Kota termahal di Asia

Kota termahal di Asia ini berdasarkan biaya hidupnya yang sangat tinggi dibandingkan dengan Indonesia. Biaya hidup yang sangat mahal biasanya disebabkan oleh tingginya belanja ataupun nilai barang dan harga barang yang semakin mahal di sebuah kota menjadikan nilai konsumsi rata-rata rumah tangga mengalami kenaikan dan berdampak pada biaya hidup yang naik.

Adanya daftar kota termahal bisa menjadi referensi apabila ingin berkunjung ke negara lain khususnya di kota yang bersangkutan. Lalu kota dari negara mana saja yang biaya hidupnya paling mahal?

Kota Termahal di Asia

Kota termahal di Asia

1. Singapura

Singapura telah mempertahankan posisinya menjadi peringkat teratas kota termahal di Asia dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu Singapura sudah mencatat mempunyai biaya hidup jauh lebih mahal hingga 5% dari negara Hongkong.

Baca juga: Selisih Waktu Singapura dan Indonesia Hanya 1 Jam dengan WIB

Faktor utamanya karena keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki oleh Singapura dan menjadi penyebab utama harga jual di negara ini terus mengalami lonjakan sangat fantastis. Diketahui bahwa negara Singapura juga memiliki biaya asuransi yang cenderung sangat mahal dan hal ini sebagai pertanda bahwa standar gaya hidup untuk tinggal di Singapura tentunya juga sangat tinggi.

2. Hongkong

Hongkong merupakan kota termahal di Asia yang menduduki peringkat kedua dengan pembuktian adanya harga rumah di negara ini bisa mencapai kisaran 550 miliar dan telah tercatat sebagai harga properti paling mahal di dunia. Hongkong memiliki biaya hidup yang sangat mahal dengan alasan bahwasanya ribuan penduduk di Hongkong banyak sekali yang telah meninggalkan kotanya dalam beberapa tahun terakhir yang disebabkan oleh dampak pandemi covid 19.

Selain itu biaya hidup untuk tinggal di Hongkong memang terus mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu dan semakin melambung tinggi ketika memasuki momen Tahun Baru Imlek. Sehingga terdapat banyak faktor yang membuat setiap negara termasuk Hongkong memiliki biaya hidup yang cukup mahal dibandingkan dengan beberapa negara di kawasan Asia lainnya.

3. Tokyo

Tokyo di beberapa tahun terakhir juga menjadi kota termahal di Asia dengan biaya hidupnya yang sangat tinggi disebabkan oleh faktor tertentu. Tokyo lebih dikenal sebagai kota yang mempunyai biaya paling mahal khususnya untuk destinasi wisata seperti halnya biaya traveling di Tokyo yang mencakup makan, minum, akomodasi hingga hiburan yang paling tinggi di Asia.

Penyebab Tokyo mempunyai biaya hidup paling mahal salah satunya disebabkan oleh adanya persaingan hidup yang sangat ketat di kota ini. Selain itu untuk standar gajinya juga masih tinggi yang menjadikan Tokyo sangat terkenal dengan masyarakatnya pekerja keras.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

4. Seoul

Seoul atau yang dikenal dengan kota negeri ginseng di Korea Selatan ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer bagi turis asing. Keberadaan Seoul yang menjadi pusat kota Korea Selatan ini mempunyai upah rata-rata untuk masyarakatnya relatif lebih tinggi karena gaji karyawan kantoran yang bekerja di Korea Selatan saja telah diketahui kisaran antara 17 sampai 46 juta per bulan.

Bahkan juga tersedia berbagai jenis makanan di pusat kota Seoul yang sudah masuk pada kategori makanan termahal di dunia. Sementara itu untuk biaya standar sekali makan di Seoul kisaran 100 ribuan, sehingga apabila anda makan dalam sehari dapat menghabiskan uang kisaran 300 ribuan atau bisa lebih dari itu.

5. Shanghai

Shanghai juga menjadi kota termahal di Asia karena biaya hidup untuk tinggal di kota ini cenderung sangat mahal di tahun 2023 lalu. Shanghai adalah salah satu kota di Cina dengan memperoleh peringkat dan mengalami penurunan jika dibandingkan pada posisinya di tahun 2022 dan 2021 yang masih berada di peringkatan teratas.

Dalam 2 tahun berturut-turut sebelumnya ternyata kota yang satu ini berada di posisi paling puncak menjadi kota yang memiliki biaya hidup termahal di dunia. Ternyata keberadaan kota Shanghai tidak hanya termahal di Cina, ataupun termahal di Asia, namun sebagai kota termahal di dunia dengan biaya hidupnya yang sangat tinggi disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi, mahalnya barang dan jasa, pembaruan infrastruktur dan lain sebagainya.

6. Taipei

Taipei merupakan ibukota negara Taiwan yang telah menempati posisi kota termahal di Asia karena biaya hidupnya sangat mahal di tahun 2023 lalu. Saat Anda berkunjung ke Taiwan tepatnya di kota Taipei tentunya akan merasakan adanya banyak barang yang harganya sangat mahal dibandingkan dengan barang yang tersedia di Indonesia.

Sehingga sudah tidak heran lagi apabila Taipei juga masuk dalam kategori kota termahal karena faktor penunjang lain yang membuat biaya hidup terus mengalami kenaikan yang tinggi. Dengan biaya hidup yang mahal membuat Taipei berada di 10 daftar kuota paling mahal di Asia.

7. Yokohama

Yokohama merupakan kota mahal lainnya yang ada di kawasan Asia dengan mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan yang sangat unik apabila anda memutuskan untuk tinggal di kota ini. Yokohama adalah salah satu kota di Jepang yang memiliki perumahan dengan harga mahal serta ekspatriatnya diharuskan untuk membayar sebagai sewa tempat tinggal di kota ini.

Sementara itu untuk kota Yokohama menjadi kota yang sangat ramah keluarga Karena tersedia berbagai taman, sekolah hingga peluang rekreasi yang dapat dinikmati oleh para masyarakatnya. Apabila memutuskan untuk tinggal di Yokohama tentunya akan merasakan biaya hidup yang cukup mahal kisaran 669 dolar per bulan untuk satu orang ataupun kisaran 1,305 dolar untuk keluarga yang memiliki 4 anggota.

8. Beijing Cina

Beijing lebih dikenal sebagai salah satu kota terindah di Cina dan kota termahal di Asia karena untuk ketersediaan perumahannya yang dapat mengklaim hampir separuh lebih pengeluaran yang dimiliki. Sedangkan untuk pembayaran sewa dan utilitas nantinya ekspatriat bisa menghabiskan uang senilai 638 dolar per bulan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Selain itu juga akan terdapat beberapa pengeluaran lain seperti menunjang kebutuhan sehari-hari diantaranya makan dan transportasi yang tentunya juga tergantung dari gaya hidup setiap orang. Akan tetapi dengan layanan tersebut tentunya biaya hidup menjadi lebih mahal untuk mereka yang tengah mencari kehidupan di Beijing dengan kualitas tinggi karena untuk biaya sewa rata-rata kisaran 638 dolar.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 26 Mei 2024