Daftar Kota Termahal di Cina Berdasarkan Biaya Hidup

Hidup di kawasan perkotaan pastinya membutuhkan biaya tinggal yang tidak murah terlebih ketika memilih perumahan berada di kota metropolitan yang membuat Anda harus bersiap dengan biaya hidup mahal. Kota termahal di Cina menjadi salah satu pertimbangan jika ingin menentukan perumahan untuk memilih tempat tinggal di pusat kota ini.

Baca juga: 10 Pekerjaan Paling Dicari di Cina Dan Paling Populer

Seperti yang diketahui untuk kawasan Asia memang memiliki banyak kota dengan biaya hidupnya yang lebih tinggi. Seperti di Cina yang masih ada beberapa kota yang memiliki biaya hidup sangat mahal dari segi kebutuhan pokok sehari-hari dan beberapa hal untuk menunjang kegiatan masyarakatnya.

Kota Termahal di Cina

Daftar Kota Termahal di Cina Berdasarkan Biaya Hidup

1. Shanghai

Shanghai sebelumnya telah menduduki pada peringkat teratas sebagai kota termahal di dunia di tahun 2022 lalu, Shanghai sebenarnya kota terbesar di negara Cina dan menjadi pusat keuangan global, tidak heran jika Shanghai juga masuk dalam kategori kota terpadat dari beberapa kota yang ada di Cina. Shanghai memiliki lebih dari 24 juta penduduk yang tinggal di pusat kotanya dengan memiliki harga tanah paling mahal di Cina dari kota-kota Cina yang lainnya.

Meskipun mata uang Cina adalah Yuan sempat mengalami penurunan secara drastis, akan tetapi hal ini tidak berpengaruh terhadap penurunan biaya hidup yang ada di Shanghai, pasalnya kebutuhan biaya hidup terus mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Hal ini tentunya seimbang dengan kepadatan kota Shanghai yang berdampak pada biaya hidup menjadi lebih mahal karena ketersediaan perumahan di daerah ini sangat terbatas.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

2. Beijing

Beijing merupakan salah satu kota termahal di Cina, meski telah mempunyai reputasi sebagai kota dengan polusi udaranya yang sangat tinggi tentunya untuk biaya hidup di Beijing tidaklah murah seperti yang dibayangkan oleh para wisatawan. Beijing adalah ibukota dari negara Cina yang sudah masuk dalam daftar Lima besar kota termahal di kawasan Asia untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

Penyebab Beijing menjadi kota paling mahal di Cina dikarenakan oleh kepadatan penduduknya di kota ini, sehingga berdampak pada kebutuhan hidup yang sangat tinggi dibandingkan beberapa kota lain di Cina. Meskipun di Beijing cenderung sangat mahal namun masih banyak masyarakat Cina yang memilih dan memutuskan untuk tinggal di pusat ibukota ini dengan mendapatkan perumahan yang harganya sangat fantastis.

3. Nanjing

Nanjing adalah kota termahal di Cina yang merupakan ibukota provinsi Jiangsu untuk Republik Rakyat Tiongkok dan kota sub provinsi hingga kota besar yang telah memiliki 11 distrik. Kota ini mempunyai tempat yang sangat menonjol di dalam budaya Tiongkok dan sejarah karena sebelumnya pernah menjadi ibukota di berbagai dinasti, kerajaan hingga pemerintahan republik Tiongkok dari abad ke-3 sampai 1949 serta sudah lama sebagai pusat utama kebudayaan, penelitian, pendidikan, ekonomi, politik, jaringan transportasi dan pariwisata dan sebagai rumah untuk salah satu pelabuhan pedalaman teras terbesar di dunia.

Nanjing dikenal sebagai kota mahal di Cina karena kepadatan penduduknya serta ketersediaan perumahan yang sangat terbatas, mengingat kota ini sebagai salah satu dari 15 kota sub provinsi di dalam struktur administratif Republik rakyat Tiongkok yang telah menikmati adanya otonomi secara yuridis sehingga ekonomi yang tidak jauh berbeda dari otonomi provinsi. Sementara itu juga telah menduduki peringkat urutan ke-7 di dalam evaluasi kota dengan kekuatan komprehensif terkuat dari biro statistik Nasional dan urutan kedua di dalam evaluasi kota yang memiliki potensi pembangunan berkelanjutan sangat besar di delta sungai Yangtze.

4. Wuzi

Kota termahal di Cina lainnya adalah kota Wuzi dengan biaya hidupnya yang terbilang masih tinggi dari beberapa kota Cina lainnya, meskipun untuk tingginya biaya hidup tidak setinggi Beijing ataupun Shanghai, akan tetapi tetap masuk daftar kota mahal di negara Cina. Wuzi merupakan salah satu kota di selatan provinsi Jiangsu tepat di Tiongkok Timur, lokasinya sendiri di delta Selatan sungai Yangtze serta berada di danau Tai.

Apabila datang ke kota ini tentunya akan disuguhkan dengan pemandangan indah adanya landmark kota yang meliputi kawasan pemandangan agung Budha gunung Lingshan, Taman Lihu, serta patung Buddha agung di Ling Shan dengan ketinggiannya kisaran 88 m, Kebun binatang Wuxi, Taman Xihui,dan Museum Wuxi. Dengan banyaknya berbagai kawasan wisata tentunya menjadi faktor utama bahwa kota ini masuk dalam daftar kota termahal di Cina, selain itu juga didukung oleh ketersediaan transportasi yang memadai di kawasan kota ini yang membuat biaya hidupnya cenderung lebih mahal.

5. Dalian

Dalian adalah salah satu kota termahal di Cina dengan biaya hidupnya yang mahal seperti beberapa kota mahal lainnya di negara Cina, pasalnya kota ini adalah kota pelabuhan sub provinsi utama yang berada di provinsi Liaoning Republik rakyat Cina serta masuk dalam kota terbesar kedua di Liaoning hingga menjadi kota terpadat ketika di Tiongkok timur laut. Sementara itu untuk lokasinya sendiri berada di ujung selatan semenanjung Liaodong sebagai kota paling selatan yang berada di Liaoning serta seluruh timur laut, Dalian sendiri berbatasan langsung dengan kota prefektur Yingkou dan Anshan yang ada di utara serta Dandong berada di timur laut.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Saat ini, Dalian sudah menjadi pusat keuangan, logistik untuk Asia timur hingga pelayaran yang sebelumnya mempunyai sejarah dengan perkembangannya secara signifikan di dalam menggunakan pelabuhan oleh kekuatan asing, Dalian dulunya lebih dikenal sebagai Port Arthur atau Ryojun dan sangat ini sudah menjadi distrik kota Lushunkou. Dengan kepadatan kota ini tentunya sudah tidak heran lagi apabila Dalian termasuk kota termahal di Cina karena juga menjadi salah satu kota sibuk dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan masyarakatnya dan berdampak pada kenaikan biaya hidup yang terus mengalami lonjakan seiring berjalannya waktu.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 26 Mei 2024