Rekomendasi Makanan Khas Filipina yang Populer

Makanan khas Filipina sangat beragam sehingga Anda harus mencobanya ketika datang ke Filipina. Filipina sebagai negara kepulauan yang menyimpan berbagai pesona alam yang indah dan tidak heran jika selalu menjadi tujuan wisata untuk para wisatawan mancanegara.

Baca juga: Kirim Uang ke e-Wallet Filipina Bisa Lewat Transfez

Ketika liburan ke Filipina tidak akan lengkap apabila belum mencoba wisata kuliner yang ada di negara ini. Kuliner di negara Filipina sangat unik dan bahkan menggunakan bahan ekstrem untuk proses pembuatannya.

Makanan Khas Filipina

Rekomendasi Makanan Khas Filipina yang Populer

1. Lechon Babi

Lechon babi merupakan makanan khas negara Filipina dengan bahan utama pembuatannya dari daging babi kemudian diolah dengan cara dipanggang. Sebelum daging babi itu dipanggang tentunya harus dilumuri dengan bumbu khas Filipina untuk meningkatkan cita rasanya.

Cita rasa dari daging babi yang telah dipanggang memang sangat unik dan lebih mirip seperti daging babi panggang di Bali. Menu hidangan yang satu ini biasanya disajikan ketika pesta pernikahan, pesta ulang tahun ataupun perayaan yang lain.

2. Balut

Balut merupakan salah satu makanan yang unik dan ekstrem dari negara Filipina. Makanan yang satu ini terbuat dari telur ayam atau bebek yang usianya kisaran 18 hingga 21 hari, kemudian telur itu direbus dan diberikan bumbu berupa cuka dan garam supaya bisa meningkatkan cita rasa yang enak.

Mengingat proses pembuatannya dari telur yang usianya lebih dari 20 hari tentunya memiliki bentuk bukan telur namun embrio bebek ataupun ayam. Masyarakat Filipina menjadikan makanan yang satu ini sebagai obat kuat dan Anda bisa mencobanya ketika datang ke Filipina.

3. Ayam Adobo

Ayam adobo merupakan makanan khas Filipina dengan artian marinasi. Pada mulanya untuk makanan yang satu ini terbuat dari daging babi tetapi seiring perkembangannya diganti dengan menggunakan bahan daging ayam.

Bumbu yang digunakan dalam proses marinasi daging memang sangat khas karena menggunakan bumbu dan rempah-rempah. Bahkan juga diberikan tambahan saus dan kecap untuk meningkatkan cita rasa berbeda yang lebih khas dari bumbu tersebut dan bahkan tidak bisa anda temukan rasa ayam marinasi di masakan ayam lain.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

4. Ayam Inasal

Makanan khas Filipina yang halal salah satunya adalah ayam inasal. Ayam inasal adalah ayam bakar dengan bumbu khas Filipina yang cita rasanya sangat enak dan lezat.

Makanan yang satu ini banyak diminati oleh kalangan turis dari mancanegara. Hal ini dikarenakan bumbu pada ayamnya sendiri sangat meresap dan daging ayam memiliki tekstur yang juicy, rahasia bumbu ayam ini karena menggunakan calamansi untuk bumbu olesannya.

5. Kare Kare

Kare kare adalah makanan khas Filipina yang halal dan bisa Anda coba ketika datang ke Filipina. Makanan khas ini terbuat dari campuran daging dan sayuran dengan warna kuahnya yang kuning pekat seperti kari akan tetapi cita rasanya lebih mirip seperti sate.

Anda dapat menjadikan makanan yang satu ini untuk santapan makan siang dengan nasi hangat yang sangat cocok. Anda juga bisa menyantapnya dengan pasta udang ataupun bagoong khas Filipina.

6. Halo Halo

Halo halo merupakan jenis makanan penutup asli Filipina yang sangat direkomendasikan untuk para pelancong luar negeri. Jika dilihat secara sekilas tentunya memiliki tampilan yang lebih mirip seperti es campur di Indonesia.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa isian untuk makan penutup halo halo ini cenderung lebih banyak dibandingkan dengan es campur. Dalam halo halo terdapat banyak irisan kelapa, jagung, ubi ungu, pisang, ketan, susu dan es krim yang biasanya juga diberikan pelengkap potongan nata de coco untuk membuat cita rasanya lebih segar dan cocok diminum saat suasana panas.

7. Buko Pandan

Buko pandan ternyata menjadi makanan khas Filipina yang biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup. Sesuai dengan namanya tentunya makanan ini terbuat dari pandan dan kelapa yang memiliki tekstur lebih mirip seperti puding namun tidak begitu keras.

Pada makanan ini biasanya juga ditambahkan agar-agar serta parutan keju. Dalam menyajikannya sendiri juga ada tambahan pelengkap di bagian atas yang disiram dengan susu kental manis.

8. Tapsilog

Tapsilog adalah menu sarapan yang wajib untuk dicoba ketika berada di negara Filipina. Makanan khas yang satu ini berupa nasi goreng yang disajikan bersama telur mata sapi dan daging sapi.

Ciri khas yang dimiliki oleh hidangan ini yaitu olahan daging sapi yang memiliki rasa bumbu dan rempah sangat khas. Sehingga pastikan Anda tidak melewatkan sajian hidangan yang satu ini ketika berkunjung ke Filipina.

9. Beef Caldereta

Makanan khas Filipina yang wajib dicoba karena memiliki rasa enak dengan proses pembuatannya dari daging sapi. Rasa yang dihadirkan oleh makanan ini lebih mirip seperti rendang namun tetap mempunyai ciri khas bumbu Filipina.

Perbedaannya hanya terletak pada bumbu yang digunakan karena sebelum dimasak daging tersebut harus dimasak terlebih dahulu menggunakan merica, cuka pasta dan tomat. Selain itu untuk penyajiannya sendiri juga diberikan tambahan sayuran seperti kentang dan wortel untuk meningkatkan gizinya.

10. Kwek Kwek

Kwek Kwek sebagai salah satu makanan khas Filipina yang sebenarnya adalah cemilan. Proses pembuatan makanan ini dari telur bebek yang telah direbus dan digoreng bersama tepung.

Tepung yang biasanya digunakan untuk menggoreng yakni tepung crispy untuk memberikan tekstur yang lebih renyah. Anda akan lebih mudah menemukan jajanan seperti ini di pinggiran jalan Filipina dan masyarakat sekitar biasanya menjadikan Kwek Kwek sebagai camilan salingan sebelum menyantap makanan berat.

11. Buko Pie

Jika berada di Filipina dan ingin menyantap hidangan manis tentunya bisa memilih makanan buko pie. Di dalam bahasa Filipina, buko artinya kelapa dan buko pie artinya pie kelapa.

Kue yang satu ini menjadi favorit banyak orang dan sangat populer di wilayah Cebu karena memang mempunyai cita rasa yang lebih khas. Ketika menyantap hidangan ini tentunya Anda akan merasakan kulit pie yang renyah dan dikombinasikan dengan kelapa manis.

12. Pancit Palabok

Kuliner khas Filipina ini halal dan pastinya jangan pernah Anda lewatkan. Makanan yang satu ini terbuat dari mie beras yang dimasak dengan telur, daging dan udang bersama bumbu rempah khas Filipina.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Biasanya untuk makanan yang satu ini sering muncul di saat perayaan tertentu ataupun di hari spesial Filipina. Akan tetapi sekarang ini sudah banyak restoran Filipina yang menyediakan hidangan khas ini.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 28 Mei 2024