Jenis Makanan Khas Malaysia yang Memiliki Ciri Khas

Makanan khas Malaysia biasanya memiliki ciri khas Melayu dengan cita rasanya yang sangat unik dan memikat lidah para penikmatnya. Bahkan wisatawan dari Indonesia pun selalu hunting makanan karena bisa memberikan pengalaman baru dari kuliner Malaysia.

Baca juga: Tips Traveling ke Malaysia, Liburan Menyenangkan dan Low Budget!

Malaysia merupakan negara yang mempunyai banyak kuliner khas dan sangat bervariasi dari satu wilayahnya. Akan tetapi kelezatan yang diberikan selalu di hati para penggemar kuliner khas Malaysia.

Makanan Khas Malaysia

Jenis Makanan Khas Malaysia yang Memiliki Ciri Khas

1. Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan salah satu makanan khas yang selalu diincar ketika para wisatawan datang ke Malaysia. Bahkan untuk menemukan nasi lemak ini sangat mudah karena sudah tersebar di seluruh penjuru kota-kota besar Malaysia.

Sebenarnya nasi lemak ini lebih mirip dengan nasi uduk yang terdiri atas nasi, ikan teri dan kacang. Perbedaan yang terlihat di bagian sambalnya yang terbuat dari cabai kering dan dicampurkan bumbu serta dimasak dengan waktu yang sangat lama.

2. Asam Pedas

Pada makanan yang satu ini sebenarnya adalah olahan ayam yang menggunakan kuah asam pedas. Kandungan rempah-rempah yang digunakan untuk asam pedas berupa bumbu yang selalu membuat hidangan ini tidak hanya sebagai kuliner khas namun menjadi hidangan favorit banyak wisatawan dari mancanegara.

Fakta unik yang dimiliki oleh makanan asam pedas ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena menggunakan bumbu asam jawa sebagai sumber asam manis yang pastinya sangat menggugah selera makan. Bahkan untuk proses pembuatannya juga menggunakan parutan kelapa yang sebelumnya sudah disangrai hingga kering dan menggunakan cabai kering pedas.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

3. Ayam Masak Merah Spesial Kenduri

Makanan khas Malaysia yang cukup terkenal salah satunya adalah perpaduan rasa pedas, manis dan gurih dari ayam masak merah spesial kenduri. Hidangan yang satu ini akan lebih cocok jika disantap bersama nasi putih hangat.

Menu hidangan inilah yang biasanya dijadikan sebagai makanan harian bahkan juga banyak ditemukan di acara besar atau pertemuan. Akan tetapi ayam masak merah mempunyai kuah saus tomat dan cabai dan ditambahkan bumbu rempah-rempah khas Malaysia dengan menghasilkan warna merah terlihat lebih pekat.

4. Nasi Kandar

Jika Anda ingin menikmati sajian makanan kuliner nasi-nasian tentunya bisa memilih nasi kandar sebagai hidangan yang mewah dan lezat. Bahkan untuk satu hidangan harganya bisa mencapai puluhan ringgit dan hal ini tergantung dari jenis lauk atau restoran yang Anda kunjungi.

Dulunya nasi kandar adalah makanan sehari-hari bagi para pekerja buruh di pelabuhan Pulau pinang. Akan tetapi untuk sekarang ini lauk pauk yang dijual justru dijajakan seperti warung makan nasi padang yang jumlahnya kisaran 40 sampai 50 jenis lauk yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

5. Nasi Kerabu

Nasi kerabu adalah makanan khas Malaysia yang berbeda karena untuk warna nasinya terlihat biru cerah dan memberikan kesan unik serta lebih khas. Warna biru tersebut berasal dari bunga telang dan tersedia variasi warna lain yakni warna kuning selayaknya nasi kuning di Indonesia.

Nasi kerabu tidak akan lengkap jika tanpa ditambahkan sambal Karena cocolan ini sebagai saus yang berasal dari fermentasi ikan bilis dan mempunyai protein cukup tinggi. Kombinasi setiap komponen makanan membuat nasi kerabu bisa menjadikan perut lebih kenyang namun juga memiliki nilai gizi yang tidak perlu Anda ragukan lagi.

6. Nasi Dagang

Nasi dagang mempunyai kelezatan yang tidak akan pernah terlupakan untuk wisatawan dari Indonesia. Terlebih nasi kukusnya tersebut dikukus bersama santan kelapa dan disajikan dengan tongkol, telur ayam, sambal yang dibungkus dengan daun pisang hingga ikan tamban dan Ibis.

Kemudian diguyur kuah kari dan diberikan taburan acar timun serta bawang goreng untuk meningkatkan harmonisasi cita rasa yang lebih kuat dari nasi dagang. Nasi dagang ini sangat enak dan bisa anda dapatkan di negeri pantai timur semenanjung Malaysia, bahkan anda bisa menemukannya di Kepulauan Riau karena di wilayah ini merupakan asli Melayu.

7. Laksa Sarawak

Laksa sarawak merupakan hidangan soto seperti di Indonesia dan ini adalah versi makanannya di Malaysia. Sebenarnya terdapat banyak jenis dan laksa ini memang sangat direkomendasikan oleh masyarakat Malaysia pada para wisatawan yang datang ke negaranya.

Soto khas Malaysia yang terdiri dari daging ayam, bihun, tauge, irisan telur ayam, dan udang dengan tambahan topping khas seperti ketumbar cincang dan jeruk nipis dapat meningkatkan aroma laksa yang sangat khas. Sementara itu untuk kuahnya terasa lebih kental karena diberikan tambahan daging kerang dan terasi.

8. Penang Char Kuey Tiaw

Salah satu makanan khas Malaysia yang berada di daerah Penang sebagai tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin mengeksplor negara Malaysia. Hidangan yang satu ini memiliki bentuk yang tidak asing karena lebih mirip seperti kwetiau namun bentuk mienya tersebut lebih besar dan pipih.

Mie yang digunakan kemudian dosen dengan beberapa lauk seperti potongan daging ayam, udang serta sosis tradisional Cina, telur orak-arik hingga sayuran berupa sawi dan tauge. Kombinasi bahan segar yang digunakan dengan bumbu khas mampu menciptakan aroma hangus yang memberikan ciri khas berbeda dari hidangan yang satu ini.

9. Burger Ramly

Burger adalah makanan khas Amerika asli dan dibawa ke negara Malaysia dengan menyesuaikan lidah masyarakat orang-orang melayu, sehingga menghadirkan burger Ramly yang memiliki cita rasa lebih unik. Kuliner khas yang satu ini tidak seperti burger biasanya yang tepat saji ala barat, peti daging yang dibungkus pada telur dan campuran saus pedas, barbeque dan mayo.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dari tampilannya memang sekilas terlihat berantakan akan tetapi inilah yang menjadi keseruan dari rasa burger terbaru yang ditawarkan dan memiliki cita rasa lebih nikmat. Pada burger Ramly ini sudah ada dari tahun 1984 yang mampu menarik banyak pelanggan hingga hari ini dan bahkan sudah diakui masyarakat Malaysia sebagai makanan khas.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 28 Mei 2024