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 Februari 2024