haircut value saham

Dalam dunia investasi saham sangat banyak istilah yang dapat kamu pahami sebagai investor. Seperti Haircut value saham yang menjadi salah satu yang sangat penting untuk dipahami dalam trading.

Haircut value merupakan persentase atas investasi yang sudah ditetapkan oleh KPEI untuk mengurangi nilai pasar wajar. Dalam ini menetapkan besarannya dai haircut value yang dibantu juga oleh Komite Haircut.

Pengertian Haircut Value

Sebuah rasio pemangkasan ataupun penyesuaian market value pada sebuah efek. Nilainya sesuai dengan tingkat resiko dan value akan digambarkan ke dalam bentuk persentase.

Besarnya haitcut ratio pastinya selalu mengalami perubahan dengan mengikuti besarnya nilai efek. Nilai dari haircut ini berasal dari komisi atas penjualan dan pembelian saham dan bisa menjadi kebijakan risk manajemen pada pihaknya sekuritas.

Konsep Haircut dalam Hutang Piutang

Misalnya saat kamu ingin melakukan pinjaman uang pada bank dengan jumlah Rp 1 juta, maka akan menjaminkan angunan dengan nilai jual RP 1 juta. Namun pihak bank akan menilai angunan tersebut dengan harga yang lebih rendah.

Hal seperti ini akan terjadi setelah adanya pertimbangan serta perhitungan yang cukup matang dari pihak bank. Bukan untuk memalsukan nilai dari angunan, begitu pula untuk di dunia trading haircut berfungsi guna meningkatkan penghasilan dari perusahaan sekuritas.

Waktu terkena nilai haircut

Nilai dari haircut dapat diterapkan jika kamu mempunyai keinginan untuk menambah modal saat membeli efek melalui cara berhutang pada perusahaan sekuritas. Misalnya kamu sudah mempunyai efek pada di perusahaan sekuritas sebanyak Rp 100 juta dan kamu ingin menambahkan portofolio lagi.

Pihaknya sekuritas dapat memberikan kamu pinjaman jika kamu tidak memiliki modal lebih. Sekuritas akan menghitung haircut dari Rp 100 juta tadi dan kamu bisa mendapatkan modal pinjaman sebanyak Rp 75 juta ataupun lebih.

Tujuan Adanya Kebijakan Haircut Value

Tujuan dari adanya haircut value sebagai bentuk dari upaya guna merelaksasi pasar. Sehingga nantinya bisa melakukan transaksi pada bursa agar mendapatkan peningkatan.

Dengan demikian kebijakan dari haircut value juga bisa diharapkan mampu meningkatkan lukuiditas pasar. Tidak hanya itu harapan lainnya guna mendukung supaya pasar tetap dalam keadaan kondusif serta dapat terlaksana dengan wajar, teratur dan efisien.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Cara Menghitung Haircut Value Saham

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk bisa menghitung haircut value, di antaranya:

Menentukan persentase nilai haircut

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yakni mempelajari haircut value merupakan persentase nilai. Perhitungan inilah yang menjadikam wilayah kerja dari pihak perusahaan sekuritas.

Dengan makin besarnya resiko besar gagal bayar maka persentasenya dari nilai haircut akan menjadi lebih besar. Keputusan mengenai besarannya persentase haircut dari risk managemen dan mempunyai panduan untuk memperkecil kerugian yang ada.

Kondisi pengabaian haircut value saham

Tidak selamanya keberadaan investasi yang sudah kamu miliki dengan menggunakan sistem pinjaman akan terkena nilai haircut. Terdapat beberapa kondisi yang membuat investasi kamu ini sepenuhnya terjual berdasarkan pada harga di Bursa Efek.

Seperti halnya kualitas kreditnya yang cukup bagus hingga rasio tingkat kepastian atas nilainya menjadi tinggi. Tidak hanya itu saja, likuiditas juga bagus dan keputusan diambil oleh pihak sekuritas.

Perhitungan persentase haircut pinjaman

Terdapat beberapa contoh persentase dari haircut value di penny yang mempunyai resiko tinggi seperti:

  • Sekuritas yang memberikan nilai untuk haircut hingga 90 persen karena faktornya resiko
  • Maka akan mendapatkan nilai pinjaman sekitar 10 persen saja
  • Jika kamu telah mempunyai dana sekuritas Rp 10 juta maka hitungannya pinjaman yakni 10 persen x Rp 10 juta = Rp 1 juta.
  • Lalu kamu hanya dapat melakukan transaksi maksimal Rp 11 ribu di pinjaman sekuritas.

Manfaat Haircut Value

Sebagai istilah yang banyak digunakan dalam kegiatan investasi, inilah beberapa manfaat dari adanya haircut value untuk kamu ketahui:

  • Menjadi kebijakan dalam memanajemen resiko dari perusahaan sekuritas sebab harganya sangat fluktuatif
  • Sebagai upaya guna melakukan relaksasi dan transaksi pada bursa tetap meningkat namun dengan memperhatikan resikonya
  • Meningkatkan likuiditasnya pasar
  • Menjadi penanda bahwa sekuritas memberikan haicut value besar untuk investasi tertentu yang telah terindikasi digoreng. Seperti halnya haircut value hingga 90 atau 100 persen
  • Mendukung pasar agar tetap kondusif dan mampu berjalan dengan cukup efisien dan masuk akal

Menghindari Pembelian Saham dengan Haircut yang Besar

Saat perusahaan sekuritas telah menetapkan haircut value yang cukup tinggi. Maka hal ini menjadi peringatan bahwasannya investasi yang dilakukan itu telah terindikasi digoreng dan menjadi resiko besar jika investor nekat untuk membelinya.

Dengan menggunakan manajemen resiko awal yang cukup baik dari perusahaan sekuritas. Tentunya berdasarkan dari nilainya haircut value dan bisa menghindari kerugian yang cukup besar bagi investor.

Cara Perusahaan Sekuritas Menilai Resiko Transaksi

Perusahaan sekuritas mempunyai peranan yang cuku besar dalam menilai setiap transaksi. Inilah gambaran mudahnya yang dapat dilakuan oleh perusahaan sekuritas guna menilai resiko atas transaksi:

  • Saham yang mempunyai nilai market capital cukup kecil maka cenderung dengan resiko yang cukup besar. Maka persentasenya haircut value ini juga akan menjadi lebih besar lagi
  • Investasi yang mempunyai nilai market capital cukup tinggi juga mempunyai resiko yang rendah. Sehingga pihaknya sekuritas ini akan menerapkan persentase pada haircut dengan nilai yang lebih rendah
  • Nilai dari haircut value ternyata juga berbeda pada setiap masing-masing jenis ataupun kodenya
  • Variabel lainnya guna menentukan besaran dari haircut value yakni capital market, resiko akan lukuiditas angunan serta volatilitas.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai keberadaan dari haircut value pada saham yang berkaitan dengan perusahaan sekuritas. Haircut value memiliki cara penghitungan yang dapat dengan mudah kamu coba dan banyaknya manfaat dalam investasi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram