kelebihan dan kekurangan menjadi tki tkw

Banyak di antara masyarakat Indonesia yang menginginkan untuk bekerja di luar negeri karena menganggap akan memperoleh gaji lebih besar. Namun bagu kamu yang ingin bekerja perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan menjadi TKI TKW di luar negeri.

Perlu diketahui juga untuk bekerja di luar negeri tentu tidak semudah bekerja di dalam negeri. Tidak hanya pada kemampuan berbahasa dan budaya saja, akan tetapi harus disesuaikan dengan profesionalitas pada pekerjaan yang dipilih.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi TKI TKW di Luar Negeri

Kelebihan TKI dan TKW di Luar Negeri

Kelebihan dan kekurangan menjadi TKI TKW di luar negeri tentu sudah banyak dirasakan oleh para pekerja. Sebelum mengetahui kekurangan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan sebagai TKI dan TKW di luar negeri berikut ini:

Skill Bahasa Asing Menjadi Lebih Lancar

Dalam bekerja di luar negeri, fasih berbahasa asing menjadi hal yang perlu dipahami dan bahkan sebagai syarat berkerja. Dengan demikian kamu akan mempelajari bahasa universal yakni bahasa Inggris ataupun bahasa negara tujuan untuk bekerja.

Terlebih setiap negara memiliki bahasa informal yang harus kamu pelajari untuk meningkatkan skill bahasa asing. Jika bahasa ini diterapkan langsung saat menjadi TKI dan TKW maka secara otomatis akan terasah semakin lancar berbicara dengan bahasa asing tersebut.

Mandiri

Mandiri sebenarnya bisa menjadi kelebihan dan kekurangan menjadi TKI TKW di luar negeri. Namun bagi kamu yang biasanya selalu mengandalkan keluarga dan harus bekerja di luar negeri maka bisa mengubah pola hidup menjadi lebih mandiri.

Sebab berada jauh dari keluarga sehingga semua hal harus dilakukan sendiri, mengingat negara lain kebanyakan memiliki gaya hidup individualis sehingga semuanya serba mandiri. Kamu akan terbiasa dengan kondisi ini yang nantinya bisa diterapkan di Indonesia.

Mengenal dengan Budaya Lain

Setiap negara memiliki budayanya masing-maisng dengan ciri khas yang berbeda antara negara satu dan lainnya. Dengan kamu bekerja di luar negeri maka bisa mengetahui dan mengenal lebih jauh budaya di negera tersebut.

Hal ini bisa meningkatkan pengalaman, pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki. Selain itu juga bisa merasakan sebagai minoritas di sebuah negara sehingga kamu bisa lebih menghargai perbedaan tersebut.

Gaji Lebih Besar

Kelebihan dan kekurangan menjadi TKI TKW di luar negeri memang sebuah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Jika memilih untuk bekerja di luar negeri maka kamu akan mendapatkan gaji yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Indonesia.

Gaji yang besar bisa menjadi keuntungan bagi kamu saat bekerja di luar negeri. Namun dengan gaji yang besar kamu jangan kaget biaya hidup di negara tersebut juga akan jauh lebih besar karena gaji dihitung dari standar hidup yang dijalani.

Menambah Jalinan Pertemanan

Sekarang ini relasi merupakan hal penting dalam meningkatkan karir kamu atau memperluas wawasan. Dengan kamu memiliki teman baru di luar negeri diharapkan nantinya bisa merekomendasikan sebuah pekerjaan yang lebih bagus nantinya.

Bangunlah jaringan relasi sebanyak-banyaknya di luar negeri dan bekerjalah secara profesional pada bidang tersebut. Saat kamu sudah kembali ke Indonesia maka jadikan temanmu sebagai orang yang menjelaskan mengenai kinerjamu.

Lebih Dihargai Saat Pulang ke Indonesia

Memutuskan untuk bekerja sebagai TKI atau TKW di luar negeri memang memberi tantangan baru dibandingkan bekerja di negara sendiri. Maka dari itu jika memiliki pengalaman bekerja di luar negeri bisa mengangkat kapabilitas dan kredibilitas kamu lebih baik.

Sebab kamu pulang dengan membawa modal yang siap kamu gunakan baik untuk menjalankan bisnis atau yang lainnya. Sehingga orang-orang akan melihat kamu memiliki kemampuan lebih yang pantas untuk dihargai.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Kekurangan TKI dan TKW di Luar Negeri

Menjalankan pekerjaan di negara orang tentu tidak ada yang mulus bahkan akan banyak kendala yang dialami oleh TKI dan TKW. Antara kelebihan dan kekurangan menjadi TKI TKW di luar negeri akan seimbang.

Meskipun akan mendapatkan banyak kelebihan, simak kekurangan menjadi TKI dan TKW di luar negeri:

Jauh dari Keluarga

Keluarga menjadi salah satu pihak yang banyak memberikan dukungan bagi kamu dalam memutuskan semua tujuan. Jika biasanya kamu sepulang bekerja di Indonesia akan bertemu dengan keluarga yang pastinya bisa melepaskan rasa lelah namun berbeda jika sudah bekerja di luar negeri.

Kamu tidak akan merasakan momen spesial berkumpul, makan bersama ataupun liburan bersama. Sebab semua hal di luar negeri akan kamu lakukan sendiri dan tentunya membuat kamu rindu dengan suasana di Indonesia.

Biaya Hidup Mahal

Meskipun gaji di luar negeri memang cukup besar dibandingkan dengan Indonesia, namun kamu akan dihadapkan dengan standar hidup yang tinggi. Gaji yang besar tentunya sudah berbanding lurus dengan biaya hidup di negara tersebut sehingga tidak perlu kaget lagi.

Namun kamu tidak perlu khawatir, pendapatan gaji kamu setiap bulan sudah dihitung berdasarkan biaya hidup di negara tersebut. Sehingga kamu tetap bisa mengikuti standar hidup di negara tujuan untuk bekerja.

Perlu Adaptasi dengan Kebiasaan Baru

Kekurangan yang akan dihadapi TKI dan TKW di luar negeri yakni perlunya adaptasi dengan situasi dan kondisi baru. Peraturan di setiap negara sudah dipastikan berbeda, kamu harus siap dengan kebiasaan yang diterapkan di negera tujuan untuk bekerja.

Jika di Indonesia banyak orang yang membuang sampah sembarangan salah satunya puntung rokok. Namun di luar negeri kamu tidak bisa melakukan hal tersebut karena jika terjadi akan dikenakan denda cukup besar seperti halnya Singapura.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan menjadi TKI TKW di luar negeri. Tidak hanya merasakan kelebihan yang cukup banyak namun kamu juga tentu merasakan kekurangan berada di negara yang jauh dari keluarga.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore