Kota Termahal di India Bersadarkan Pertumbuhan Ekonomi

Kota termahal di India membuat biaya hidupnya menjadi semakin tinggi, terlebih jika berada di kawasan kota-kota besar. India merupakan salah satu negara yang memiliki budaya unik dan menarik yang memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Baca juga: Tips Traveling ke India untuk Pemula, Kenali Budaya Lokalnya!

India termasuk negara yang memiliki ekonomi di peringkat ke-10 pada konferensi mata uang serta peringkat keempat terbesar dalam PPP. Meski terkenal dengan gaya hidupnya yang murah, akan tetapi di India terdapat beberapa kota paling mahal yang membuat biaya hidupnya mengalami lonjakan.

Kota Termahal di India

Kota Termahal di India Bersadarkan Pertumbuhan Ekonomi

1. New Delhi

New Delhi merupakan ibukota India serta menjadi bagian wilayah ibu kota nasional Delhi serta sebagai pusat dari adanya tiga cabang pemerintahan. New Delhi telah dikelola secara bersama-sama oleh pemerintah pusat India serta pemerintah daerah Delhi yang menjadi ibukota wilayah ibu kota nasional Delhi, New Delhi dikelola oleh pemerintah kota yang lebih dikenal sebagai dewan kota New Delhi.

Sebagai kota komersial terbesar di bagian India Utara tentunya sudah mengalami perkembangan yang sangat besar dibandingkan sebelumnya dan hal inilah yang membuat New Delhi sebagai salah satu kota termahal di India. Seperti bagian Connaught Place yang menjadi salah satu pusat komersial hingga keuangan terbesar di India Utara yang berada di bagian utara New Delhi dan kawasannya bersebelahan, selain itu juga terdapat ITO sebagai pusat komersial utama.

2. Mumbai

Mumbai termasuk kota besar dengan biaya hidup mahal di India, ibukota negara bagian Maharashtra di India dan ibukota keuangan serta kota terpadat di India. Mumbai merupakan pusat wilayah metropolitan Mumbai, wilayah metropolitan paling padat peringkat ke-6 di dunia yang memiliki populasi lebih dari 23 jutaan, tujuan pembentukan Mumbai sebagai rumah untuk komunitas masyarakat Koli yang menggunakan bahasa Marathi.

Mumbai lebih dikenal seperti New York nya India yang merupakan kota paling padat di India serta sebagai ibukota keuangan dan komersial negara karena mempunyai penghasilan 6,16% dari keseluruhan total PDB. Keberadaan kota ini memiliki fungsi sebagai pusat ekonomi India dan banyak mengalami perkembangan dari segi ekonomi yang memicu dampak kenaikan biaya hidup di kota Mumbai.

3. Bangalore

Bangalore juga termasuk salah satu kota termahal di India karena dari banyak faktor yang mempengaruhi kota ini membutuhkan biaya hidup yang cukup mahal dibandingkan beberapa kota lain di India. Bangalore termasuk ibukota serta kota paling besar di negara bagian Karnataka India Selatan dan menjadi kota terpadat ketiga di India serta aglomerasi perkotaan paling padat ke-4.

Kota ini merupakan salah satu kota metropolitan yang sudah mengalami pertumbuhan paling cepat di India, namun berperan sangat penting dalam menyumbang 38% dari keseluruhan total ekspor di India berupa TI dan perekonomian utamanya lebih berorientasi pada industri dan jasa yang didominasi oleh teknologi informasi, bioteknologi, telekomunikasi, elektronik, manufaktur, mobil, mesin, makanan dan lain sebagainya. Bahkan di kota ini sudah banyak sekali kawasan industri utama dan hal inilah yang membuat biaya hidup di Bangalore semakin tinggi dan lebih mahal dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

4. Hyderabad

Salah satu nama kota di India yang lokasinya berada di bagian tengah tepat di negara bagian Telangana dan sebagai ibukota negara bagian Andhra Pradesh, kota terbesar peringkat kelima di India. Kota yang satu ini lebih dikenal sebagai tempat budaya India Utara serta India Selatan bisa bertemu secara langsung dan lebih banyak dihuni oleh orang-orang Muslim hingga orang Hindu, bahkan juga terdapat komunitas Kristen sehingga komunitas agama di kota ini cukup banyak dan hidup berdampingan dengan damai.

Hyderabad menjadi kota yang paling berkembang di India dan menjadi faktor pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat serta berdampak pada biaya hidup yang lebih mahal karena kota ini sebagai pusat teknologi informasi, ITES dan bioteknologi. Hyderabad dan Secunderabad termasuk kota kembar yang dipisahkan oleh Husein Sagar yang merupakan danau buatan manusia di tahun 1562 saat masa kepemimpinan Ibrahim Qutb Shah.

5. Chennai

Chennai merupakan ibukota Tamil Nadu, negara bagian yang berada di paling selatan India, selain itu juga menjadi kota primata di negara bagian serta berada di pantai Coromandel di Teluk Benggala. Kota ini mendapat peringkat ke-6 sebagai kota terpadat di India dan aglomerasi perkotaan terpadat ke-4 yang berbatasan dengan distrik Chennai dan secara bersama di pinggiran kota yang ada di sekitarnya telah membentuk wilayah metropolitan Chennai, wilayah perkotaan paling besar ke-35 di dunia menurut jumlah penduduk serta sebagai perekonomian metropolitan paling besar di India.

Kota ini mempunyai perekonomian perkotaan terbesar peringkat kelima serta mempunyai populasi ekspatriat terbesar ketiga di India, yang bahkan menjadi pintu gerbang ke India Selatan dan sebagai kota yang banyak dikunjungi saat datang ke India. Tidak heran jika Chennai menjadi salah satu kota termahal di India dari segi pariwisata yang dikunjungi oleh turis asing hingga pertumbuhan ekonomi yang berjalan semakin pesat seiring perkembangan di negara ini.

6. Kolkata

Kota termahal di India salah satunya adalah Kolkata sebagai ibukota dan kota paling besar di negara bagian Benggala Barat yang lokasinya berada di tepian timur sungai Hooghly berada di sebelah barat dan berbatasan dengan Bangladesh. Kolkata juga sebagai pusat keuangan dan komersial utama di bagian India Timur serta sebagai kota paling padat peringkat ke-7 di India yang merupakan pusat wilayah metropolitan Kolkata, salah satu wilayah metropolitan paling padat di dunia dengan ibukota budaya de facto India serta kota yang memiliki peranan sangat penting dari segi historis hingga budaya di wilayah bersejarah Benggala.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Kota ini menjadi rumah bagi bursa efek Kalkuta yang juga mempunyai pelabuhan komersial serta militer utama hingga menjadi salah satu dari lima kota di India yang mempunyai bandara internasional dan pernah menduduki sebagai kota terkemuka di India namun mengalami kemerosotan dari segi ekonomi secara terus-menerus di dalam beberapa dekade sesudah India merdeka karena adanya peningkatan populasi secara signifikan serta peningkatan Serikat pekerja yang militan. Dengan seiring perkembangan ternyata kota ini juga membaik sesudah perekonomian di India di liberalisasi di tahun 1990 serta terjadi perubahan pada kebijakan ekonomi yang diberlakukan oleh pemerintah negara di bagian Benggala Barat sehingga menjadikan Kolkata sebagai kota di India yang memiliki biaya hidup cukup mahal apabila tinggal di kota ini.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 26 Mei 2024