jenis grafik saham

Investasi saham memang bukan suatu hal yang baru lagi untuk dilakukan. Pasalnya keberadaan dari jenis investasi ini sangat menguntungkan untuk jangka panjang dan kebutuhan masa depan.

Tidak heran hampir setiap waktu investor maupun trader selalu memantau grafik saham untuk melihat sajian harga. Grafik ini akan menampilan sajian data berupa pergerakan harga dalam bentuk gambar guna melakukan analisis.

Apa Itu Grafik Saham?

Grafik yang mana menunjukkan penyajian data atas pergerakannya harga investasi trading yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Grafik ini sangat penting bagi investor dan juga trade guna menganalisis harga pada saat itu dan ke depan.

Analisis dengan cara melihat grafik harga sebagian tolak ukur atau acuan dari kinerjanya sebuah trading dengan analisis teknikal. Menggunakan pergerakan ini untuk waktu tertentu seperti harga dan fluktuasi hingga informasi harga pada titik tertinggi atau terendah.

Jenis Jenis Grafik Saham

Grafik live bisa diakses secara gratis pada situs resmi ataupun aplikasi online milik dari perusahaan sekuritas. Untuk investor atau trader pemula bisa memulai belajar grafik dengan mengenal jenisnya terlebih dahulu.

Inilah beberapa jenis dari grafik dalam saham dengan kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu ketahui:

Line chart

Grafik garis atau line chart merupakan grafik harga untuk melihat saham secara mendasar dan menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan. Akan tetapi grafik ini lebih sering dipilih untuk digunakan dalam melihat pergerakan harga harian.

Membaca grafik garis sangat mudah karena hanya menunjukkan harga untuk penutupan. Tidak adanya harga untuk pembukaan, harga terendah dan harga tertinggi, maka dari itu grafik ini begitu populer.

Kelebihan line chart

Line chart bisa membantu mengidentifikasi level support serta resistance harga dan tren. Selain itu juga membuat investor dan trader lebih mudah dalam mengambil keputusan trading, sebab grafik ini hanya menampilkan harga penutupan saja.

Bentuknya sangat sederhana bagi investor pemula yang memudahkan dalam membacanya. Line chart menjadi pelajaran awal untuk membaca grafik dasar sebelum belajar grafik yang kompleks lainnya.

Kekurangan line chart

Informasi harga untuk beberapa investor dan trader tidak banyak membantu dan kurang sesuai dengan strategi trading yang dibuat. Mereka membutuhkan infomasi harga lebih rinci.

Seperti halnya harga pembukaan, terendah, tertinggi dan yang lainnya. Contohnya yakni trader dapat membeli jika harganya ditutup oleh harga tertinggi dalam waktu 10 hari.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Grafik saham batang atau bar chart

Bar chart merupakan grafik yang memberikan gambaran dari pergerakan harga untuk periode waktu tertentu. Setiap batangnya menunjukkan harga pembukaan, harga terendah, harga tertinggi hingga harga penutupan.

Dengan begitu bar chart disebut juga dengan grafik OHCL, akan tetapi grafik batang dapat disesuaikan dengan hanya menyajikan harga tertinggi, harga terendah dan harga penutupan. Analisis teknikalnya menggunakan bar chart guna memantau pergerakannya harga dan bisa membantu para investor mengambil keputusan trading.

Cara membaca grafik batang

Pada bar chart ini mempunyai garis vertikal yang menunjukkan harga terendah dan tertinggi, sementara untuk harga pembukaan dan penutupan garis horizontal. Jika harga penutupan di atas pembukaan maka batang berwarna hitam dan hijau, sementara itu untuk harga penutupan yang di bawah pembukaan maka ditunjukkan dengan warnanya merah.

Kode batang yang ada ini membantu para investor dan trader melihat pergerakan harga dengan jelas dan kodenya warna mempunyai pilihan pada sebagian besar platform investasi ataupun trading. Sehingga bisa memilih periode yang akan dilakukan analisis.

Kelebihan bar chart

Bar chart mampu menunjukkan informasi secara lengkap atau OHLC. Tidak hanya itu saja, bar chart juga membantu investor melakukan analisis tren dan melihat kehadiran potensi pembalikan arah serta mengamati fluktuasi harga.

Kekurangan bar chart

Pada bar chart ini butuh waktu yang cukup lama untuk bisa melakukan analisis, sebab tampilannya visual bar chart hanya berbentuk garis tipis. Selain itu sekilas tampak susah untuk membedakan pasar yang sedang turun ataupun naik.

Grafik saham lilin atau candlestick chart

Jenis grafik yang menggunakan komponen harga sama dengan bar chart terdapat harga tertinggi, terendah, pembukaan dan penutupan. Satu candlestick bisa mewakili untuk satu periode dan pada umumnya untuk satu candlestick bisa menunjukkan satu hari.

Cara membacanya dengan melihat bagian utama candlestick yakni bagian tubuh dan juga ekor. Langkah selanjutnya dengan memperhatikan warna dari candlestick chart.

Kelebihan candlestick chart

Chart ini mampu membantu para investor dan trader dalam memperkirakan arah dari pergerakan harga dalam jangka waktu pendek. Grafik juga lebih visual jika dibandingkan dengan bar chart karena kodenya warna dari batang harga dan tubuh lebih tebal.

Mempunyai bermacam pola yang dapat digunakan guna memproyeksikan harga dengan tingkatan akurasi tinggi. Candle juga lebih mudah dalam membedakan kenaikan serta penurunan harga dengan melihat warnanya.

Kekurangan candlestick chart

Candle hanya cocok untuk digunakan pada investasi saham jangka pendek dan ingin mengambil keuntungan secara cepat. Pola yang disediakan ini ada banyak ratusan dan membuat trading menjadi bingung dan sulit untuk menghafalnya.

Mempelajari Grafik untuk Meraih Keuntungan Besar

Kunci keberhasilan dalam melakukan investasi yakni dengan menggunakan analisis fundamental dan analisi teknikal. Jika kamu sudah mahir dalam membaca laporan keuangan pada analisis fundamnetal maka bisa belajar grafik yang menjadi bagian dari analisis teknikal.

Jika kamu mempraktekkan kedua analisis ini dengan baik maka bisa mendapatkan keuntungan dan sukses dalam investasi. Sebab kamu tepat dalam mengambil keputusan trading dan memahami setiap grafik yang ada.

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai grafik yang menunjukkan harga saham. Grafik mempunyai banyak jenis dengan beragam kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu pahami.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram