Jenis Makanan Khas Cina yang Sudah Ada di Indonesia

Makanan khas Cina ternyata memiliki banyak penggemar karena sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Sudah banyak sekali makanan dari negara Cina yang ditemukan di berbagai negara untuk memanjakan lidah para masyarakatnya.

Baca juga: 10 Pekerjaan Paling Dicari di Cina Dan Paling Populer

Namun akan lebih afdol Jika datang ke negara Cina dengan mencicipi makanan khas dari negara tersebut karena memiliki berbagai jenis makanan yang harus dicoba. Cina merupakan negara dengan makanan khas yang kaya akan berbagai rasa yang menarik dan unik.

Makanan Khas Cina

Jenis Makanan Khas Cina yang Sudah Ada di Indonesia

1. Dimsum

Dimsum adalah salah satu makanan khas Cina yang sudah tersebar di seluruh dunia termasuk keberadaannya di Indonesia yang bahkan memiliki banyak peminat. Dimsum merupakan kudapan khas Tiongkok dengan berbagai jenis seperti hakau, siomay, bakpao hingga mantau.

Bahkan juga tersedia dalam berbagai cita rasa, warna, aroma, jenis masakan hingga kualitas bahan dasar yang digunakan. Cita rasa dari dimsum cenderung lezat dan gurih serta biasanya disajikan bersama cocolan yang sudah disediakan.

2. Bebek Peking

Bebek peking merupakan makanan khas dari negara Cina yang tidak asing lagi di telinga kalangan masyarakat Indonesia dengan sajian hidangan yang mempunyai cita rasa sangat lezat. Tampilan bebek peking ini berupa bebek yang telah dipanggang dan memiliki warna coklat dengan tambahan bumbu manisnya.

Biasanya untuk penyajian bebek peking dengan cara diiris tipis-tipis dan dimakan secara bersama-sama dengan nasi ataupun pancake saus kacang merah. Tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang datang ke Cina hanya sekedar menikmati bebek peking asli dari negara tersebut.

3. Jiaozi

Jiaozi adalah makanan khas Cina yang harus dicoba karena memiliki tampilan seperti dimsum atau somay yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Makanan ini lebih sering dikenal dengan sebutan dumpling dan dibedakan pada campuran yang digunakan pada jiaozi dan somay.

Somay terdiri atas campuran tepung terigu, ikan dan tepung kanji. Sementara itu untuk jiaozi menggunakan campuran dari tepung terigu yang telah diisi tambahan daging di dalamnya, daging yang digunakan biasanya daging ayam yang sudah dimasak terlebih dahulu.

4. Fu Yung Hai

Fu Yung Hai merupakan makanan khas Cina yang sangat menggugah selera dan sudah seringkali ditemukan di Indonesia. Bahkan untuk sajian hidangan yang satu ini menjadi pilihan favorit banyak orang yang dikenal dengan sebutan puyonghai berupa telur dadar yang diberikan campuran daging, sayuran ataupun makanan hasil laut.

Biasanya penyajian makanan ini dihidangkan dengan saus asam manis dari kacang polong dan tomat. Selain itu juga disajikan dengan potongan nanas untuk memberikan cita rasa khas.

5. Bakpao

Bakpao juga sebagai makanan khas Cina yang sudah ada di Indonesia. Dulunya daging di dalam bakpao berupa daging babi namun seiring dengan perkembangan, isinya bisa bervariasi seperti dari sayuran, daging ayam, srikaya manis, ikan, kacang hijau, selai kacang, kedelai dan lainnya.

Sementara itu untuk bungkusannya sendiri dari adonan tepung terigu yang sudah diberikan ragi. Bakpao memiliki tekstur yang kenyal dan empuk dengan cita rasanya lebih gurih dan manis sesuai dengan isi di dalamnya.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

6. Ayam Pengemis

Sebutan ayam pengemis ternyata menjadi makanan khas dari negara Cina yang harus anda coba. Dengan nama ayam pengemis tentunya terdapat sejarah panjang dengan nama yang cukup unik itu.

Dari cerita yang beredar bahwa sejarah ayam pengemis telah dilatarbelakangi oleh adanya seorang pengemis yang sangat dalam menyantap ayam pengemis akan lebih cocok jika dinikmati bersama secangkir teh Cina.

7. Wonton

Wonton adalah makanan khas dari negara Cina yang wajib Anda coba dengan tampilannya yang lebih mirip seperti pangsit karena di dalamnya juga terdapat daging cincang yang dibungkus dengan tepung terigu berbentuk lembaran. Cara mengolah sajian makanan ini sangat mudah dengan direbus ataupun disajikan bersama sup hingga digoreng selayaknya kerupuk.

Isian wonton tidak hanya daging cincang, namun juga bisa divariasi dengan menambahkan isian sayuran. Sementara itu untuk proses pembuatannya menggunakan bumbu seperti saus tiram, minyak wijen dan kecap asin.

8. Capcay

Makanan khas Cina berupa capcay sangat cocok disantap apabila Anda menyukai hidangan sayuran. Hidangan yang satu ini sudah lebih mudah ditemukan di berbagai restoran sampai rumah makan biasa di Indonesia.

Capcay artinya aneka ragam sayur dalam dialek hokkian dan sudah sangat terkenal karena dimasak dengan banyak sayuran dan biasanya diolah dalam bentuk berkuah ataupun digoreng. Selain menggunakan bahan utama dari sayur tentunya dapat menambahkan telur, daging, ataupun makanan hasil laut untuk memberikan cita rasa yang lezat dan gurih.

9. Sapo Tahu

Sapo tahu adalah salah satu makanan khas Cina yang tidak memiliki kandungan daging di dalamnya. Penyebutan nama sapo tahu berasal dari penggunaan sapo ataupun claypot untuk proses memasaknya dan terbuat dari bahan keramik sehingga nantinya mampu menyimpan panas yang sangat lama ketika ingin menyantapnya.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat sapo tahu berupa tahu Tiongkok, wortel, jamur merang, tepung, maizena, sawi putih dan beberapa campuran bumbu yang lain. Sapo tahu memiliki tekstur lembut dan halus serta menghadirkan cita rasa yang lezat dan gurih karena disantap ketika masih dalam keadaan panas.

10. Lun Pia

Lun Pia atau yang lebih terkenal dengan sebutan lumpia ini ternyata menjadi makanan khas Cina. Makanan yang satu ini menggunakan bahan utama dari tepung gandum yang dibentuk lembaran tipis dan dijadikan sebagai pembungkus isian yang biasanya berupa daging, telur, makanan hasil laut, sayuran ataupun rebung.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Bahkan dengan varian hidangan makanan ini sudah banyak yang menyajikan dengan isian makanan manis. Lun Pia mempunyai tekstur yang gurih dan renyah ataupun manis tergantung dengan isian yang ditambahkan dan biasanya juga disediakan cocolan hingga nasi untuk menambahkan nikmatan saat menyantapnya.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 28 Mei 2024